Cara Menulis Footnote Dari Jurnal Internet


Menulis Footnote Dari Internet – Pada penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, penting sekali untuk menuliskan referensi dari sumber yang sudah kita gunakan. Sumber itu sendiri bisa berasal dari jurnal, internet, ataupun lainnya. Namun jika referensi tersebut dituliskan pada badan tulisan maka sudah pasti tidak akan efektif dan efisien karena sangat panjang.



Maka dari itu, Anda bisa menuliskannya dengan menggunakan footnote agar terlihat lebih rapi dan mudah untuk dibaca. Lalu bagaimanakah cara membuat footnote atau catatan kaki?  Jika Anda tidak tahu maka Anda bisa simak pembahasan ini sampai akhir.

Cara Menulis Footnote Dari Jurnal Internet

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai footnote atau catatan kaki mulai dari pengertian, unsur, sampai dengan cara menulis footnote lengkap beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Mengelola Footnote Di Microsoft Word

Pengertian Footnote atau Catatan Kaki

Pengertian Footnote atau Catatan Kaki

Catatan kaki atau footnote adalah daftar keterangan khusus yang diletakkan di bagian bawah, disetiap lembar atau di bagian akhir bab keterangan ilmiah. Biasanya catatan kaki atau footnote ini digunakan untuk menambahkan keterangan dan komentar. Memiliki fungsi sebagai sarana yang menunjukkan sumber kutipan atau sebagai panduan dalam penulisan daftar bacaan.

Dengan penambahan catatan kaki maka bisa menjelaskan dari manakah sumber dari kutipan, baik itu kutipan langsung maupun kutipan tidak langsung. Untuk setiap pada catatan kaki umumnya akan ditandai dengan nomor. Nomor tersebut berhubungan dengan keterangan yang terdapat di catatan kaki.



Fungsi Catatan Kaki (Footnote)

Fungsi Catatan Kaki (Footnote)

Catatan kaki memiliki fungsi tersendiri yang dibutuhkan dalam penulisan kutipan. Adapun fungsi catatan kaki atau footnote adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Bukti

Keberadaan catatan kaki pada kutipan dari pernyataan ataupun data yang dilampirkan bisa memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai karya tulis atau jurnal yang dibuat untuk dapat  menunjukkan dimanakah tempat kutipan pernyataan ataupun data tersebut diambil.

  1. Sebagai Informasi Lanjutan

Dengan menambahkan catatan kaki pada suatu pernyataan maupun pembahasan tertentu pastinya akan memberikan informasi lanjutan kepada pembaca. Pembaca pun nantinya bisa mencari informasi yang lebih luas dari yang telah dibahas ataupun yang lebih detail mengenai studi kasus tertentu.



  1. Memperluas Konteks Pembahasan

Jika Anda melampirkan catatan kaki pada  pembahasan yang dikutip maka akan semakin memperluas pembahasan yang bisa dipelajari oleh pembaca saat sedang menghadapi studi kasus yang sesuai dengan kutipan yang telah dilampirkan dalam karya tulis tersebut.

  1. Keterangan dan Petunjuk

Fungsi catatan kaki berikutnya adalah sebagai petunjuk dan keterangan  untuk menambahkan lampiran terkait dengan pernyataan, datau ataupun fakta-fakta yang tertentu. Dengan demikian pembaca bisa lebih mudah mempelajari mengenai persoalan, halaman, sub-bab dari jurnal atau karya ilmiah itu sendiri.

Unsur-Unsur Catatan Kaki (Footnote)

Unsur-Unsur Catatan Kaki (Footnote)



Leave a Comment