Cara Menghitung Permil Dan Contoh Soal


Cara Menghitung Permil Dan Contoh Soal – Pecahan adalah hal yang sangat sering kita temui jika belajar matematika. Jika didefinisikan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari dua bagian, yakni pembilang dan penyebut. Dalam matematika pecahan juga bisa disebut sebagai fraksi.



Ketika mempelajari pecahan maka akan ada banyak hal yang bisa kita ketahui. Mulai dari operasi hitung yang mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian, ataupun cara mengubah bentuk pecahan menjadi desimal, persen, atau permil.

Dari ketiga hal tersebut, mungkin kalian masih asing dengan istilah permil. Sebenarnya permil ini mirip dengan persen. Hanya simbol dan penyebutnya saja yang berbeda. Maka dari itu pada kali ini kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghitung permil. Akan tetapi sebelum masuk ke materi tersebut kita pelajari terlebih dahulu apa itu permil.

Baca juga: Cara Membulatkan Bilangan Desimal

Definisi Permil

Jika dijabarkan permil adalah bilangan pecahan yang mempunyai penyebut 1000, lalu penulisannya diubah menjadi (n) ‰. Dalam penulisan tersebut n merupakan pembilang dalam pecahan per 1000. Apabila kita menjumpai bilangan 50 ‰, maka kita baca limapuluh permil. Sama halnya dengan cara membaca bilangan persen.

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Permil

Berikutnya kita pahami tentang cara mengubah bilangan pecahan menjadi permil. Dari penjelasan di atas kita sudah tahu bahwa permil pada dasarnya merupakan sebuah pecahan yang penyebutnya 1000. Sehingga ketika ingin mengubah pecahan menjadi permil, maka kita perlu mengubah penyebutnya menjadi 1000.

Caranya sama seperti perkalian pada pecahan pada umumnya. Kita perlu mencari angka yang jika dikalikan dengan pecahan tersebut akan bernilai 1000. Setelah itu angka tersebut juga kita kalikan dengan pembilang pecahan tersebut sehingga akan diperoleh sebuah pecahan baru yang bisa kita ubah menjadi bilangan permil.



Misalnya 25/50 = … ‰

Agar penyebutnya menjadi 1000 maka kita perlu mengalikannya dengan 20, sehingga pengerjaannya;

25/50 x 20/20 = 500/1000 = 500 ‰

Baik 25/50 maupun 500/1000 akan memiliki nilai yang sama jika diubah ke dalam bentuk bilangan desimal.



Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Mengubah Permil ke Pecahan dan Desimal

Untuk mengubahnya kita hanya perlu melakukan kebalikan dari cara di atas. Karena pada dasarnya merupakan sebuah pecahan, maka akan sangat mudah untuk mengubah bilangan permil ke dalam bentuk pecahan.

Contohnya 250 ‰ = …

250 ‰ = 250/1000

Kita sederhanakan pecahan tersebut sampai bentuk yang paling sederhana:



250/1000 = 125/500 = 25/100 = ¼



Leave a Comment