Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Gambar


Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Berikut ini adalah gambar variasi dari bentuk jaring-jaring balok yang bisa Anda gunakan untuk membentuk suatu bangun ruang balok.



Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Cara Membuat Jaring-Jaring Balok

  • Pertama Anda harus mencetak sebuah pola gambar yang memiliki ukuran lebih besar.
  • Selanjutnya Anda bisa menggunting kertas karton tersebut dengan mengikuti ruas garis yang nampak.
  • Anda bisa melipat setiap jaring balok tersebut berdasarkan ruas garis hingga membentuk sebuah bangun ruang balok yang hampir sempurna.
  • Bangun ruang balok tersebut merupakan hasil dari melipat serta mengelem lidang jaring-jaringnya, dan dengan persegi panjang bawah untuk menjadi sisi depannya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan contoh gambar yang merupakan hasil dari percobaan diatas:



Cara Membuat Jaring-jaring Balok

Elemen Balok

  • Panjang : rusuk panjang dari bagian alas sebuah balok.
  • Lebar : rusuk yang memiliki ukuran paling pendek dari sisi alas balok.
  • Tinggi : rusuk tegak lurus pada panjang dan juga lebar balok.

Baca Juga: Jaring Jaring Kubus

Rumus untuk Menghitung Luas Jaring Jaring Balok

Mengukur luas dari jaring-jaring balok bisa dibilang sama seperti mengukur luas permukaan atau bidang sisi yang terdapat pada balok. Hal ini karena jika sisi-sisi pada bagian permukaan balok kita gambarkan secara mendatar maka akan nampak bentuk yang juga sama.

  • Rumus Luas Balok

Misalnya saja p adalah panjang dari bangun ruang balok, adalah lebar baloknya, dan untuk t merupakan tinggi balok seperti yang dilihat pada gambar diatas, dan untuk perhitungan luas permukaan bagian baloknya bisa Anda bayangkan lebih dahulu dengan membuka selimut balok menjadi suatu jaring-jaring balok.

Untuk memudahkan Anda dalam membayangkannya, misalnya saja Anda memiliki sebuah bangun ruang balok dengan panjang 7 satuan, lebar 4 satuan dan untuk tingginya 2 satuan. Maka bisa digambarkan bentuk dari jaring-jaring bangun ruang balok tersebut adalah seperti gambar dibawah ini:



Rumus Luas Balok

Dari gambar diatas bisa dilihat dengan jelas bahwa masing-masing sisi mempunyai pasangan (ada 2 buah sisi yang sama, 2 sisi dengan warna biru, 2 sisi yang berwarna dan untuk 2 sisi lainnya berwarna hijau). Nah sekarang kita dapat menghitung luas balok tersebut dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Luas balok = 2 x ( p x l ) + 2 x ( p x t ) + 2 x ( l x t )

Sementara itu,  cara menghitung luas permukaan balok yang disimbolkan dengan L bisa dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut ini:

Rumus Luas Balok





Leave a Comment