Cara Menghitung Persentase Kenaikan Dan Penurunan


Menghitung Persentase Kenaikan – Sangat banyak rumus perhitungan yang bisa kita pelajari dan manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Salah satunya adalah rumus persentase. Rumus ini sendiri bisa dikreasikan menjadi banyak sekali rumus. Misalnya adalah persentase kenaikan dan penurunan.



Dalam beberapa hal kedua hal tersebut sangat dibutuhkan. Persentase kenaikan dibutuhkan oleh perusahaan untuk menghitung keuntungan atau laba. Sebab kenaikan laba tidak hanya dilihat dari nominal saja, namun juga persentase.

Persentase kenaikan sering digunakan sebagai pembanding utama. Misalnya berapa persen kenaikan omzet, berapa persen kenaikan produksi suatu barang dan lain sebagainya. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara mencari persentase kenaikan dan penurunan.

Untungnya di era yang serba modern ini kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan kegiatan berhitung kita. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Microsoft Excel.

Pada dasarnya menghitung persentase perubahan kenaikan ataupun penurunan pada Excel tidak berbeda dengan menghitungnya secara manual. Kita hanya perlu mengkonversi ke dalam fungsi Excel saja untuk menghitungnya.

Di bawah ini kami jelaskan bagaimana cara menghitung persentase perubahan kenaikan dan persentase perubahan penurunan dengan memanfaatkan Excel. Selain itu juga kami jelaskan bagaimana menghitung persentase kenaikan dan penurunan secara manual maupun dengan memakai logika kita. Langsung saja berikut adalah pembahasan selengkapnya yang bisa Anda simak.



Baca juga: Cara Menghitung Persentase Matematika

Menghitung Persentase Kenaikan di Excel

Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan dapat kita peroleh dari pengurangan nilai baru dengan nilai lama.

Untuk memudahkan pemahaman Anda, kita bahas seperti apa rumus persentase kenaikan di Excel. Berikut rumus yang bisa kita pakai:

Jika diaplikasikan pada Microsoft Excel, maka kurang lebih akan seperti contoh di bawah ini:



Seperti yang terpampang pada gambar di atas, rumus yang digunakan untuk menghitung persentase kenaikan adalah “=(B3-B2)/B2”. Jika dijelaskan rumus ini mengurangi jumlah desa x penduduk dari tahun 2010 dan tahun lalu. Setelah itu membaginya dengan jumlah desa x penduduk di tahun 2010. Dan seperti itu seterusnya.

Akan tetapi perlu diketahui, dalam kondisi standar cell akan menampilkan angka saja tanpa adanya persen. Maka jika hasil dari rumus di atas adalah 7 yang keluar juga 7.

Untuk menggantinya Anda bisa mengubah format cell dengan cara klik kanan pada cell persentase, lalu klik Format Cells. Kemudian akan muncul menu Format Cells. Pilih Percentage, atur decimal places satu atau dua atau sesuai kebutuhan, setelah itu klik OK. Maka hasil dari rumus yang Anda gunakan akan muncul sebagai persentase.



Leave a Comment