Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Jelaskan Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Teknik Informatika


Salah satu cabang ilmu yang dapat diterapkan dengan konsep budaya adalah teknik. Ilmu keteknikan melibatkan pemikiran mengenai konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi sebuah barang yang dapat menjadi produk khusus. Produk khusus yang diciptakan tentunya memiliki ilmu-ilmu dasar teknik, tak terkecuali mengenai ilmu dasar teknik informatika.

Teknik informatika adalah salah satu disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu computer. Pada dasarnya, teknik informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dari teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah sehingga dengan dapat  terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apa pun.



Baca juga: Komponen Dan Contoh Sequence Diagram

Baca juga: Pengertian UML Dan Contoh Yang Sederhana

Baca juga: Cara Menghitung Kubikasi Kayu Dan Pasir

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Teknik Informatika

Ilmu budaya dan teknik informatika menjadi dua buah disiplin ilmu yang memiliki dasar berbeda. Jika ditelaah lebih dalam, pemahaman budaya akan masuk ketika seseorang mulai menjalani kehidupannya sebagai seorang manusia. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek. Aspek yang dipelajari adalah konsep matematis dari suatu informasi  yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi. Hal ini didasari untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh

Dasarnya, ilmu komputer dan teknik komputer mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer. Sistem informasi ini mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.