Menyajikan Data Dengan Histogram Dan Contoh Soal


Menyajikan Data Dengan Histogram Dan Contoh Soal – Salah satu jenis penyajian data yang termasuk dalam variasi diagram adalah histogram. Histogram merupakan jenis penyajian data yang diterapkan pada penyajian data kelompok. Pembuatan histogram memiliki tampilan grafis yang menunjukkan tampilan distribusi sebuah data secara visual.



Histogram diterapkan agar memberikan tampilan yang lebih menarik dan memudahkan pembaca dalam membaca data. Hal ini akan memberikan keuntungan daripada membuat data disajikan secara acak. Namun, dalam penyusunan pembuatan histogram terdapat beberapa langkah yang perlu dilaksanakan dengan memastikan bentuk tabel distribusi frekuensinya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai penyajian data kelompok yang menggunakan histogram. Agar lebih memahaminya, lakukan latihan beberapa soal setelah membaca materi ini.

Baca juga: Cara Membuat Histogram Di Excel

Baca juga: Cara Membuat Poligon Frekuensi Dan Contohnya

Pengertian Histogram

Histogram merupakan bagian dari diagram yang berhubungan dengan grafik diagram batang. Diagram batang pada histogram biasanya tersusun berderet sesuai dengan interval kelas dengan tinggi yang sesuai besar frekuensi data yang berkelompok.

Penyajian data menggunakan histogram dapat digunakan untuk mengetahui kerapatan data dengan frekuensi terbanyak. Histogram pada data kelompok disajikan pada bar batang yang biasanya ditemui dalam penggunaan data penyebaran penduduk.

Histogram memiliki keuntungan dalam menyajikan data agar terlihat jelas dan mudah terbaca mengenai sebaran frekuensi berdasarkan kelas intervalnya menggunakan bidang kartesius. Dalam bidang ini, terdapat sumbu x yang mewakili rentang nilai suatu kelas, sedangkan sumbu y mewakili nilai frekuensinya. Posisi sumbu bisa kondisional dan dapat bertukar tempat, baik vertikal maupun horizontal. Dengan begitu, kalian harus memperhatikan dengan saksama letak kedua sumbu tersebut.



Langkah-Langkah Membuat Histogram

Tujuan dari penyajian data menggunakan histogram biasanya adalah untuk mengetahui kerapatan data. Hal ini karena penyajian data acak akan lebih memudahkan untuk memetakan nilai data ke dalam bentuk yang terstruktur. Setelah itu, menentukan batas bawah dan batas atas setiap kelas dan dapat menyesuaikan data setiap kelas dengan nilai frekuensi yang sesuai.

Namun, terdapat beberapa langkah umum yang perlu kalian perhatikan ketika menyajikan data dalam bentuk histogram sebagai berikut.

  1. Gunakan histogram sebagai menyajikan data acak dalam tabel sebuah data kelompok.
  2. Penentuan batas bawah dan batas atas setiap kelas.
  3. Pembuatan bidang tempat dalam penyajian data sebuah histogram diis dengan batas atas dan batas bawah untuk setiap kelas.
  4. Pemasangan data ditentukan berdasarkan nilai frekuensi untuk setiap kelas.
  5. Dengan menyesuaikan beberapa hal di atas, sebuah histogram dapat disajikan.

Baca juga: Belajar Menyajikan Data Dengan Piktogram





Leave a Comment