Gaya Pada Bidang Miring, Rumus dan Contoh Soal


Gaya pada Bidang Miring – Sebuah benda yang bergerak pasti memiliki gaya. Apalagi benda yang diletakkan pada bidang miring yang biasanya akan bergerak lurus mengikuti bendanya. Benda akan bergerak dengan kecepatan dengan simbol v dan percepatan dengan simbol a yang sampai pada akhirnya benda akan diam pada bidang horizontal.



Komponen gaya untuk gerak benda pada bidang miring terdiri dari gaya pada sumbu x dan sumbu y. Sumbu x untuk gerak benda pada bidang miring adalah garis yang sejajar dengan bidang miring. Sedangkan sumbu y untuk gerak benda pada bidang miring adalah garis yang tegak lurus dengan bidang miring.

Baca juga: Rumus Titik Berat dan Contoh Soal

Baca juga: Rumus GGL Induksi dan Contoh Soal

Benda-benda yang terletak pada bidang miring akan dipengaruhi dengan gaya gravitasi yang tentu saja bergerak dari atas ke bawah. Selain itu, masih terdapat banyak gaya yang berkerja pada benda yang terletak di bidang miring.

Berikut akan diuraikan materi mengenai pembahasan gaya pada bidang miring.



Komponen gaya pada benda di bidang miring

Beberapa gaya yang menjadi komponen penyusun dalam mempengaruhi benda di bidang miring, di antaranya ada gaya berat, gaya normal, dan gaya gravitasi.

Gaya berat (w) adalah gaya yang nilainya dipengaruhi oleh massa benda. Gaya gravitasi merupakan gaya tarik bumi yang besarnya sekitar g = 9,8 m/s2 atau sering dibulatkan menjadi g = 10 m/s2. Sedangkan gaya normal (N) adalah gaya kontak antara benda dan bidang yang arahnya tegak lurus denga bidang. Besar gaya normal bergantung pada besar gaya lain yang bekerja pada benda.

Misalnya, ada sebuah balok dengan massa m bergerak menuruni bidang miring yang licik. Dalam gerakannya benda ini akan membentuk sudut α dengan bidang horizontal/datar. Komponen gaya berat (w) pada sumbu y disimbolkan sebagai wy yang besar nilainya dapat dihitung melalui persamaan w ⋅ cos α atau m ⋅ g ⋅ cos α. Berikutnya, komponen gaya berat pada sumbu x disimbolkan dengan wx yang besar nilainya sama dengan w⋅ sin α = m⋅ g⋅ sin α.

Agar lebih jelasnya, kalian dapat melihat pada ilustrasi berikut.



Baca juga: Rumus Periode Bandul dan Pegas

Baca juga: Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran

Gaya yang berkerja pada benda di bidang miring

Beberapa benda yang bergerak biasanya dipengaruhi dengan gaya gesek. Gaya gesek ini biasanya dialami pada benda yang melaju pada bidang miring. Gaya gesek akan membuat resultan gaya F yang dibeerikan pada benda menjadi berkurang. Pada sebuah benda yang bergerak dengan laju konstan, besar gaya dorong sama dengan gaya gesek namun memiliki arah yang berbeda. Sehingga gaya total pada benda atau jumlah vektor dari kedua gaya adalah nol.



Leave a Comment