Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Contoh Angket Kuesioner Google Form


kuesioner google form

Itu adalah beberapa contoh yang dapat anda jadikan gambaran. Mengenai cara membuat kuesioner dengan bantuan Google Form telah kami sampaikan pada artikel lain. Anda bisa membacanya jika memang masih awam dalam menggunakan aplikasi buatan Google ini.



Panduan Membuat Kuesioner Online yang Baik

Seperti yang disinggung di atas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kuesioner. Sehingga kuesioner yang Anda buat baik dan bisa memberikan hasil yang maksimal. Ada beberapa poin yang harus dicermati. Dan hal ini berlaku juga jika Anda ingin membuat kuesioner dengan bantuan situs pembuat kuesioner.

Mendesain Kuesioner

Membuat kuesioner memang terdengar mudah. Akan tetapi sebenarnya sulit jika Anda ingin mendapatkan hasil yang akurat.  Salah satu yang perlu diperhatikan dalam membuat kuesioner adalah mendesain kuesioner.

Dalam tahap mendesain kuesioner ada beberapa hal yang perlu dipikirkan. Seperti menentukan tujuan kuesioner, memilih tipe pertanyaan, mengembangkan pertanyaan kuesioner, membatasi panjang kuesioner, identifikasi demografi target responden, dan memastikan bahwa kita dapat melindungi kerahasiaan informasi responden.

Membuat Kuesioner

Langkah selanjutnya adalah membuat kuesioner. Dalam pembuatan kuesioner jangan lupa untuk memperkenalkan diri Anda dengan menyebutkan nama dan latar belakang Anda. Jika ditujukan untuk kepentingan akademis, jangan lupa untuk menyertakan nama institusi pendidikan.

Tidak menutup kemungkinan responden menolak untuk mengisi kuesioner lantaran tidak dijelaskan apa tujuan dari kuesioner tersebut. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memberikan penjelasan dalam bahasa yang singkat dan jelas.

Di samping itu tidak ada salahnya untuk memberikan informasi kepada responden mengenai estimasi waktu pengisian kuesioner. Dalam penyusunan Anda juga perlu memastikan bahwa kuesioner yang Anda buat sudah terlihat profesional.

Hindari kesalahan penulisan sekecil apapun. Baik kesalahan ejaan, tanda baca, ataupun tata bahasa. Anda juga bisa menambahkan judul kuesioner untuk memudahkan responden dalam memahami maksud dari kuesioner tersebut. Di akhir kuesioner tuliskan ucapan terima kasih kepada responden atas waktu dan usaha yang mereka berikan.

Menyebarkan Kuesioner

Sebelum menyebarkan kuesioner jangan lupa meminta orang lain untuk mengisi kuesioner. Kemudian tanyakan kepada mereka apakah kuesioner tersebut mudah dipahami ataupun diakses, dan apa saran untuk kuesioner tersebut.

Jika sudah maka kuesioner siap untuk disebarkan. Menyebarkan kuesioner bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah lewat situs online.

Contoh Kuesioner Google Form

 Berdasarkan panduan di atas, kami buatkan kuesioner pada Google Form. Hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini.