Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Contoh Soal Pola Bilangan Dan Jawabannya


Contoh Soal Pola Bilangan Dan Jawabannya – Jika berbicara mengenai pola, hal yang terlintas pasti mengenai bentuk atau struktur yang tetap pada suatu hal. Sesuatu yang berpola pasti akan memiliki ketentuan, aturan, hingga rumus sehingga mempermudah kita dalam mencari. Hal ini dapat terjadi pada suatu bilangan dan di dalam ilmu matematika disebut sebagai pola bilangan.

Suatu bilangan yang memiliki pola tentunya dapat diidentifikasi dengan baik menggunakan rumus. Ketentuan rumus menjadikan kita dipermudah dalam memahami setiap bagian yang berbeda-beda dari sebuah pola bilangan. Perbedaan dari pola bilangan biasanya dibedakan berdasarkan bentuk dan penyusunannya.



Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai pola bilangan yang membahas mengenai materi pola barisan bilangan, barisan bilangan, deret bilangan, hingga beberapa latihan contoh soal.

Baca juga: Contoh Soal Pola Bilangan Segitiga Pascal

Baca juga: Kumpulan Soal Aritmatika Sosial Dan Jawaban

Pola Barisan Bilangan

Pola barisan bilangan memiliki makna mengenai sebuah barisan bilangan yang ditulis dengan mengikuti pola-pola tertentu. Pola barisan bilangan memiliki beberapa jenis pola yang berbeda-beda dan diuraikan sebagai berikut.

1. Pola Persegi

Pola bilangan persegi biasanya memiliki pola yang sama dengan pola bilangan pangkat dua. Misalnya, pola bilangan persegi 2, 4, 9, 16. Rumus dari pola bilangan persegi sebagai berikut.

2. Pola Persegi Panjang

Pola persegi panjang berbeda dengan pola persegi karena tidak terdiri atas pola bilangan pangkat dua. Misalnya, pola bilangan persegi panjang 2, 6, 12, 20, dan seterusnya. Rumus dari pola bilangan persegi panjang sebagai berikut.

3. Pola Segitiga

Pola barisan bilangan segitiga adalah pola barisan yang mewakili bundaran dan dapat membentuk segitiga. Misalnya, pola bilangan segitiga 1, 3, 6, 10, dan seterusnya. Rumus dari pola bilangan segitiga sebagai berikut.

4. Pola Segitiga Pascal

Pola segitiga pascal memiliki makna mengenai jumlah bilangan dari setiap baris dengan membentuk segitiga pascal. Misalnya, pola segitiga pascal 1, 2, 4, 8, 16, dan seterusnya. Rumus dari pola bilangan segitiga pascal sebagai berikut.

5. Pola Bilangan Ganjil

Pola bilangan ganjil biasanya disusun dari beberapa barisan yang loncat dan terdiri atas kumpulan ganjil. Misalnya, pola bilangan ganjil dari 1, 3, 5, 7, dan seterusnya. Rumus dari pola bilangan ganjil sebagai berikut.

6. Pola Bilangan Genap

Pola bilangan genap terdiri atas beberapa barisan bilangan yang loncat dan merupakan kumpulan dari bilangan genap. Misalnya, pola bilangan genap dari 2, 4, 6, 8, dan seterusnya. Rumus dari pola bilangan genap sebagai berikut.

7. Pola Fibonacci

Pola bilangan Fibonacci terdiri atas susunan bilangan yang berawalan 0 dan 1 kemudian ditambahkan dari bilangan sebelumnya. Misalnya, 0, 1, 1, 2, 3, 5, dan seterusnya.

Baca juga: Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri

Barisan Bilangan

1. Barisan Aritmetika

Barisan aritmetika merupakan barisan sebuah bilangan yang memiliki beda sama di setiap kenaikan sukunya. Pola tetap pada barisan aritmetika dapat diterapkan pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Dalam barisan aritmetika suku ke-n suatu bilangan dilambangkan dengan Un. Misalnya, bilangan aritmetika 1, 5, 9, 13, 17, dan seterusnya memiliki nilai beda sama yaitu 4 untuk setiap kenaikan sukunya. Rumusnya seperti berikut.

Un = a + (n -1)b

Keterangan:

Un = Suku ke- n

a/U1 = Suku pertama