Membuat Berbagai Macam Grafik Di Codeigniter


Membuat Grafik Di Codeigniter – Untuk membangun sebuah web, biasanya programmer akan menggunakan bantuan framework PHP. Saat ini ada banyak sekali framework PHP yang bisa diunduh. Salah satunya adalah Codeigniter.

Kita bisa menggunakan Codeigniter ini untuk banyak hal. Salah satunya adalah untuk membuat grafik berdasarkan data tertentu. Di artikel ini kami bahas lebih lanjut seputar membuat grafik dengan Codeigniter. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas singkat apa itu Codeigniter.



grafik codeigniter

Baca juga: Codeigniter Untuk Pemula

Sekilas tentang Codeigniter

Sebelum mengetahui apa itu codeigniter, kita perlu mengetahui definisi framework. Jika diterjemahkan framework berarti kerangka kerja. Framework adalah kumpulan dari fungsi-fungsi dan class-class yang mempunyai tujuan tertentu dan siap untuk dipakai. Dengan begitu pekerjaan programmer bisa dilakukan dengan cepat karena tidak perlu membuat fungsi maupun class dari awal.

Sedangkan Codeigniter adalah sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) yang berfungsi untuk membangun website dinamis dengan PHP. Codeigniter dikenal mempunyai dokumentasi yang lengkap, berikut contoh implementasi kodenya. Karena dokumentasi yang lengkap ini Codeigniter digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia.

Alur Kerja Codeigniter

Agar lebih jelas, kita simak bagaimana alur kerja dari framework ini:

  1. Index.php: file ini berfungsi sebagai file penerima pertama dalam program yang nantinya akan dibaca oleh program.
  2. The Router: router berfungsi untuk memeriksa HTTP request untuk menentukan apa saja yang perlu dilakukan oleh program.
  3. Cache File: jika dalam program terdapat cache file, maka file ini akan langsung dikirim ke browser. File cache ini dipakai untuk mempercepat proses pembukaan suatu website. Dengan bantuan file ini proses yang sebenarnya harus dilakukan oleh program Codeigniter dapat langsung dilewati.
  4. Security: HTTP request dan data yang dimasukkan oleh pengguna akan disaring terlebih dahulu di fasilitas security atau keamanan yang ada pada Codeigniter. Proses ini dilakukan sebelum file controller di-load keseluruhan.
  5. Controller: controller akan membuka file model, core libraries, helper, dan seluruh resources yang diperlukan dalam program.
  6. View: sebagai tahap terakhir semua program yang ada dalam view file akan dibaca dan dikirimkan ke browser agar dapat dilihat oleh pengguna. Jika file view sudah ada yang di-cache maka file baru yang belum ter-cache akan memperbarui file view yang sudah ada sebelumnya.

Membuat Grafik di Codeigniter

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan Codeigniter. Misalnya membuat sebuah grafik berdasarkan data yang ada. Untuk membuatnya kita bisa menggunakan beberapa cara, seperti highchart.js. Kita bisa menggunakan plugin ini versi online maupun offline.

Untuk versi offline bisa diunduh di https://www.highcharts.com/blog/download/. Akan tetapi pada contoh ini kita gunakan versi online.



Leave a Comment