Rumus Pegas Hukum Hooke dan Contoh Soal


Rumus dan Contoh Soal Gaya Pegas – Pada artikel kali ini cara harian akan melanjutkan pembahasan kemarin tentang rumus gaya pegas yang sudah terbit lebih dahulu. Masih berhubungan dengan gaya pegas, selanjutnya akan dibahas tentang rumus hukum hooke dan contoh-contoh soalnya beserta pembahasan.



Dalam memahami sebuah materi biasanya tidak cukup dari pembahasan teori saja, tetapi harus langsung praktek dengan contoh soal agar lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Rumus Gaya Pegas, Konsep dan Pembahasannya

Baca juga: Rumus Periode Bandul dan Pegas

Gaya pegas sendiri adalah gaya yang bekerja pada pegas dan menyebabkan pegas dapat memanjang dan memendek, sifat gaya pegas adalah menahan gaya dari luar yang menarik atau penekan pegas tersebut. Dengan begitu arah gaya pegas selalu berlawanan dengan arah perubahan panjang pegas.

Beberapa hal umum yang berkaitan dengan pegas agar lebih mudah dipahami adalah karet. Namun tidak semua benda berbahan dasar karet memiliki sifat elastis. Gaya pegas dalam mata pelajaran fisika dibahas dalam hukum hooke.



Hukum Hooke

Hukum hooke itu sendiri merupakan gagasan yang dikenalkan oleh seoran Robert Hooke, dimana hukum ini menyelidiki hubungan antara gaya pegas atau benda elastis lainnya supaya benda tersebut dapat kembali ke bentuk semula bila diberi sebab yaitu sebuah gaya.

Bila disimpulkan, maka gaya hooke merupakan ilmu yang mengkaji jumlah gaya maksimum yang bisa diberikan oleh suatu benda dengan sifatnya yang elastis (sifat elastis ini sering dimiliki oleh pegas) agar tidak melewati batas elasitas yang bisa mengakibatkan benda tersebut kehilang sifat elastisnya. Hukum hooke berbunyi seperti berikut.

“ Bahwa besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan pertambahan panjang beda tersebut, hal ini berlaku pada benda yang memiliki sifat elastis (dapat meerenggang) ”



Keterangan:

  • F = gaya pegas (N)
  • k = konstanta pegas (N/m)
  • ∆x = pertambahan panjang pegas (m)
  • x1 = panjang pegas mula-mula (m)
  • x2 = panjang pegas setelah diberi gaya F (m).

Baca juga: Rumus dan Contoh Soal Persamaan Gelombang Berjalan

Baca juga: Gaya Pada Bidang Miring, Rumus dan Contoh Soal

Contoh Soal Gaya Pegas dan Jawabannya

Contoh soal 1

Sebuah pegas dengan konstanta pegas 100 N/m ditarik sehingga bertambah panjang 1 cm. Gaya pegas tersebut adalah…
A. 0,01 N
B. 1 N
C. 2 N
D. 10 N
E. 100 N



Penyelesaian soal

Pada soal ini diketahui k = 100 N/m dan ∆x = 1 cm = 0,01 m. Jadi gaya pegas F = k . ∆x = 100 N/m . 0,01 m = 1 N. Soal ini jawabannya B.



Leave a Comment