Belajar Materi Himpunan Kelas 7 SMP


Belajar Materi Himpunan Kelas 7 SMP – Dalam ilmu matematika, terdapat materi yang membahas mengenai kumpulan objek dengan beberapa sifatnya yang sama dan disebut sebagai himpunan. Himpunan biasanya dapat didefinisikan dengan jelas berdasarkan benda-benda tertentu yang dianggap satu kesatuan.



Misalnya, ada yang mengatakan bahwa disini merupakan “kumpulan bunga-bunga yang indah”. Kalimat tersebut menyatakan himpunan karena dapat kita pahami bahwa di dalam suatu konteks tersebut terdapat hal yang dapat didefinisikan sebagai bunga indah. Namun, perlu dipahami bahwa sesuatu yang indah itu relatif dan belum tentu menurut orang lain indah. Jadi, kumpulan tersebut merupakan kumpulan yang tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

Jika dalam konteks matematika, kita akan dapat mendefinisikan sesuatu yang jelas. Contohnya kumpulan bilangan cacah dari 5, berarti kita harus mencari anggotanya yang terdiri atas 0, 1, 2, 3, dan 4.

Baca juga: Contoh Soal Himpunan Matematika Kuliah

Baca juga: Penjelasan Komplemen Himpunan Dan Selisih Himpunan

Pada kesempatan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai materi himpunan dasar. Berikut pembahasannya.

Konsep Himpunan

Himpunan dapat diartikan sebagai sekumpulan objek-objek yang dapat didefinisikan dengan jelas dan terukur sehingga dapat diketahui anggota-anggotanya. Jadi, dalam memaknai himpunan kita harus mengetahui himpunan anggota yang sudah jelas.

Jika bukan himpunan berarti anggotanya tidak dapat ditentukan secara jelas dan tidak dapat diukur. Contohnya dari himpunan hewan karnivora kita dapat melihat beragam jenis hewan pemakan daging sebagai anggotanya.



Dalam menulis himpunan terdapat aturannya sebagai berikut.

  1. Sebuah himpunan dilambangkan dengan huruf kapital (A, B, C … Z).
  2. Dalam penulisan anggota himpunan menggunakan kurung kurawal {}.
  3. Pemisahan satu anggota dengan anggota lain menggunakan tanda baca koma (,).
  4. Jika anggota himpunan masih banyak dapat menggunakan tanda titik-titik untuk menyatakan keberlanjutan.
  5. Notasi ϵ dibaca “anggota dari”.
  6. Notasi ∉ dibaca “bukan anggota dari”.

Baca juga: Penjelasan Dan Contoh Soal Himpunan Gabungan

Baca juga: Penjelasan Dan Contoh Soal Irisan Himpunan

Istilah Dalam Himpunan

Berikut beberapa istilah penting yang harus kamu pahami dalam mempelajari himpunan.

1. Kardinalitas

Kardinalitas dapat dimaknai banyaknya anggota himpunan yang berbeda. Biasanya dinyatakan menggunakan notasi n. Contohnya anggota himpunan A = {huruf pembentuk kta PANDAI} berarti caranya n (A) = 6.

2. Himpunan semesta

Himpunan semesta dapat diartikan sebagai himpunan yang memuat semua anggota yang dibicarakan dengan S. Terdapat beberapa anggota yang mungkin akan terjadi. Misalnya, himpunan semesta dari {2,3,5,7} adalah S = {bilangan prima}, S = {bilangan asli}, S = {bilangan cacah}.



3. Himpunan kosong

Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota dan dapat ditulis dengan notasi { } atau ∅. Misalnya, Jika H adalah himpunan nama-nama hari yang dimulai dengan huruf B, nyatakan dalam notasi himpunan L



Leave a Comment