Penjelasan Tentang Ekosistem Alami


Penjelasan Tentang Ekosistem Alami – Dalam menjalani sebuah kehidupan, makhluk hidup akan membutuhkan hubungan timbal balik yang dilakukannya dengan lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini berhubungan dengan sistem ekologi yang menciptakan alam sebagai sebuah tempat tinggal. Habitat organisme-organisme hidup memiliki sebuah wadah yang diciptakannya menjadi sebuah ekosistem.



Ekosistem menjadi salah satu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang dapat terjadi dengan organisme hidup lainnya atau dapat dengan organisme yang tidak hidup. Bentuk hubungan ini akan membentuk beberapa komponen sehingga dapat dibedakan satu dengan lainnya, namun tetap membentuk tatanan kesatuan utuh yang menyeluruh antara unsur lingkungan hidup. Sebuah kehidupan makhluk hidup biasanya tercipta berdasarkan ekosistem dan umumnya menjadi sebuah wadah yang memberikan naungan bagi makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya.

Berdasarkan lingkungan sekitarnya, ekosistem dapat tercipta dari lingkungan darat maupun air. Hal ini dapat diklasifikasikan lagi berdasarkan aspek pembentukannya, baik dari alami maupun dengan campur tangan manusia. Namun, dalam ekosistem yang berbeda-beda ini memiliki beragam komponen yang dapat berperan satu sama lain sehingga terjalin sebuah hubungan timbal balik.

Baca juga: Penjelasan Tentang Ekosistem Buatan

Salah satu macam ekosistem yang dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar kita adalah ekosistem alami. Jenis ekosistem ini biasanya terbentuk dengan sendirinya berdasarkan proses alam. Dalam pembentukan ekosistem alami, manusia tidak memiliki peran untuk pembentukannya. Dengan begitu,  ekosistem alami menjadi bagian dasar dari berbagai macam jenis ekosistem yang ada.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai hal-hal dasar yang berhubungan dengan ekosistem alam dan perbedaannya dengan ekosistem yang lain. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Komponen pada Ekosistem Kolam dan Contohnya

Pengertian Ekosistem Alam

Pada dasarnya, ekosistem memiliki makna mengenai sebuah proses dengan pembentukannya yang merupakan akibat dari adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Interaksi atau hubungan antarkomponen yang terdiri atas biotik dan abiotik membentuk sebuah habitat yang tercipta suatu ekosistem. Komponen pada ekosistem ini tentunya memberikan pengaruh, baik pada struktur atau komposisi dari beberapa komponennya. Organisme abiotik menjadi salah satu organisme yang tidak hidup namun perannya sangat menentukan komponen biotik dapat bertahan hidup. Hal ini pula dapat kita ketahui pada praktik ekosistem, baik alami ataupun buatan.



Umumnya, ekosistem yang ada di bumi sebagian besar tercipta dari alam. Ekosistem alam memiliki peran penting dalam kelangsungan kehidupan di muka bumi. Pembentukan ekosistem alam sendiri tentunya berasal dari kondisi alam yang tidak ada peran manusia di dalamnya. Dengan begitu, keberadaan ekosistem alam ini dapat dibuat untuk menjaga keseimbangan berbagai ekosistem lain di sekitarnya. Dengan begitu,  dapat disimpulkan bahwa ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk akibat pengaruh alam sekitar dan bukan akibat dari campur tangan manusia sehingga memerlukan waktu yang lama untuk membentuknya. Ekosistem menjadi sebuah lingkungan hidup dan memiliki beberapa peran penting sebagai berikut.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Manusia

1. Lingkungan sebagai tempat tinggal

Ekosistem alam dapat dikatakan sebagai lingkungan alam yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal semua makhluk hidup. Dalam kehidupan, makhluk hidup membentuk kelompok sesuai dengan jenis atau spesies yang berkelompok sehingga terjadi interaksi hingga membentuk habitat. Peran ekosistem alami yang terjadi akan memberikan sebuah wadah sehingga kelangsungan kehidupan akan berjalan baik. Dengan begitu, ekosistem alam memiliki peran yang sangat penting dan perlu dijaga pelestariannya.

2. Ekosistem menjadi sumber kehidupan

Lingkungan berupa ekosistem alam dapat menjadi sumber pemerolehan kehidupan. Peran lingkungan alami dapat menjadi sebagai wadah mencari makanan bagi makhluk hidup. Tentunya, dengan adanya sebuah ekosistem akan tercipta rantai makanan yang akan memberikan hubungan satu sama lain untuk menciptakan keseimbangan alam.

Baca juga: Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Jenis-jenis Ekosistem Alam

Ekosistem yang tercipta berdasarkan proses alam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ekosistem darat dan air. Hal ini berhubungan pula dengan lingkungan sekitar habitat organisme-organisme yang memerlukan tempat tinggal. Pembagian jenis ekosistem ini disebabkan dengan adanya proses penyesuaian diri organisme sebagai sebuah makhluk hidup. Dengan begitu, terdapat beberap bagian yang dijelaskan pada jenis-jenis ekosistem alam berikut ini.





Leave a Comment