Cara Penulisan Terbilang Rupiah Yang Benar


Cara Penulisan Terbilang Rupiah  – Dalam penulisan rupiah baik itu menggunakan angka, huruf, ataupun kombinasi angka dengan huruf, terdapat aturan yang sudah diatur oleh EYD dan PUBEI. Maka dari itu, penulisan rupiah diharuskan untuk mengikuti  kaidah tersebut.



Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara penulisan terbilang rupiah yang baik dan benar. Dalam hal ini ada 3 aturan penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Rumus Terbilang Excel Manual Semua Versi

Aturan Penulisan Terbilang Rupiah

  1. Penulisan Uang Menggunakan Angka

Uang selalu berhubungan dengan ilmu matematika yang dimana secara otomatis juga terkoneksi dengan angka. Poin penting yang harus Anda pahami mengenai tata cara penulisan rupiah dengan menggunakan angka adalah spasi, titik dan koma. Sebelumnya perlu diketahui bahwa RP sebenarnya tidak mewakili rupiah Indonesia, namun merupakan simbol mata uang.

Jika Anda menulis uang rupiah, maka Anda harus menggunakan Rp yang merupakan singkatan dari rupiah. Hal tersebut menandakan bahwa mata uang yang digunakan merupakan mata uang Indonesia. Sesudah menulis Rp maka bisa dilanjutkan dengan menulis angka uangnya tanpa adanya spasi.

Sebagai contoh, Rp1.000,00 yang dimana penambahan kata titik setelah angka 1 berarti sebagai pemisah ribuan dan tanda koma sebagai pemisah decimal 00 yang digunakan di belakangan jumlah uang rupiah. Untuk contoh penulisan yang lainnya yaitu Rp82.000,00



Tidak hanya digunakan untuk pecahan ribuan ataupun puluhan ribu saja, namun penulisan rupiah tersebut juga bisa digunakan untuk menjelaskan uang ratusan ribu sampai dengan jutaan. Aturan ini berbeda jauh dengan aturan yang diterapkan di beberapa lain di dunia terutama di Amerika Serikat. Hal ini karena Amerika Serikat menggunakan titik sebagai koma desimal dan koma sebagai pemisah ribuan.

Baca Juga: Cara Penulisan Sitasi Dari Web, Jurnal, Skripsi

  1. Penulisan Uang Menggunakan Huruf

Apakah penulisan rupiah bisa menggunakan huruf? Jawabannya iya, bahkan ini sangat penting untuk diketahui sebagai informasi tambahan. Adapun untuk contohnya sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah, yaitu dengan cara melihat di uang rupiah yang Anda miliki.

Lalu bagaimana cara penulisan rupiah menggunakan huruf? Rp yang terletak di awalan dalam penulisan uang rupiah dengan angka maka harus dibalik posisinya menjadi di belakangan dan tidak boleh disingkat.



Sebagai contoh. RP100.000, ditulis menjadi seratus ribu rupiah. Contoh lain, Rp1.000.000,00 ditulis menjadi satu juta rupiah. Inilah yang dimaksud dengan terbilang.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Semua Bank

  1. Penulisan Uang Menggunakan IDR

Aturan yang terakhir adalah penulisan uang rupiah dengan menggunakan standar internasional atau yang biasa disebut dengan IDR. IDR sendiri merupakan singkatan dari Rupiah Indonesia. Seperti misalnya, dolar AS yang berarti dolar AS.  Pada dasarnya ada dua pedoman penulisan uang skala  internasional, yang dimana kode bisa ditaruh di bagian depan atau bisa juga di belakang.



Leave a Comment