Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter


Konversi m3 Ke Liter – Selamat datang di website kami yang selalu update dalam membahas berbagai materi matematika. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan materi mengenai satuan volume kubik berapa liter secara lengkap beserta penjelasan, cara menghitung dan juga contoh soalnya.

Satuan volume sendiri adalah sebuah satuan yang digunakan untuk dapat menyatukan ukuran isi seperti kapasitas atau banyaknya jumlah air, minyak, volume dan lain sebagainya. Satuan ini dapat dinyatakan melalui berbagai cara seperti satuan liter, kubik, dan centimeter cubic (cc).

Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter

Satuan ini sama seperti satuan sebelumnya yang dimana mempunyai hubungan persamaan ukuran yang dibahas dalam konversi satuan volume. Seperti misalnya nilai 1 cc air yang senilai dengan 1 mililiter air. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Satuan Volume

satuan volume

Satuan volume merupakan satuan yang digunakan untuk dapat menyatakan besaran mengenai ukuran isi dari suatu benda, baik itu dalam bentuk zat padat, cair, dan juga gas. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mengenai contoh penggunaan satuan volume yang dimana satuan volume menyatakan ukuran isi seperti kapasitas air, volume benda, minyak, dan sebagainya.

Untuk volume sebuah balok yang memiliki ruang serta terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi dapat dinyatakan dalam satuan kubik. Hal ini karena satuan kubik merupakan sebuah ukuran yang digunakan untuk dapat menyetakan isi ruang dari balok.

Sementara itu, untuk menyatakan berapa jumlah atau banyaknya air dalam sebuah wadah dapat dinyatakan dalam satuan liter atau satuan yang sejenisnya. Mencakup kiloliter (kl), hektoliter (hl), dekaliter (dal), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl) dan juga mililiter (ml).

satuan liter

Tidak hanya digunakan dalam liter ataupun kubik, ada pula satuan centimeter cubic (cc). Tetapi sebenarnya untuk satuan cc ini juga termasuk bagian dari satuan untuk kubik. Antar satuan kubik dan liter, kedua satuan ini mempunyai hubungan yang bisa dinyatakan melalui sebuah persamaan.

Dengan demikian maka antar satuan dengan satuan yang lainnya dapat dilakukan “KONVERSI” atau dapat dinyatakan ke dalam satuan yang lainnya namun tetapi dalam kapasitas yang tidak berbeda. Tetapi nantinya akan mempunyai satuan yang berbeda. Misalnya saja konversi dari satuan volume kubik ke satuan liter, atau satuan sejenis yang lainnya.

Apabila Anda ingin melakukan konversi satuan volume, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu tangga konversi satuan volume. Dengan memahami tangga konversi satuan volume akan semakin memudahkan Anda dalam mengkonversi satuan volume.

Baca Juga: Cara Menghitung Volume Kerucut

Tangga Konversi Satuan Volume

Konversi Satuan Volume Kubik Ke Liter

Ada dua macam tangga konversi satuan volume yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah tangga konversi satuan dalam satuan kubik dan yang kedua adalah tangga konversi satuan dalam liter.

Kedua tangga konversi satuan ini dapat dinyatakan melalui persamaan yang menyatakan hubungan langsung dari tangga konversi satuan volume. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapna mengenai tangga konversi satuan kubik dan liter berikut ini:

Tangga Konversi Dalam Kubik

Tangga Konversi Dalam Kubik

1 m3 = 1.000 dm3 (decimeter kubik)
1 m3 = 106 cm3 (centimeter kubik)
1 m3 = 109 mm3 (millimeter kubik)
1 m3 = 10-3 hm3 (hectometer kubik)
1 m3 = 10-6 dam3 (decameter kubik)
1 m3 = 10-9 km3 (kilometer kubik)

Cara melakukan konversi (untuk ukuran kubik) :

  • Setiap turun satu tangga, maka angka harus di kali dengan 1000
  • Setiap naik satu tangga, maka angka harus dibagi dengan 1000

Tangga Konversi Dalam Liter

Tangga Konversi Dalam Liter

1 liter = 1.000 ml (milliliter)
1 liter = 100 cl (centiliter)
1 liter = 10 dl (deciliter)
1 liter = 0,1 hl (hectoliter)
1 liter = 0,01 dal (decaliter)
1 liter = 0,001 kl (kiloliter)

Untuk satuan volume dalam liter yang mencakup kiloliter, hektoliter, dekaliter, liter, desiliter, centiliter, dan mililiter .

  1. Setiap turun satu tangga, maka angka harus dikalikan dengan 10
  2. Setiap naik satu tangga, maka angka harus dibagi dengan 10

1 liter = 1 dm3

Dalam satuan liter setara dengan 1 dm3 . Jadi dapat diartikan bahwa 1 liter sama dengan satuan yang berbasi m3 lainnya.

1 liter = 1 dm3

1 liter  1.000 cm = 1.000 cc (cc adalah singkatan dari cubic centimeter)

1 liter =  106 mm3

1 m3 = 1.000 liter

Hal ini karena di 1 meter kubik sama dengan 1.000 liter.

Berikut ini adalah beberapa nilai kesetaraan volume dari satu meter kubik.

1 m3 = 1.000 dm3
1 m3 = 106 cm3 = 106 cc
1 m3 = 109 mm3
1 m3 = 10-3 hm3
1 m3 = 10-6 dam3
1 m3 = 10-9 km3
1 m3 = 106 ml
1 m3 = 105 cl
1 m3 = 104 dl
1 m3 = 100 hl
1 m3 = 10 dal
1 m3 = 1 kl

Penulisan Simbol Satuan Volume Berbasis m3

Penulisan Simbol Satuan Volume Berbasis m3

Pada penulisan suatu simbol dari satuan meter kubik adalah seperti m3 (huruf m harus ditambah pangkat 3, maka dibaca: meter kubik). Sehingga bisa dikatakan bahwa kata kubik berarti berhubungan dengan satuan yang memiliki pangkat 3.

Sementara dalam satuan mililiter dengan pangkat maka cara menuliskan simbolnya yaitu seperti mm3, untuk istilah kata centimeter kubik atau berpangkat tiga, maka bisa ditulis dengan menggunakan simbol m3, kemudian kata decimeter kubik disimbolkan dengan dm3, dan demikian pula seterusnya.

Penulisan Simbol Satuan Volume Berbasis Liter

Pada penulisan suatu simbol dari satuan liter maka harus ditambahkan dengan simbol huruf i atau huruf L kecil. Sedangkan untuk satuan militer maka penulisanya harus disingkat menjadi ml. Lalu untuk centiliter ditambahkan simbol cl, sementar untuk satuan deciliter maka harus ditulis dengan dl, dan demikian seterusnya.

Meskipun bukan sebuah simbol yang sifatnya resmi, tetapi pada simbol L (huruf L kapital) sering sekali digunakan untuk dapat menyatakan simbol dari liter. Hal tersebut bertujuan untuk dapat menghindari kerancuan dengan ditambahkan adanya simbol menggunakan huruf L (huruf i kapital). Seperti simbol-simbol yang sudah kami tuliskan diatas.

Contoh Soal Konversi Satuan Volume m3 ke Liter

Berikut ini adalah beberapa contoh soal atau cara yang bisa dilakukan untuk mengubah satuan volume kubik ke liter. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak contoh berikut ini:

Contoh Soal 1

Diketahui bahwa sebuah mobil truk tangki mampu membawa atau mengangkut sebuah beban 6 meter kubik air, jadi berapa literkah jumlah banyaknya air yang mampu di bawa atau dimuat oleh truk tangki tersebut?

Jawab:

6 m3 = 6 x 1.000 liter = 6.000 liter

Jadi untuk jumlah banyaknya air yang dapat dimuat atau diangkut oleh truk tersebut yaitu sekitar 6.000 liter.

Contoh soal 2

Ada sebuah drum yang dimana drum ini telah di isi minyak goreng hingga sebanyak setengah meter kubik. Nantinya minyak goreng tersebut akan dimasukkan ke dalam botol yang memiliki kapasitas 2 liter. Lalu berapakah jumlah botol yang akan diperlukan?

Jawab:

0,5 = 0,5 x 1.000 liter = 500 liter

Banyaknya jumlah botol = Volume dari minyak atau volume botol

Banyaknya jumlah botol = 500/5 = 250 botol

Jadi, banyak jumlah botol yang diperlukan kurang lebih sekitar 250 botol.

Baca Juga:  Cara Menghitung Volume Tabung

Catatan :

Dalam kehidupan sehari-hari akan sering kita jumpai istilah mengenai satuan “meter kubik” (m3) yang mana sebagian besar orang sering menyebutnya dengan suatu singkatan atau disingkat menjadi “kubik” saja.

Contohnya saja jika disebutkan bahwa sebuah truk mampu memuat atau mengangkut “5 kubik” pasir, maka hal ini bisa diartikan jika “5 kubik” ini artinya 5 meter kubik (5 m3).

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konversi satuan volume kubik ke liter. Semoga dengan adanya informasi yang sudah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Anda juga bisa mempelajari artikel kami lainnya yang ada di website ini. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa pada pembahasan yang berikutnya.



Loading...

Leave a Comment