Penjelasan Komplemen Himpunan Dan Selisih Himpunan


Diketahui :



A = {1, 3, 5, 7, 9, 11}

B = {2, 3, 5, 7, 11, 13}

Ditanyakan :

  1. A – B = { ..? }
  2. B – A = { ..? }

Langkah kedua : Tuliskan semua anggota dari masing-masing himpunan, jika terdapat anggota himpunan yang bukan anggota himpunan lainnya, maka tuliskan sebagai himpunan baru.

Kita tuliskan semua anggota dari kedua himpunan di atas, jika terdapat anggota himpunan A yang bukan anggota himpunan B, maka tuliskan sebagai himpunan baru, maka diperoleh :

A – B = {1, 9}



Begitu sebaliknya, jika terdapat anggota himpunan B yang bukan anggota himpunan A, maka tuliskan sebagai himpunan baru, maka diperoleh :

B – A = {2, 13}



Langkah ketiga : Tentukan selisih himpunan.

Melihat dari langkah kedua, untuk menjawab pertanyaan selisih himpunan dari dari A = {1, 3, 5, 7, 9, 11} dan B = {2, 3, 5, 7, 11, 13} adalah :

  1. A – B = {1, 9}
  2. B – A = {2, 13}

Baca juga: Pembahasan Dan Contoh Soal Diagram Venn

Perbedaan Komplemen Himpunan dan Selisih Himpunan

Baik selisih himpunan maupun komplemen himpunan mempunyai perbedaan sehingga kita bisa mengenali kedua operasi himpunan ini dengan mudah berdasarkan perbedaan tersebut. Sudah dijelaskan bahwa selisih himpunan merupakan sebuah himpunan yang seluruh anggotanya berasal dari anggota himpunan A, namun bukan dari anggota himpunan B.

Sementara komplemen himpunan merupakan himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota S, namun bukan anggota himpunan A. Jadi perbedaan mendasar dari kedua operasi himpunan tersebut terletak pada anggota himpunannya. Simak contoh di bawah ini.

source img: belajarmtk.com

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai komplemen himpunan dan selisih himpunan. Kedua hal ini hanyalah bagian kecil dari materi himpunan. Dengan memahaminya kita akan lebih mudah untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan himpunan. Khususnya operasi himpunan. Jangan lupa untuk mempelajari contoh-contoh soal yang berkaitan dengan komplemen dan selisih himpunan agar lebih mengerti materi di atas. Semoga yang kami sampaikan di atas bermanfaat.





Leave a Comment