Komponen Basis Data Dan Penjelasannya


Komponen Basis Data Dan Penjelasannya – Basis data merupakan materi penting yang perlu dipelajari oleh sebagian orang. Materi tentang basis data ini juga bisa dibagi dalam banyak macam, salah satunya adalah komponen basis data. Akan tetapi sebelum membahas komponen basis data, terlebih dahulu kita bahas apa itu basis data.

Pengertian Basis Data

Basis data terdiri dari kata basis dan data. Secara harfiah basis bisa diartikan sebagai gudang atau markas. Sementara data adalah catatan atas kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek, seperti manusia, hewan, barang, konsep, peristiwa dan lain-lain yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.



Sedangkan basis data atau database adalah kumpulan data dalam bentuk file/tabel/arsip yang saling berhubungan dan tersimpan dalam media penyimpanan elektronis untuk kemudahan dalam pengaturan, pemilahan, pengelompokan dan pengorganisasian data sesuai tujuan.

Baca juga: Materi Basis Data Lengkap

Selain itu basis data juga bisa diartikan sebagai himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa agar nantinya bisa dimanfaatkan kembali secara mudah dan cepat.

Adanya basis data akan memudahkan seseorang untuk menyimpan suatu informasi. Contohnya adalah data pegawai, mahasiswa atau produk. Data ini disimpan ke dalam media penyimpanan elektronis pada perangkat komputer yang nantinya data tersebut bisa digunakan kembali sesuai keperluan.



Leave a Comment