Membuat CRUD Dengan Codeigniter


Membuat CRUD Dengan Codeigniter – Pada artikel ini mari kita bahas cara membuat CRUD dengan Codeigniter. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, CRUD merupakan singkatan dari Create, Read, Update dan Delete. CRUD memuat bagaimana membuat suatu fitur untuk menampilkan, menyimpan, mengubah dan menghapus data dari database.



Sebagai contoh, pada tutorial ini kita gunakan Library HTML2PDF yang bisa digunakan sampai versi PHP 7.2.8. Oleh karenanya sebelum mengikuti tutorial ini pastikan bahwa PHP yang terinstal pada PC Anda merupakan versi tersebut atau di bawahnya.

login bootstrap

Baca juga: Cara Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL

Persiapan

Sebelum memulai kita perlu menyiapkan beberapa hal. Salah satunya adalah mengunduh Codeigniter di situs resminya. File ini berupa .7z yang nantinya perlu kita ekstrak.

Kemudian buat folder dengan nama terserah pada folder xampp/htdocs/. Misalnya kita beri nama crud_ci.

Copy dan paste framework Codeigniter pada folder yang sudah Anda buat tadi. Karena masih berupa file .7z, maka Anda perlu mengekstrak file framework Codeigniter pada folder xampp/htdocs/….

Langkah 1 – Membuat Database

Pertama-tama kita perlu membuat database baru dengan nama terserah Anda. Di dalam database ini kita buat tabel siswa dengan struktur tabel seperti berikut:



CREATE TABLE IF NOT EXISTS `siswa` (
  `nis` varchar(11) NOT NULL,
  `nama` varchar(50) NOT NULL,
  `jenis_kelamin` varchar(10) NOT NULL,
  `telp` varchar(15) NOT NULL,
  `alamat` text NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`nis`)
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;

Langkah 2 – Konfigurasi

Tahap berikutnya adalah melakukan konfigurasi terlebih dahulu pada framework Codeigniter. Caranya adalah sebagai berikut.

Konfigurasi config.php

  1. Buka folder xampp/htdocs/crud_ci/application/config/
  2. Buka file config.php
  3. Cari kode $config[‘base_url’] = ”;. Lalu ubah kode tersebut menjadi $config[‘base_url’] = ‘http://localhost/crud_ci’;. Kode ini digunakan untuk mengatur baseurl.
  4. Cari kode $config[‘index_page’] = ‘index.php’; dan ubah menjadi $config[‘index_page’] = ”;. Kemudian simpan file config.php tersebut.

Konfigurasi autoload.php

Berikutnya kita lakukan konfigurasi pada file autoload.php. Cari file ini di xampp/htdocs/crud_ci/application/.

Berikutnya cari kode di bawah ini:



$autoload[‘libraries’] = array();

$autoload[‘helper’] = array();

Dan ubah menjadi:

$autoload[‘libraries’] = array(‘database’);

$autoload[‘helper’] = array(‘form’,’url’);



Kode di atas dipakai untuk memuat class database, form dan url. Setelah selesai mengedit simpan file tersebut.

Konfigurasi routes.php

Selesai melakukan konfigurasi pada file autoload.php, selanjutnya kita atur file routes.php. Cari kode $route[‘default_controller’] = ‘welcome’; dan ubah menjadi $route[‘default_controller’] = ‘siswa’;.

Kode tersebut digunakan untuk menset controller mana yang akan dimuat pertama kali. Untuk diketahui, Codeigniter mengatur default controller welcome. Dan kita ubah default controller tersebut menjadi main. Setelah selesai simpan perubahan tersebut.

Konfigurasi database.php

Langkah konfigurasi ini menjadi yang terakhir. Silakan buka file database.php.



Leave a Comment