Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Mengunci Rumus Excel Dengan Mudah


mengunci rumus excel

Sedangkan cara lain untuk membuka proteksi cell adalah dengan mengakses tab Home, lalu pada grup Cells pilih Format. Kemudian klik menu Lock Cell. Proteksi akan non aktif ditandai dengan logo kunci pada menu tersebut yang tidak dibingkai kotak.

Mengunci Sebagian Cell

Setelah seluruh cell tidak terproteksi, maka tahap selanjutnya adalah mengaktifkan pengaturan lock cell pada cell tertentu. Misalnya kita ingin mengunci cell dengan range A1:E1. Berikut adalah yang perlu Anda lakukan:



  • Blok range A1:E1.
  • Klik kanan pada salah satu cell yang telah diblok dan pilih menu Format Cells.
  • Kotak dialog Format Cells akan muncul. Pindah ke tab Protection, lalu centang pada opsi Locked. Berikutnya klik tombol OK.

Anda juga bisa menggunakan cara sebelumnya untuk mengunci cell. Yakni dengan cara klik tab Home, lalu pada grup Cells pilih Format dan klik menu Lock Cell.

Mengaktifkan Proteksi Sheet

Langkah di atas belum selesai. Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan proteksi sheet. Caranya silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Klik tab Review, pada grup Changes pilih menu Protect Sheet.

  • Kotak dialog Protect Sheet akan muncul. Selanjutnya silakan centang opsi Protect worksheet and contents of locked cells.
  • Tentukan opsi apa saja yang boleh dilakukan oleh pengguna file pada bagian Allow all users of this worksheet to:. Pada bagian ini Anda bisa menyesuaikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna lain yang membuka dokumen Anda.

  • Jangan lupa masukkan password untuk membuka proteksi sheet. Jika sudah klik tombol OK. Anda akan diminta memasukkan kembali password. Silakan masukkan dan klik OK.

Dengan demikian Anda sudah berhasil mengunci atau memproteksi cell pada Excel. Dalam kasus ini yang diproteksi adalah range A1:E1

Anda juga bisa membuka proteksi cell tertentu pada lembar kerja. Sehingga Anda bisa mengubah atau memasukkan data pada cell atau range yang dikecualikan. Caranya dengan menonaktifkan lock cell pada area yang tidak ingin diproteksi. Selanjutnya adalah mengaktifkan proteksi worksheet dan mengatur opsi-opsi yang ada di kotak dialog Protect Sheet.