Cara Membuat Ogive Positif Dan Negatif


Cara Membuat Ogive Positif Dan Negatif – Penyajian data menggunakan diagram memang banyak sekali variasinya. Hal ini tentunya memiliki beragam kegunaan di setiap variasinya dan memiliki satu tujuan untuk memberikan tampilan yang menarik secara visual. Salah satu penggunaan variasi penyajian data yang memiliki kegunaan khusus adalah ogive.



Ogive memberikan penerapan pada sebuah penyajian data dengan tujuan untuk melihat adanya peningkatan atau penurunan. Ogive disusun berdasarkan tabel distribusi frekuensi kumulatifnya sehingga hampir sama seperti poligon dan histogram. Bentuk ogive seperti poligon yang berupa grafik sehingga sering disebut poligon distribusi frekuensi kumultif.

Setelah mengetahui banyak cara dalam upaya untuk menyajikan sebuah data, seperti berupa tabel, histogram, dan poligon, kini kalian juga harus mengetahui penyajian data bentuk ogive. Dalam ogive sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu positif dan negatif. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Membuat Ogive Di Excel

Baca juga: Cara Membuat Ogive Dari Tabel Distribusi Frekuensi

Pengertian Ogive Positif

Ogive positif dapat disebut sebagai ogive kurang dari. Ogive positif tersusun dari kurva atau gravik yang berasal dari tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari. Pada ogive positif, nilai grafik atau bentuk grafik akan dibentuk naik hingga nilai frekuensi kumulatif terbesar paling bawah berdasarkan tabel distribusi.

Ogive positif dibentuk dengan menghubungkan titik-titik dengan keterangan tepi atas sebagai absis dan frekuensi kumulatif kurang dari sebagai ordinat. Hal ini karena pada ogive positif terjadi karena nilai frekuensi kumulatif kurang dari yang cenderung naik dari kelas sebelumnya.

Frekuensi kumulatif kurang dari untuk suatu kelas adalah jumlah frekuensi semua kelas sebelum bergabung dengan frekuensi tersebut.



Baca juga: Cara Membuat Poligon Frekuensi Dan Contohnya

Pembuatan Ogive Positif

Dalam pembuatan ogive positif dapat memperhatikan contoh soal berikut.

Sebuah kelas memiliki data nilai siswanya, di antaranya 2 orang memperoleh 71 – 75, 4 orang memperoleh 76 – 80, 12 orang memperoleh 81 – 85, 13 orang memperoleh 86 – 90, 6 orang memperoleh 91 – 95, 3 orang memperoleh 96 – 100.

Langkah pertama:

Menyusun tabel data kelompok sebagai berikut.



Langkah kedua:

Menentukan batas atas masing-masing kelas dan data frekuensi komulatif kurang dari sesuai dengan data pada tabel kelompok yang diberikan sebelumnya.

Nilai frekuensi kumulatif kurang dari diperoleh dengan cara menjumlahkan frekuensi setiap kelas dengan semua frekuensi semua kelas di atasnya. Misalnya, akan dicari nilai frekuensi komulatif kurang dari untuk kelas dengan rentang 81 – 85. Frekuensi (fi) kelas tersebut adalah 12 dan dua kelas sebelumnya memiliki nilai frekuensi 2 serta 4. Dengan begitu, nilai frekuensi kumulatif kurang dari untuk kelas 81 – 85 adalah 2 + 4 + 12 = 18.



Leave a Comment