Cara Mengunci Rumus Excel Dengan Mudah


Mengunci Rumus Excel – Seperti yang sudah diketahui, Microsoft Excel memungkin kita untuk mengolah data atau angka dengan rumus-rumus tertentu. Hanya saja secara default siapa saja yang membuat file atau workbook tersebut bisa mengubah rumus-rumus yang ada di dalamnya.

Tentu saja ini cukup mengkhawatirkan jika data dan rumus yang Anda tulis sangat vital dan tidak boleh diganti sembarangan. Akan tetapi Microsoft sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan opsi proteksi. Sebenarnya dalam program Microsoft Excel terdapat 3 tingkat proteksi. Antara lain level proteksi file, proteksi workbook dan proteksi worksheet.

mengunci rumus excel

Jika Anda ingin sebagian cell atau cell tertentu saja yang ingin dikunci, maka Anda bisa mempraktekkan tutorial berikut. Pada artikel ini kami bahas bagaimana cara mengunci rumus di Excel. Seperti mengunci cell tertentu, ataupun membuka kunci sebagian cell. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Rumus Excel Vlookup Dan Hlookup

Mengunci Cell Tertentu di Excel

Pada tutorial ini kami bahas bagaimana cara mengunci cell tertentu saja. Dengan begitu pengguna bisa mengubah data atau angka yang ada pada sebuah sheet, kecuali beberapa cell yang sudah dikunci. Mengunci cell atau range tertentu bertujuan untuk mencegah pengguna atau user untuk melakukan perubahan pada cell atau range tertentu yang memang tidak boleh diubah-ubah.

Akan tetapi kita harus menonaktifkan proteksi cell terlebih dahulu. Berikut kami jelaskan satu per satu.

Menonaktifkan Proteksi Cell

Perlu diketahui bahwa seluruh cell yang ada pada sheet secara default dalam keadaan terkunci. Maka dari itu kita perlu menonaktifkan proteksi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Blok seluruh cell pada sheet yang diinginkan, baik secara manual maupun dengan menekan tombol Ctrl + A.
  • Setelah terseleksi, klik kanan dan pilih menu Format Cells.

  • Kotak dialog Format Cells akan muncul. Silakan beralih ke tab Protection.
  • Hilangkan centang pada opsi Locked. Jika sudah klik tombol OK.

Anda juga bisa mengakses menu Format Cells pada tab Home > grup Cell > Format > Format Cells.

Sedangkan cara lain untuk membuka proteksi cell adalah dengan mengakses tab Home, lalu pada grup Cells pilih Format. Kemudian klik menu Lock Cell. Proteksi akan non aktif ditandai dengan logo kunci pada menu tersebut yang tidak dibingkai kotak.

Mengunci Sebagian Cell

Setelah seluruh cell tidak terproteksi, maka tahap selanjutnya adalah mengaktifkan pengaturan lock cell pada cell tertentu. Misalnya kita ingin mengunci cell dengan range A1:E1. Berikut adalah yang perlu Anda lakukan:

  • Blok range A1:E1.
  • Klik kanan pada salah satu cell yang telah diblok dan pilih menu Format Cells.
  • Kotak dialog Format Cells akan muncul. Pindah ke tab Protection, lalu centang pada opsi Locked. Berikutnya klik tombol OK.

Anda juga bisa menggunakan cara sebelumnya untuk mengunci cell. Yakni dengan cara klik tab Home, lalu pada grup Cells pilih Format dan klik menu Lock Cell.

Mengaktifkan Proteksi Sheet

Langkah di atas belum selesai. Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan proteksi sheet. Caranya silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Klik tab Review, pada grup Changes pilih menu Protect Sheet.

  • Kotak dialog Protect Sheet akan muncul. Selanjutnya silakan centang opsi Protect worksheet and contents of locked cells.
  • Tentukan opsi apa saja yang boleh dilakukan oleh pengguna file pada bagian Allow all users of this worksheet to:. Pada bagian ini Anda bisa menyesuaikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna lain yang membuka dokumen Anda.

  • Jangan lupa masukkan password untuk membuka proteksi sheet. Jika sudah klik tombol OK. Anda akan diminta memasukkan kembali password. Silakan masukkan dan klik OK.

Dengan demikian Anda sudah berhasil mengunci atau memproteksi cell pada Excel. Dalam kasus ini yang diproteksi adalah range A1:E1

Anda juga bisa membuka proteksi cell tertentu pada lembar kerja. Sehingga Anda bisa mengubah atau memasukkan data pada cell atau range yang dikecualikan. Caranya dengan menonaktifkan lock cell pada area yang tidak ingin diproteksi. Selanjutnya adalah mengaktifkan proteksi worksheet dan mengatur opsi-opsi yang ada di kotak dialog Protect Sheet.

mengunci rumus excel

Baca juga: Belajar Rumus Dasar Excel Dan Fungsinya

Penjelasan Pengaturan Proteksi Sheet Microsoft Excel

Seperti yang bisa dilihat di atas, ada banyak sekali opsi atau parameter yang bisa Anda pilih pada kotak dialog Protect Sheet. Berikut akan dijelaskan secara singkat agar Anda lebih paham:

  1. Protect worksheet and contents of locked cells: saat menu ini tercentang maka proteksi sheet akan aktif. Artinya setiap cell yang diatur locked pada sheet tersebut akan terkunci dan tidak dapat diubah.
  2. Password to unprotect sheet: sesuai dengan namanya, menu ini untuk mengatur kata sandi atau password yang dipakai untuk membuka proteksi cell. Sebenarnya Anda tidak harus mengisi bagian ini. Anda bisa membiarkannya kosong. Akan tetapi saat terisi maka Anda atau pengguna lain perlu memasukkan kata sandi saat ingin membuka proteksi cell yang dikunci.
  3. Allow all users of this worksheet to: menu ini dipakai untuk mengatur sejumlah parameter mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan pengguna pada sheet yang diproteksi.

Berikutnya kita bahas apa saja parameter yang ada pada menu Allow all users of this worksheet to. Berikut adalah parameter-parameter dan penjelasannya:

Opsi Fungsi
Select locked cells Memilih, seleksi, maupun mengaktifkan sel-sel terkunci. Secara default pengguna diperbolehkan untuk memilih sel-sel terkunci.
Select unlocked cells Untuk memilih, menyeleksi, dan mengaktifkan sel-sel yang tidak terkunci. Pada pengaturan bawaan kita bisa memilih sel yang tidak dikunci dan dapat memakai tombol TAB untuk berpindah antar sel yang tidak dikunci pada worksheet yang terproteksi.
Format cells Melakukan perubahan Format Sel atau Conditional Formatting pada sel yang dikunci.
Format columns Memakai setiap perintah pemformatan kolom (column), contohnya mengubah lebar kolom atau menyembunyikan kolom.
Format rows Memungkinkan pengguna untuk memakai setiap perintah pemformatan baris (row), Seperti mengubah tinggi baris ataupun menyembunyikan baris.
Insert columns Memungkinkan pengguna untuk menyisipkan kolom (column)
Insert rows Membuat pengguna dapat menyisipkan baris atau row
Insert hyperlinks Membuat pengguna dapat menyiusipkan hyperlink, tak terkecuali di dalam sel yang dikunci
Delete columns Membuat pengguna bisa menghapus kolom.
Delete rows Opsi agar pengguna dapat menghapus baris.
Sort Memakai setiap perintah untuk mengurutkan data
Use AutoFilter Memakai fitur filter pada range cell ketika AutoFilter aktif. Termasuk mengaktifkan maupun menonaktifkan Autofilter
Use PivotTable reports Melakukan format, perubahan layout, me-refresh atau mengubah laporan PivotTable. Termasuk membuat PivotTable baru.
Edit objects Memberikan izin kepada pengguna untuk melakukan perubahan pada objek grafik. Termasuk maps, charts, shape, text box, dan setiap kontrol yang tidak Anda buka kuncinya sebelum Anda memproteksi lembar kerja. Selain itu juga membuat perubahan chart, seperti pemformatan. menambahkan, hingga mengedit komentar.
Edit scenarios Menampilkan skenario yang disembunyikan, membuat perubahan untuk skenario yang sudah Anda cegah untuk diubah, serta menghapus skenario ini.


Loading...

Leave a Comment