Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Membuat Halaman Login Dengan Codeigniter


Membuat Halaman Login Codeigniter – Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Codeigniter bisa kita gunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web. Sehingga akan sangat berguna untuk pemula yang baru saja belajar tentang framework. Dengan memakai Codeigniter kita bisa membuat sebuah website sesuai dengan keinginan.

Salah satunya adalah membuat halaman login. Tentunya hal ini menjadi yang sangat familiar untuk Anda, terutama generasi milenial yang akrab dengan dunia maya. Sebelum mengakses suatu situs atau media sosial, kita perlu melakukan login agar kita bisa mengakses akun kita.



Maka dari itu pada kesempatan ini kami bahas tutorial membuat halaman login dengan Codeigniter. Ada beberapa tahap yang perlu kita lakukan. Antara lain membuat tabel users, membuat model user_model, membuat Controller Login, membuat halaman view untuk login dan melakukan uji coba login. Berikut akan dijelaskan satu per satu.

Baca juga: Cara Menggunakan Codeigniter Pemula

Langkah 1 – Membuat Tabel Users

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pertama-tama kita perlu membuat tabel untuk menyimpan data user. Caranya, buka PHPMyAdmin, lalu buat tabel dengan nama users. Sedangkan Number of columns (jumlah kolom) isi 11.

Setelah itu atur tabel kurang lebih seperti berikut ini:

Langkah berikutnya, perhatikan kolom-kolom yang sudah kita buat. Pada dasarnya untuk membuat login kita hanya memerlukan tiga kolom, yakni user_id, username dan password. Hanya saja karena tabel users akan digunakan untuk menampung data lengkap user, maka kita memerlukan beberapa kolom tambahan, antara lain:

  1. Email: untuk menyimpan email user atau pengguna. Email ini yang nantinya akan dihubungi saat user meminta reset password.
  2. Full_name: merupakan nama lengkap user.
  3. Phone: adalah nomor telepon. Kita bisa memanfaatkan ini untuk melakukan SMS OTP atau 2FA.
  4. Role: tujuannya untuk membedakan user admin dan customer.
  5. Last_login: untuk mencatat login terakhir user.
  6. Photo: fungsinya untuk menyimpan foto dari user.
  7. Created_at: untuk mencatat kapan user tersebut dibuat.
  8. Is_active: untuk memberitahukan apakah suatu user sudah aktif atau belum.

Sebenarnya Anda bisa menambahkan kolom-kolom lain ke dalam tabel. Akan tetapi untuk memudahkan pemahaman, pada tutorial ini kita gunakan kolom-kolom di atas saja.

Langkah 2 – Membuat User Baru

Setelah membuat tabel users, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat user baru. User ini nantinya kita gunakan untuk melakukan uji coba terhadap aplikasi yang kita buat.

Caranya adalah dengan melakukan insert data ke tabel. Pertama-tama masuk ke menu Insert. Setelah itu isi data user seperti di bawah ini:

Untuk bagian password isi dengan hash yang dibuat dengan fungsi password_hash(). Kita juga bisa membuatnya lewat php interaktif seperti berikut.

Alternatifnya Anda bisa menggunakan hash (bcrypt) di bawah ini:

Password Hash (Bcrypt)
123 $2y$10$Dy4ySqOiDqKisEyoKJEsl.L2psUIjeKMwmp5W3iElRQLKZF0.kKbS
kopi $2y$10$TpipIS3PDfeHTJWggvnFO.eT/dVBMyVKI5OcYV1avGMnt8wTqOt5O
admin $2y$10$tonZkQrnGnp9n38rWeMTieLPNxtDfvy4Z/35Q4rlFObsm/xFnSae.

Setelah itu kita akan mempunyai user pertama yang memiliki user_id 1.