Massa Jenis Baja dan Material Lainnya


Rata-rata atau pada umumnya penghitungan massa jenis setiap benda maupun sebuah material memiliki total massa yang dibagi dengan total volumenya. Dengan begitu, dalam penghitungan massa jenis kita dapat menggunakan rumus umum berikut.



Selain itu, perlu kita ketahui pula bahwa di setiap massa jenis pasti terdapat berat jenis benda. Berat jenis ini merupakan suatu benda persatuan volume. Dalam penghitungan berat jenis dapat menggunakan rumus berat jenis = gaya (berat) : volume.

Baca juga: Pengertian dan Kegunaan Neraca Ohaus

Tabel Massa Jenis Besi dan Material Lainnya

Selain dengan penggunaan rumus dalam mencari massa jenis sebuah benda, kalian dapat menentukan setiap massa jenis sebuah benda dengan aturan yang sudah berlaku sebelumnya. Hal ini disajikan pada tabel berikut untuk mempermudah kalian untuk mendapatkan informasi terkait mengenai massa jenis besi. Selain itu, terdapat beberapa massa jenis material lainnya yang diuraikan sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Tepat

Demikian pembahasan mengenai materi massa jenis pada besi baja dan beberapa material lainnya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu belajar, ya.



Leave a Comment