Contoh Proposal Sponsorship Yang Menarik


Membuat Proposal Sponsorship Yang Menarik – Saat berkecimpung dalam dunia organisasi, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya proposal, atau bahkan Anda sudah pernah membuatnya. Proposal sendiri umumnya dibuat dengan tujuan untuk menggalang bantuan dan juga dukungan atas kegiatan yang akan diadakan.



Contoh Proposal Sponsorship Yang Menarik

Proposal juga sering dibuat oleh berbagai instansi sekolah ataupun pemerintah dalam rangka untuk dapat mencapai program yang telah direncanakan. Sedangkan untuk perusahaan atau individu umumnya membuat proposal untuk program bisnis atau wirausaha yang sedang dijalankan.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan proposal? Apa sajakah jenis-jenis proposal? Bagaimana contoh dari sebuah proposal yang menarik? Semuanya akan kami bahas secara detail dalam artikel caraharian kali ini.

Pengertian Proposal

pengertian Proposal

Kata Proposal sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu “to propose” yang memiliki arti mengajukan. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 2017, proposal adalah suatu rencana yang dituangkan secara langsung dalam bentuk rancangan kerja.

Dalam dunia ilmiah atau pendidikan, pengertian proposal adalah rancangan dari suatu usulan penelitian yang kemudian dilakukan oleh para peneliti terhadap bahan penelitian tersebut.



Baca juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian

Pengertian Proposal Menurut Beberapa Ahli

Berikut ini adalah pengertian Proposal menurut beberapa ahli yang perlu Anda ketahui:

  • Menurut Jay (2006 : 1) menyebutkan bahwa proposal merupakan suatu alat bantu yang bisa dimanfaatkan untuk management standar berfungsi secara efisien.
  • Menurut Hasnun Anwar (2004) menyebutkan bahwa proposal merupakan suatu rencana yang telah disusun hingga sedemikian rupa untuk event tertentu.

Fungsi dan Tujuan Proposal

Fungsi dan Tujuan Proposal

Proposal dibuat tentunya bukan tanpa suatu alasan. Tujuan dibuatnya sebuah proposal adalah untuk mendapatkan dukungan, bantuan dana, sponsor ataupun perizinan dari banyak pihak terhadap kegiatan, penelitian, bisnis ataupun proyek.

Jenis-Jenis Proposal

Jenis-Jenis Proposal



Berdasarkan penggunaannya, proposal dapat dibedakan menjadi 4 macam jenis, yaitu:

  • Proposal Kegiatan

Merupakan sebuah proposal yang berisi mengenai rencana suatu kegiatan, baik oleh individu ataupun kelompok masyarakat atau organisasi.

  • Proposal Penelitian

Merupakan sebuah proposal yang berisi mengenai suatu rencana atau usulan penelitian, praktek lapangan, lomba karya tulis ilmiah, skripsi, makalah, tesis dan lain sebagainya.

  • Proposal Bisnis

Proposal bisnis umumnya tentang suatu rencana dalam dunia bisnis atau usaha yang dibuat oleh perorangan, UKM atau perusahaan unuk bisa mendapatkan banyak modal dan kerjasama bisnis.

  • Proposal Proyek

Berbeda hanya dengan proposal Bisnis, proposal proyek umumnya berisi tentang rencana pengadaan atau pelaksanaan proyek tertentu dalam dunia kerja ataupun pemerintahan. Seperti misalnya perbaikan jalan, proyek, pengadaan sarana di sekolah, dan lain sebagainya.



Cara Membuat Proposal Sponsorship

Membuat Proposal Sponsorship



Leave a Comment