Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil Di Excel


Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil Di Excel – Microsoft Excel tidak hanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu kita dalam menghitung atau menganalisis data saja, namun juga fitur lain yang terbilang menarik dan berguna di saat-saat tertentu. Salah satu di antaranya adalah fitur atau fungsi yang digunakan untuk mengubah huruf besar menjadi kecil, dan juga sebaliknya.

Pada kesempatan ini kami terangkan panduan mengubah huruf besar menjadi kecil. Sedangkan cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar akan kami jelaskan di artikel terpisah.

lower excel

Untuk diketahui, mengubah huruf besar menjadi huruf kecil biasanya berguna saat kita ingin mengeksekusi sebuah fungsi yang mana fungsi tersebut case-sensitive atau membedakan huruf besar dan huruf kecil. Di sisi lain kita tidak ingin membedakan huruf kapital ataupun huruf kecil.

Maka dari itu kita perlu mengubahnya terlebih dahulu menjadi huruf kecil atau sebaliknya. Sehingga fungsi yang kita eksekusi bisa membaca semua data tanpa membedakan huruf besar dan kecil.

Di samping itu fungsi untuk mengubah huruf kapital ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya untuk membuat user ID yang mengharuskan semua nama diketik dalam huruf kecil maupun untuk mengubah kalimat atau paragraf yang diketikkan dalam huruf kapital.

Dalam Microsoft Excel ada tiga fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf. Yakni LOWER, UPPER, dan PROPER. Masing-masing fungsi ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut kami jelaskan secara singkat:

  1. LOWER: fungsi ini digunakan untuk mengubah semua huruf yang dimasukkan atau yang ada pada sebuah sel menjadi kecil.
  2. UPPER: sesuai dengan namanya, rumus ini dipakai untuk mengubah semua huruf menjadi besar atau kapital.
  3. PROPER: berbeda dengan dua fungsi di atas, fungsi ini dipakai untuk mengubah semua huruf awal pada setiap kata menjadi besar.

Menggunakan Fungsi LOWER

Karena kita ingin mengubah huruf besar menjadi kecil, maka yang kita gunakan adalah fungsi LOWER. Cara menggunakan fungsi ini tidaklah sulit. Kita hanya perlu memasukkan rumus ini disertai dengan kata atau sel yang ingin diubah menjadi kecil. Dari apa yang kami jelaskan, sintaks fungsi LOWER memiliki bentuk seperti berikut:

  1. =LOWER(“Teks”)
  2. =LOWER(Sel)

Sama seperti fungsi UPPER atau PROPER, pada fungsi ini kita bisa mengisi argumen teks atau referensi sel dari teks yang ingin diubah hurufnya. Khusus untuk argumen teks kita harus menambahkan tanda petik agar hasilnya tidak error. Lebih jelasnya berikut kami jabarkan panduan selengkapnya untuk Anda:

  • Siapkan teks yang ingin diubah menjadi huruf kecil.
  • Anda bisa menuliskan daftar kalimat, kata, atau nama di Excel.
  • Tuliskan rumus di bawah atau di sampingnya sesuai dengan yang kami jelaskan di atas. Misalnya jika teks berada di sel B2, maka ketikkan rumus =LOWER(B2) lalu tekan tombol Enter.

  • Tulisan yang Anda masukkan akan berubah secara otomatis menjadi kecil semua pada sel yang Anda isikan rumus tersebut.
  • Jika Anda menyusun teks secara vertikal dan Anda meletakkan rumus di sampingnya, maka Anda bisa langsung drag titik sebelah kanan bawah sel yang berisi rumus ke bawah untuk mengisi otomatis.
  • Contohnya kami buat beberapa teks yang ingin diubah menjadi huruf kecil semua dengan beberapa kondisi berbeda. Silakan simak gambar di bawah ini.

Baca juga: Cara Menggabungkan Text Di Excel

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan seputar mengubah huruf besar menjadi kecil. Perlu diingat, jika Anda memasukkan kata, nama, atau kalimat langsung pada rumus maka jangan lupa untuk menyertakan tanda petik sebelum dan sesudah kata-kata yang Anda masukkan.



Loading...

Leave a Comment