Komponen ERD Dan Contohnya Lengkap


Komponen ERD Dan Contohnya – Jika Anda belajar database maka Anda akan menjumpai istilah ERD. Mungkin Anda belum familiar dengan ERD, dan bertanya-tanya apa itu ERD?



Pada artikel ini kami jelaskan secara singkat seputar definisi ERD. Di samping itu kami jelaskan juga apa saja komponen yang ada pada ERD. Sehingga Anda bisa memahami materi ini secara utuh.

Pengertian ERD

Secara singkat ERD atau Entity Relationship Diagram bisa diartikan sebagai sebuah model untuk menyusun database sehingga bisa menggambarkan data yang memiliki relasi dengan database yang akan didesain.

Dalam bahasa Indonesia ERD bisa diartikan Diagram Hubungan Entitas. ERD adalah model data yang berbentuk notasi grafis dalam pemodelan data konseptual. Model data ini menggambarkan hubungan antara penyimpan. Di samping itu model data itu sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk menjelaskan data-data yang memiliki relasi satu sama lain, semantik, maupun batasan konsistensi.

Baca juga: Materi Kuliah Basis Data

Selain itu ERD juga bisa diartikan sebagai sebuah model yang mengatur hubungan antar entitas atau tabel yang ada pada suatu database. Di mana masing-masing entitas tersebut mempunyai hubungan  yang tidak bisa dipisahkan.

Pengertian ERD Menurut Para Ahli

  • Brady dan Loonam (2010) – Entity Relationship Diagram (ERD) adalah sebuah teknik yang dipakai untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi.
  • Sutanta (2011:91) – Sutanta dalam sebuah bukunya dengan judul “Basis Data Dalam Tinajauan Konseptual” menyatakan suatu moedel data yang dikembangkan secara objek.
  • Mata-Toledo dan Cushman (2007 : 139) – Mereka mendefinisikan ERD sebagai representasi grafis dari logika sebuah database.

Dari pengertian ERD menurut para ahli di atas, kita dapat simpulkan bahwa ERD (Entity Relationalship Diagram) ialah gambaran grafis yang mewakili logika database yang dilengkapi secara mendetail, seperti entitas, hubungan dan batasannya.



Fungsi ERD

Mungkin Anda sudah bisa mengetahui apa fungsi dari ERD. Akan tetapi agar lebih jelas berikut kami sampaikan beberapa fungsi ERD:

  1. Memudahkan seseorang menganalisis basis data atau database dengan cepat dan murah.
  2. Menjalankan hubungan antar data yang mempunyai relasi berdasarkan objek yang dihubungkan dengan sebuah realsi.
  3. Digunakan untuk mendokumentasikan data yang ada di dalam suatu basis data dengan cara menganalisis dan mengidentifikasi masing-masing objek ataupun entitas, berikut relasinya.
  4. Dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengujian model yang sudah selesai dibuat.

Simbol ERD

Entity Relationship Diagram mempunyai beberapa notasi atau komponen khusus. Masing-masing komponen ini digambarkan dengan simbol tertentu. Pada dasarnya ada empat simbol yang ada pada ERD, yakni persegi panjang, belah ketupat, lingkaran, dan garis.



Leave a Comment