Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA


Materi GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) Kelas 10 SMA – Ketika menginjak kelas 10, anak-anak yang mendapatkan materi Fisika akan diberikan beberapa materi dasarnya, salah satunya materi mengenai GLBB. GLBB merupakan singkatan dari gerak lurus berubah beraturan  yang memiliki lintasan di garis lurus sehingga kecepatannya dapat berubah dan beraturan. Pada gerak lurus berubah beraturan  dapat diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek.

Umumnya, GLBB memiliki penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat pengereman mobil untuk membuat mobil berhenti, seorang pebalap menurunkan laju kendaraannya saat di tikungan. Dengan begitu, pembahasan mengenai GLBB akan mempelajari mengenai hubungan kecepatan, perpindahan, hingga percepatan. Selain itu, pembahasan dasar mengenai GLBB akan ditelaah berdasarkan variabel penyusunnya yang dapat diartikan sebagai unsur-unsur dasar gerak lurus berubah beraturan  ini dapat terjadi.



Baca Juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Baca Juga: Bunyi Hukum Gauss, Materi dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus GGL Induksi dan Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai GLBB atau gerak lurus berubah beraturan yang menjadi bagian materi Fisika pada kelas 10. Berikut pembahasannya.

Variabel GLBB

GLBB sendiri dapat dimaknai sebagai sebuah gerak yang lintasannya di garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan. Kecepatan yang terjadi pada GLBB akan mempengaruhi gerak benda yang berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Dengan begitu, terdapat beberapa persamaan-persamaan yang menjadikan konsep GLBB dapat dihitung dengan beberapa rumus terkait.

Pada penyusunan persamaan dalam pembahasan permasalahan GLBB, terdapat variabel dasarnya dan terdiri atas kecepatan, perpindahan, serta percepatan. Rumus utamanya sebagai berikut.

Persamaan 1 Δx = v0.t + 1/2.a.t2

Persamaan 2 Δx = (v0 + Vt : 2) x t

Keterangan:

Δx / S = perpindahan (m)
Vo = kecepatan awal benda (m/s)
a = percepatan/ perlambatan (m/s2)
t = waktu benda bergerak (s)
v = kecepatan akhir benda (m/s)
Kemudian, kecepatan juga memiliki dua rumus utama sebagai berikut.

Persamaan 3 vt = v0 + a.t

Persamaan 4 vrata-rata = (v0 + v /2)

Selanjutnya, terdapat persamaan yang merupakan hasil gabungan dari persamaan di atas.

Persamaan 5 s = v0.t + ½ .a.t2

Persamaan 6 Vt2 = vo2 + 2.a.s

Analisis variabel GLBB

Identifikasi dari persamaan-persamaan pada variabel GLBB dapat dianalisis sebagai berikut.

1. Nilai perpindahan dapat diperoleh menggunakan persamaan (1) apabila terdapat variabel percepatan atau perlambatan, sedangkan menggunakan persamaan (2) apabila terdapat variabel kecepatan akhir.

2. Nilai kecepatan akhir diperoleh menggunakan persamaan (3) apabila terdapat komponen percepatan atau perlambatan, sedangkan persamaan 4 digunakan untuk menentukan kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata adalah besarnya perpindahan per selang waktu. Kecepatan rata-rata juga dapat diperoleh sebagai berikut.

3. Apabila berbentuk fungsi diferensial atau integral dapat menggunakan rumus berikut.

Nilai v (t) menjadi   V (t = 2) = 10 (2) = 20 m/s.
Apabila terdapat contoh soal persamaan percepatan adalah V (t) = t4+ 6, tentukan persamaan perpindahan GLBB pada saat t = 5 sekon. Untuk mendapatkan fungsi yang naik maka harus menggunakan Integral. Misalkan x (t) = atn. Nilai integral x dt adalah. Rumus umum integral sebagai berikut.

Akan diperoleh persamaan X (t) = 15t5+6t = X (t = 5) = 15 . 3125+30=655 m.

Baca Juga: Rumus Integral Subtitusi dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus Integral Tertentu dan Tak Tentu

Baca Juga: Rumus Integral, Jenis, dan Pembahasan

4. Menyelesaikan soal GLBB berupa bangun ruang adalah dengan menghitung luasan daerah yang ditanyakan contohnya sebagai berikut.