Kumpulan Contoh Program Pascal


Kumpulan Contoh Program Pascal – Mungkin Anda pernah mendengar istilah bahasa pemrograman. Secara sederhana bahasa pemrograman adalah instruksi standar yang digunakan maupun dimanfaatkan untuk memerintah suatu komputer. Misalnya untuk melakukan pembuatan dokumen, mencetak, menghitung, dan lain sebagainya.

Jika ingin belajar bahasa pemrograman, ada banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk dipelajari. Salah satu yang populer di kalangan programmer adalah Pascal. Bahasa pemrograman ini mempunyai kelebihan yang terletak pada susunan bahasa yang bisa dipahami oleh manusia. Pascal juga memiliki bahasa pemrograman yang terstruktur sehingga memudahkan penggunanya.



Karena banyak yang ingin mempelajari sekaligus penasaran seperti apa contoh program Pascal, pada artikel ini kami sampaikan materi mengenai hal tersebut. Akan tetapi pertama-tama mari kita berkenalan lebih dekat dengan Pascal.

Baca juga: Contoh Array 2 Dimensi

Seputar Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal umumnya dipakai oleh orang yang ingin mempelajari algoritma dan pemrograman. Sebab cara penulisan bahasa pemrograman ini memang mirip dengan penulisan algoritma structure english. Pascal terdiri dari blok-blok yang disebut subprogram. Blok-blok yang ukurannya kecil nantinya dapat dimanfaatkan untuk membuat blok yang lebih besar.

Niklaus Wirth merupakan pencipta dari bahasa pemrograman ini. Seperti yang bisa Anda tebak, nama Pascal berasal dari seorang matematikawan ternama asal Prancis, Blaise Pascal.

Bahasa Pascal mempunyai konsep prosedur dan struktur programming yang baik. Oleh karenanya bahasa pemrograman ini cocok untuk dipelajari oleh orang-orang yang ingin mempelajari konsep programming. Tidak hanya itu, Pascal juga mempunyai perintah yang mirip dengan bahasa Inggris yang biasa dipakai dalam keseharian. Seperti write, read, begin, dan lain sebagainya.



Aturan Dasar Penulisan Kode Pascal

Sebelum mengetahui contoh program yang menggunakan bahasa pemrograman Pascal, Anda perlu mengetahui apa saja aturan dasar dalam penulisan kodenya. Setidaknya ada tujuh aturan dasar yang wajib diketahui.

Judul Program

Program yang dibuat dengan Pascal tidak harus memiliki judul. Akan tetapi disarankan untuk memberikan judul pada program yang dibuat. Judul program ini diletakkan di bagian paling atas dengan format program nama_program;.

Nama program ditulis setelah kata kunci program. Jika terdiri lebih dari satu kata maka dipisah dengan garis bawah sebagai pengganti spasi.



Kepala Program

Dalam penulisan kode kita juga perlu memasukkan deklarasi pada bagian kepala program. Deklarasi yang dimasukkan mencakup constant, type, var, uses, serta judul program.

Deklarasi type merupakan deklarasi untuk struktur data tertentu. Seperti Array, Pointer, Record, dan lain sebagainya. Penutup deklarasi ini memakai end dan diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Lalu untuk deklarasi konstanta merupakan deklarasi yang nilainya tidak dapat diganti. Tidak ada aturan khusus mengenai penulisan nama konstanta. Akan tetapi disarankan untuk memasukkan nama konstanta dengan huruf kapital untuk membedakan deklarasi tersebut dengan yang lain.

Sedangkan deklarasi uses dipakai untuk mendeklarasikan library atau unit yang akan digunakan dalam suatu program. Jika pada program ada lebih dari satu library maka pisahkan dengan tanda koma dan spasi.

Deklarasi variabel digunakan untuk mendaftarkan variabel apa saja yang diperlukan dalam program. Deklarasi variabel dengan tipe data yang sama dapat ditulis bersamaan dengan dipisah tanda koma. Sedangkan untuk memisahkan nama variabel yang terdiri dari satu kata kita gunakan tanda garis bawah (_).



Tubuh Program

Setelah kepala program ada bagian yang dinamakan tubuh program. Bagian ini menjadi yang utama dari suatu program. Tubuh program diawali dengan kata kunci BEGIN dan diakhiri dengan END. sebagai tanda akhir dari tubuh program.

Sedangkan kode program ditulis di antara keduanya. Dalam bahasa pemrograman Pascal kita bisa menggunakan huruf kecil maupun besar.

Tipe Data

Penulisan tipe data juga ada aturannya, tergantung tipe mana yang digunakan. Ada empat macam tipe data yang bisa dipakai. Berikut penjelasan singkat penulisannya.

  1. String dan char: diapit dengan tanda petik satu. Misalnya ‘mahasiswa’.
  2. Integer: ditulis tanpa adanya tanda petik. Contohnya siswa, guru, angka.
  3. Real: tidak diapit dengan tanda petik, namun ditambah titik sebagai ganti koma. Contohnya 110.3.
  4. Boolean: dalam penulisannya tidak diapit dengan tanda petik. Contohnya false;.

Instruksi

Instruksi juga dapat disebut dengan istilah statement. Instruksi adalah fungsi yang bertugas memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan sesuatu. Instruksi ditulis dalam tubuh program. Untuk diingat, setiap instruksi harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Komentar

Merupakan bagian yang diabaikan oleh komputer. Tujuan dari komentar adalah untuk dokumentasi dan menambahkan keterangan pada suatu kode.

Dalam bahasa pemrograman Pascal ada tiga cara penulisan:

  1. Kurung dan bintang: (* isi komentar *)
  2. Garis miring ganda: // isi komentar
  3. Kurung kurawal: { isi komentar }

Blok Kode

Blok kode berisi kumpulan instruksi. Blok kode diawali dengan begin dan diakhiri end. Pada tubuh program blok kode diakhiri dengan tanda titik. Sementara pada bagian lain diakhiri dengan tanda titik koma.

Baca juga: Contoh Program C++ Sederhana

Contoh Program Pascal

Bahasa pemrograman Pascal bisa digunakan untuk apa saja sesuai dengan yang kita inginkan. Mulai dari melakukan penghitungan, penjualan barang, menghitung luas, dan lain sebagainya. Agar Anda lebih paham seputar Pascal berikut ada beberapa contoh program yang dikembangkan dengan Pascal.

Program untuk Menghitung Luas Persegi Panjang



Leave a Comment