Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta Dan Suku


Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta Dan Suku – Salah satu operasi matematika yang sering diterapkan adalah operasi bilangan aljabar. Penerapan aljabar sangat bermanfaat karena menggabungkan berbagai unsur pada suatu operasi sehingg lebih efisien dalam pengerjaannya. Lebih lanjut, unsur-unsur dalam aljabar sendiri memiliki beragam fungsi dan makna yang membedakan satu sama lain.



Aljabar sendiri merupakan persatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Bagian yang terpisah ini tentunya memiliki unsur-unsur di dalamnya. Terdapat berbagai macam unsur-unsur di dalam aljabar yang perlu dipahami lebih lanjut agar dapat mengerjakan operasi hitung tersebut. Tentunya, pembagian unsur-unsur ini menjadikan satu rangkaian operasi aljabar yang memiliki makna atau peran masing-masing.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari berbagai unsur yang melatar belakangi dalam suatu operasi hitung aljabar. Unsur-unsur ini terdiri atas variabel, koefisien, konstanta, dan suku. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Diskriminan Persamaan Kuadrat Dan Contoh Soal

Variabel

Variabel merupakan sebuah lambang yang memiliki peran untuk mengganti suatu bilangan apabila belum diketahui nilainya dengan jelas. Kata lain dari variabel adalah peubah karena dapat berubah-ubah, berbeda-beda, atau bermacam-macam bentuk untuk mengganti suatu bilangan.

Biasanya, variabel dalam suatu operasi bilangan dapat dilambangkan dengan huruf kecil, seperti a, b, c, …, hingga z. Misalnya, terdapat suatu bilangan yang apabila dikalikan 5 kemudian dikurangi 3 hasilnya adalah 12. Cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan kalimat matematikanya adalah dengan menggunakan variabel sebagai pengganti bilangan yang belum diketahui nilainya seperti berikut.

Penyelesaian: Misalnya, bilangan yang dimaksud adalah x dan menjadikan persamaan 5x – 3 =12.



Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Berpangkat

Koefisien

Koefisien memiliki makna bilangan yang memuat variabel dari suatu suku pada bentuk aljabar. Koefisien dapat menjadi bagian suku yang berupa bilangan atau konstan. Biasanya, koefisien dituliskan sebelum lambang peubah atau variabel seperti angka 2 dalam 2x. Ingat, nilai koefisien yang berjumlah 1 dapat tidak ditulis.

Misalnya, dari bentuk aljabar 5y + 3x koefisien dari y adalah 5 dan koefisien x adalah 3.



Baca juga: Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 SMP

Konstanta

Konstanta merupakan bagian dari suku suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat suatu variabel. Konstanta biasanya hanya berupa angka atau bilangan yang tidak diikuti suatu peubah.

Misalnya, konstanta dari bentuk aljabar 2x + 3xy – 7y + 8 adalah angka 8.

Baca juga: Contoh Rumus ABC Persamaan Kuadrat

Suku

Suku pada suatu operasi aljabar berisi vaiabel dan koefisien atau konstanta yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. Dalam sebuah operasi aljabar terdapat beberapa jenis suku yang diuraikan sebagai berikut.



Leave a Comment