Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Jenis dan Ciri-Ciri GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)


Jenis dan Ciri-Ciri GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) – Pembahasan materi Fisika mengenai gerak salah satunya membahas mengenai GLBB. GLBB atau gerak lurus berubah beraturan  yang memiliki lintasan di garis lurus sehingga kecepatannya dapat berubah dan beraturan. Pada gerak lurus berubah beraturan  dapat diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Obyek yang bergerak tentunya akan dibahas lebih lanjut di GLBB apabila berhubungan dengan konsep kecepatan, percepatan, dan perpindahan.

Pada dasarnya, konsep GLBB sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Jika berhubungan dengan kecepatan dapat kita lihat penerapannya pada sebuah kendaraan yang tiba-tiba berhenti. Selain itu, jika mengenderai kendaraan di sebuah jalan yang bertikung tentunya harus menurunkan laju kendaraannya. Dengan begitu, kita dapat mengetahui konsep dari GLBB dapat ditemukan di sekitar kita.



Baca Juga: Rumus Viskositas Kinematis Air dan Contoh Soal

Baca Juga: Tabel Chi Square Tutorial Lengkap

Baca Juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Dalam menemukan konsep GLBB sendiri tentunya membutuhkan pemahaman lebih lanjut mengenai ciri-ciri dan jenis dari GLBB sendiri. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan disampaikan beberapa pembahasan mengenai ciri-ciri dan jenis dari GLBB.

Konsep GLBB

GLBB dapat dimaknai sebagai sebuah gerak yang lintasannya di garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan. Kecepatan yang terjadi pada GLBB akan mempengaruhi gerak benda yang berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Dengan begitu, terdapat beberapa persamaan-persamaan yang menjadikan konsep GLBB dapat dihitung dengan beberapa rumus yang terdiri atas 6 persamaan.

Kelajuan yang terjadi pada sebuah benda dapat terjadi pada gerak lurus berubah beraturan. Kelajuan ini dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu gerak lurus dipercepat beraturan: bila kelajuan benda bertambah dengan nilai yang sama setiap sekonnya dan gerak lurus diperlambat beraturan: bila kelajuan benda berkurang dengan nilai yang sama setiap sekonnya.

Ciri-ciri GLBB

Benda yang bergerak tentunya akan berpindah posisi karena ia mendapatkan gaya. Gerak dapat menjadi bagian dari gaya yang salah satunya membahas mengenai gerak lurus berubah beraturan. Dalam mengidentifikasinya, terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat mengkategorikan sebuah benda termasuk dalam GLBB sebagai berikut.

  1. Lintasan dari gerak benda berupa garis lurus, tidak perlu garis tegak lurus tetapi bergerak dengan satu arah tanpa berbelok.
  2. Gerak benda mengalami percepatan konstan / tetap.
  3. Kecepatan pada benda berubah – buah secara beraturan, baik itu kecepatan naik maupun turun.
  4. V / kecepatan hingga t / selang waktu membentuk grafik miring bawah / atas.

Syarat GLBB Dipercepat

  • Pada lintasannya berupa garis lurus atau lintasan yang masih dianggap lurus.
  • Pada suatu kecepatan benda berubah beraturan (naik atau turun).
  • Pada suatu Benda mengalami percepatan tetap (a=konstan).
  • Grafik v-vs-t miring ke atas atau kebawah.
  • Percepatannya tetap (a > 0)
  • Lintasannya berupa garis lurus

Persamaan GLBB Dipercepat

dengan:

v0 = kecepatan awal (m/s, cm/s)