Komponen Basis Data Dan Penjelasannya


Komponen Basis Data Dan Penjelasannya – Basis data merupakan materi penting yang perlu dipelajari oleh sebagian orang. Materi tentang basis data ini juga bisa dibagi dalam banyak macam, salah satunya adalah komponen basis data. Akan tetapi sebelum membahas komponen basis data, terlebih dahulu kita bahas apa itu basis data.



Pengertian Basis Data

Basis data terdiri dari kata basis dan data. Secara harfiah basis bisa diartikan sebagai gudang atau markas. Sementara data adalah catatan atas kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek, seperti manusia, hewan, barang, konsep, peristiwa dan lain-lain yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Sedangkan basis data atau database adalah kumpulan data dalam bentuk file/tabel/arsip yang saling berhubungan dan tersimpan dalam media penyimpanan elektronis untuk kemudahan dalam pengaturan, pemilahan, pengelompokan dan pengorganisasian data sesuai tujuan.

Baca juga: Materi Basis Data Lengkap

Selain itu basis data juga bisa diartikan sebagai himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa agar nantinya bisa dimanfaatkan kembali secara mudah dan cepat.

Adanya basis data akan memudahkan seseorang untuk menyimpan suatu informasi. Contohnya adalah data pegawai, mahasiswa atau produk. Data ini disimpan ke dalam media penyimpanan elektronis pada perangkat komputer yang nantinya data tersebut bisa digunakan kembali sesuai keperluan.

Selain basis data, kita juga mengenal istilah sistem basis data. Untuk diketahui, sistem merupakan kumpulan komponen yang saling berhubungan dan disatukan untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.



Basis data merupakan objek yang tidak dapat bergerak sendiri. Dengan kata lain basis data membutuhkan program atau aplikasi yang menjadi penggerak atau pengelolanya. Sehingga perpaduan basis data dan aplikasi bisa menghasilkan sebuah sistem.

Sistem basis data sendiri adalah sistem yang terdiri dari kumpulan tabel data yang saling berhubungan dan kumpulan program yang memungkinkan pengguna atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi tabel-tabel data tersebut.

Komponen Sistem Basis Data

Komponen basis data setidaknya bisa dibagi menjadi enam macam. Antara lain perangkat keras, sistem operasi, basis data, database management system, pemakai dan aplikasi atau perangkat lain. Berikut akan kami jelaskan secara singkat masing-masing komponen sistem basis data ini.



Perangkat Keras

Perangkat keras atau juga dikenal dengan istilah hardware yang biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah komputer, perangkat komunikasi jaringan, harddisk, memori sekunder offline (flashdisk, removable disk).

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan program yang dibuat untuk mengaktifkan sistem komputer serta mengendalikan seluruh sumber daya yang ada di dalamnya, tak terkecuali operasi-operasi dasar komputer. Contoh dari sistem operasi adalah Windows, Unix atau Linux.

Basis Data

Komponen basis data adalah kumpulan data yang terorganisir dengan baik, sehingga data tersebut bisa disimpan, diakses maupun dimanipulasi dengan mudah. Sistem basis data bisa dibagi menjadi beberapa basis data yang mempunyai data masing-masing.

Database Management System (DBMS)

Database management system atau DBMS merupakan program aplikasi khusus yang diciptakan untuk membuat dan mengelola database yang tersedia. Sistem tersebut memuat koleksi data dan set program yang dipakai untuk mengakses database tersebut.



Leave a Comment