Perkalian Bersusun Ratusan, Panjang Dan Pendek


Penjelasan:

Di atas kita mengalikan 56 dengan 37. Kita mulai dengan mengalikan 7 x 56. Karena 7 x 6 = 42, maka kita tulis 2 saja pada hasil perhitungan di bawah. Lalu angka 4 kita jumlahkan dengan hasil perkalian 7 x 5 atau 35 + 4 = 39. Sehingga hasilnya 392.



Geser ke puluhan angka bawah, atau 3 x 56. Hasil dari 3 x 6 = 18. Kita tulis angka 8 di bawah hasil perkalian pertama, namun letakkan di bagian puluhan. Atau bisa dengan menambahkan angka 0 terlebih dahulu, baru masukkan angka 8 di sebelahnya. Lalu hasil 3 x 5 = 15 + 1 = 16. Sehingga hasilnya 168.

Jika sudah kita hitung kedua hasil tersebut. Dan hasil akhirnya adalah 2.072.

Baca juga: Contoh Soal Pembagian Bersusun Kelas 4 SD

Cara Perkalian Singkat

Jika cara di atas kalian rasa cukup menyita waktu, kalian bisa mencoba cara berikutnya ini. Kita mengalikan dua bilangan dengan membagi angka yang lebih kecil menjadi satuan, puluhan, dan seterusnya. Kemudian kita kalikan satu per satu dengan angka yang lebih besar. Berikut tahap-tahap yang harus kita lakukan:

  1. Membagi angka yang lebih kecil. Bagi angka yang lebih kecil menjadi beberapa bagian, yakni satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya.
  2. Kalikan angka yang lebih besar dengan angka yang sudah dibagi. Langkah selanjutnya adalah mengalikan angka yang lebih besar dengan angka yang tadi kita bagi. Jika angka yang lebih kecil adalah puluhan, maka kita kalikan dengan angka puluhan terlebih dahulu, baru mengalikannya dengan angka satuan.
  3. Jumlahkan hasil perkalian. Jika semua bilangan sudah dikalikan, maka kita tinggal menjumlahkan seluruhnya. Sehingga kita mengetahui hasil perkalian dari dua bilangan tersebut.

Contoh

125 x 24 = …

Misalnya kita ingin menyelesaikan perkalian di atas. Maka kita membagi angka terkecil atau 24 menjadi dua bagian, yakni puluhan atau 20 dan satuan atau 4. Masing-masing angka ini kita kalikan dengan angka yang lebih besar.



125 x 20 = 2500

125 x 4 = 500

Langkah selanjutnya adalah menjumlahkan kedua hasil perkalian tersebut.

2500 + 500 = 3000



Jadi bisa kita ketahui hasil 125 x 24 = 3000. Jika kita hitung dengan kalkulator maka hasilnya akan tetap sama.

Di atas kita sudah mempelajari perkalian bersusun. Jika ingin berlatih kalian bisa mengawalinya dari angka yang terpendek terlebih dahulu. Sebab semakin besar angkanya maka akan membutuhkan perhitungan yang lebih panjang dan memerlukan ketelitian yang tinggi.

Baca juga: Cara Pembagian Porogapit

Ketika mengerjakan perkalian dengan cara bersusun, kita perlu memastikan bahwa hasil perhitungan kita sudah benar. Termasuk penulisan angka, harus di kolom yang tepat.

Saat kita menghadapi ulangan atau ujian dengan waktu yang terbatas, maka kita dituntut untuk mengerjakan perhitungan dengan cepat dan tepat. Maka dari itu kerjakan dengan cermat, namun jangan terburu-buru. Apabila kalian selesai mengerjakan soal dan masih mempunyai cukup waktu, jangan lupa untuk mengecek kembali hasil pekerjaan kalian untuk memastikan tidak ada kesalahan hitung.

Sekian yang bisa kami sampaikan. Semoga pembahasan di atas membantu kalian dalam mempelajari perkalian bersusun, baik bersusun panjang ataupun pendek, pada bilangan puluhan atau ratusan.





Leave a Comment