Lingkaran Dalam Segitiga dan Lingkaran Luar Segitiga


Lingkaran Dalam Segitiga dan Lingkaran Luar Segitiga – Di kehidupan sehari-hari pasti kita menemui benda-benda yang berbentuk lingkaran. Lingkaran merupakan bentuk dengan lengkungan penuh yang di bagian sisinya dan tidak mempunyai titik sudut. Beberapa contoh lingkaran adalah bentuk dari roda, gelang, dan lain-lain.



Lingkaran dapat dimaknai sebagai sekumpulan titik-titik pada garis yang berbentuk lengkung dan memiliki jarak sama terhadap satu titik di bagian tengahnya. Lingkaran sendiri juga dapat bergabung dengan beberapa bidang datar lainnya, salah satunya segitiga.

Baca juga: Penjelasan Bagian-Bagian Lingkaran

Baca juga: Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Lingkaran

Lingkaran dan segitiga dapat memiliki hubungan keliling dan luas yang berhubungan dengan jari-jari lingkaran. Lingkaran dapat terletak pada bagian segitiga, baik di dalam maupun di luar.

Hubungan antara lingkaran dalam segitiga tersebut adalah panjang jari-jari lingkaran dengan luas segitiga. Begitu juga sebaliknya, pada sebuah lingkaran yang terletak di luar segitiga yang menyinggung ketiga sisi segitiga. Hubungan antara lingkaran yang menyinggung setiap sisi segitiga dapat digunakan untuk mengetahui panjang jari-jari lingkaran.



Pembahasan kali ini akan membahas mengenai hubungan lingkaran yang dapat terletak di dalam maupun di luar segitiga. Berikut pembahasannya.

Lingkaran Dalam Segitiga

Sebuah lingkaran dapat tersusun atas jari-jari yang dapat terletak di dalam sebuah bangun segitiga. Pada setiap sisi segitiga dapat menyinggung lingkaran dengan berdasar tiga titik singgung.

Segitiga dan lingkaran memiliki hubungan di antara luas segitiga dan panjang jari-jari lingkaran. Ketiga sisi segitiga yang diketahui dapat digunakan untuk mengetahui besar luas segitiga atau kelilingnya. Dari luas tersebut kemudian dapat digunakan untuk mendapatkan panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga.

Dalam penghitungannya, rumus lingkaran dalam sebuah segitiga dapat diketahui berdasar rumus berikut ini.



Baca juga: Rumus Luas Juring Lingkaran dan Contoh Soal

Baca juga: Cara Membuat Lingkaran Di Photoshop

Lingkaran Luar Segitiga

Lingkaran juga dapat terbentuk di luar segitiga dengan jari-jarinya yang terletak di luar sebuah segitiga ABC. Setiap sisi segitiga akan menyinggung lingkaran sehingga akan terdapat tiga titik singgung. Di antara segitiga dan lingkaran memiliki hubungan berdasar luas segitiga dan panjang jari-jari lingkaran yang terletak di luar segitiga.

Sisi pada sebuah segitiga biasanya memiliki panjang sisi sama. Pada sisi-sisinya, kita dapat mengetahui luas atau keliling segitiga tersebut. Setelah mengetahui hasil luas atau keliling, kita dapat menariknya untuk mendapatkan panjang jari-jari yang berada di luar segitiga.



Dalam penghitungannya, rumus lingkaran di luar sebuah segitiga dapat diketahui berdasar rumus berikut ini.



Leave a Comment