Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter


Konversi m3 Ke Liter – Selamat datang di website kami yang selalu update dalam membahas berbagai materi matematika. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan materi mengenai satuan volume kubik berapa liter secara lengkap beserta penjelasan, cara menghitung dan juga contoh soalnya.



Satuan volume sendiri adalah sebuah satuan yang digunakan untuk dapat menyatukan ukuran isi seperti kapasitas atau banyaknya jumlah air, minyak, volume dan lain sebagainya. Satuan ini dapat dinyatakan melalui berbagai cara seperti satuan liter, kubik, dan centimeter cubic (cc).

Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter

Satuan ini sama seperti satuan sebelumnya yang dimana mempunyai hubungan persamaan ukuran yang dibahas dalam konversi satuan volume. Seperti misalnya nilai 1 cc air yang senilai dengan 1 mililiter air. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Satuan Volume

satuan volume

Satuan volume merupakan satuan yang digunakan untuk dapat menyatakan besaran mengenai ukuran isi dari suatu benda, baik itu dalam bentuk zat padat, cair, dan juga gas. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mengenai contoh penggunaan satuan volume yang dimana satuan volume menyatakan ukuran isi seperti kapasitas air, volume benda, minyak, dan sebagainya.

Untuk volume sebuah balok yang memiliki ruang serta terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi dapat dinyatakan dalam satuan kubik. Hal ini karena satuan kubik merupakan sebuah ukuran yang digunakan untuk dapat menyetakan isi ruang dari balok.



Sementara itu, untuk menyatakan berapa jumlah atau banyaknya air dalam sebuah wadah dapat dinyatakan dalam satuan liter atau satuan yang sejenisnya. Mencakup kiloliter (kl), hektoliter (hl), dekaliter (dal), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl) dan juga mililiter (ml).

satuan liter

Tidak hanya digunakan dalam liter ataupun kubik, ada pula satuan centimeter cubic (cc). Tetapi sebenarnya untuk satuan cc ini juga termasuk bagian dari satuan untuk kubik. Antar satuan kubik dan liter, kedua satuan ini mempunyai hubungan yang bisa dinyatakan melalui sebuah persamaan.

Dengan demikian maka antar satuan dengan satuan yang lainnya dapat dilakukan “KONVERSI” atau dapat dinyatakan ke dalam satuan yang lainnya namun tetapi dalam kapasitas yang tidak berbeda. Tetapi nantinya akan mempunyai satuan yang berbeda. Misalnya saja konversi dari satuan volume kubik ke satuan liter, atau satuan sejenis yang lainnya.



Apabila Anda ingin melakukan konversi satuan volume, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu tangga konversi satuan volume. Dengan memahami tangga konversi satuan volume akan semakin memudahkan Anda dalam mengkonversi satuan volume.

Baca Juga: Cara Menghitung Volume Kerucut

Tangga Konversi Satuan Volume

Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter

Ada dua macam tangga konversi satuan volume yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah tangga konversi satuan dalam satuan kubik dan yang kedua adalah tangga konversi satuan dalam liter.

Kedua tangga konversi satuan ini dapat dinyatakan melalui persamaan yang menyatakan hubungan langsung dari tangga konversi satuan volume. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapna mengenai tangga konversi satuan kubik dan liter berikut ini:



Leave a Comment