Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Menghitung Siklus Haid Yang Benar


Assalamualaikum, Dok,
Saya mau nanya nih dok,
1. Bln april haid hari pertama tgl 8 Apr 2016, bln Mei tgl 8 Mei 2016. berapa kah interval lama haid saya.
2. Haid 3 hari berturut2 hari ke 4-5 sudah bersih, setelah hari keenam keluar flek2 coklat, apakah hari keenam ini termasuk masih haid ( berapakah lama haid saya)
mohon informasinya ya dok,
atas perhatiannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

dr. Yuniar Cahyania Intani
Dokter
May 25, 2016 at 12:17 PM
Wa’alaikumussalam Surminah, Terimakasih atas pertanyaannya di Alodokter. Untuk menghitung siklus haid sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apakah haidnya teratur atau tidak.



Kalau untuk haid yang tidak teratur perhitungan siklus haid harus diikuti selama minimal 3 siklus berturut-turut untuk mengetahui apakah siklus haid Anda normal atau tidak.

Berikut cara menghitung siklus haid :
• Siapkan kalender dan tandai hari pertama mulai haid minimal 3 bulan berturut-turut
• Hitung siklus haid dari hari pertama haid dibulan itu sampai hari pertama haid di bulan selanjutnya
• Rentang siklus haid normal antara 21-35 hari

Contoh kasus : Tanggal mulai haid hari pertama bulan April tgl 8, bulan mei tanggal 8, bulan Juni tanggal 6, bulan Juli tanggal 15. Berarti siklus haid pada wanita ini:

• siklus haid April-Mei adalah 30 hari, ini masih termasuk rentang normal
• siklus haid Mei-Juni adalah 29 hari, masih termasuk rentang normal
• siklus haid Juni-Juli adalah 39 hari, siklus haid ini tidak normal

Maka dapat disimpulkan dari kasus diatas rata-rata siklus haid wanita tersebut masih normal, apabila dari 3 siklus haid yang dihitung salah satunya tidak normal tidak perlu dikhawatirkan karena kemungkinan bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, stress psikologis, atau kelelahan fisik.

Namun apabila terdapat siklus haid yang tidak normal selama 3 siklus berturut-turut segera Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Anda agar dilakukan pemeriksaan fisik dan bila dibutuhkan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti USG untuk menemukan penyebab pasti kelainan siklus haid.

Sedangkan lamanya haid sendiri untuk masing-masing wanita berbeda-beda, namun rentang normal lamanya haid sekitar 3-7 hari. Jadi kemungkinan besar masih bisa termasuk darah haid, kecuali flek-flek yang Anda rasakan lebih dari 7 hari atau disertai dengan keputihan yang berbau segera konsultasikan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Baca juga: Cara Menghitung HPHT

Cara Menghitung Siklus Haid yang Tidak Teratur

Setiap perempuan dengan usia subur umumnya akan mengalami menstruasi/haid minimal sebulan sekali. Akan tetapi siklus haid tiap perempuan tidaklah sama. Ada yang teratur dan tanggalnya sama, dan ada juga yang tidak teratur atau berubah-ubah.

Bagi Anda yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur tiap bulannya, mungkin akan sedikit kesulitan untuk menghitung siklus haid Anda sebenarnya. Misalnya saja siklus haid Anda bulan ini per 30 hari. Akan tetapi pada siklus berikutnya ternyata terhitung lebih cepat jadi per 25 hari, atau justru lebih lama selama 35 hari. Begitu seterusnya, berbeda-beda dari bulan ke bulan.

Sebenarnya cara menghitung siklus haid yang teratur dan tidak teratur itu sama saja. Yaitu dengan menghitung rentang waktu antara hari pertama haid Anda bulan ini sampai satu hari sebelum masa haid Anda selanjutnya.