Contoh Angket Kuesioner Google Form


Contoh Angket Kuesioner – Melakukan analisis adalah perkara yang bisa dibilang rumit. Sebab ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan. Dengan begitu hasil analisis bisa lebih akurat.



Salah satu yang tak boleh terlewatkan dari analisis atau statistik adalah kuesioner. Biasanya kuesioner ini juga digunakan oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Kuesioner ini digunakan oleh mahasiswa untuk berbagai hal. Contohnya untuk mempelajari sikap, kebiasaan, atau perilaku seseorang dalam kondisi tertentu.

kuesioner google form

Tidak hanya itu, kuesioner juga bisa digunakan oleh perusahaan. Fungsinya bisa beragam, seperti mengetahui kepuasan pelanggan, kebiasaan pelanggan dalam memanfaatkan jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan, dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman melakukan survei dengan menyebar kuesioner menjadi lebih mudah. Sebab saat ini ada banyak sekali situs yang menawarkan pembuatan kuesioner secara online. Dengan begitu kuesioner bisa diakses kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja yang dikehendaki.

Sekilas Tentang Google Form

Baca juga: Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Salah satu layanan yang paling populer terkait kuesioner online adalah Google Form. Anda pasti sudah tidak asing dengan Google. Perusahaan raksasa asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat ini menawarkan banyak sekali produk IT. Google Form adalah salah satunya.



Google Form sebenarnya tidak hanya digunakan untuk kuesioner saja. Kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal. Mulai dari membuat formulir pendaftaran, pemesanan, saran, bahkan membuat soal untuk siswa.

Membuat kuesioner dengan bantuan platform online memang memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk mengatur apa saja yang dimasukkan ke dalam kuesioner. Dan setelah selesai dibuat kita bisa menyebarnya  kepada siapa saja yang menjadi target dari kuesioner tersebut.

Akan tetapi beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat membuat kuesioner, baik secara offline maupun online. Pada artikel ini kami informasikan apa saja tips untuk membuat kuesioner, termasuk contoh kuesioner Google Form yang bisa Anda jadikan acuan. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas singkat seputar apa itu kuesioner.

Pengertian Kuesioner

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuesioner adalah alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis. Tujuan dari kuesioner ini adalah untuk memperoleh tanggapan dari kelompok orang terpilih lewat wawancara pribadi maupun lewat pos.



Selain itu kuesioner juga dapat diartikan sebagai daftar pertanyaan dalam penelitian yang harus dijawab oleh informan atau responden. Kuesioner memuat daftar pertanyaan yang dikirim kepada responden secara langsung maupun tidak langsung. Kuesioner ini bisa berupa pertanyaan atau pernyataan yang dijawab sesuai bentuk angket.



Leave a Comment