Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN 2019


Passing Grade – merupakan sesuatu grade atau tetapan yang hanya dinamis atau setiap periode memiliki standar tersendiri pada setiap tahunnya. Bisa dikatakan passing grade bukan standar sebagai patokan kelulusan di setiap SBMPTN namun hanya untuk menjadi bahan seleksi nilai-nilai yang cocok untuk diterima di setiap pendaftaran PTN.

Hasil gambar untuk gambar passing grade



Passing grade sendiri bukan berasal dari universitas karena sebenarnya dari lembaga-lembaga survei tertentu. Cara menghitung passing grade juga bisa memakai aplikasi yang sudah di desain untuk menghitungnya. Namun disini saya hanya akan memberikan informasi mengenai cara menghitung passing grade secara manual.

Perlu diingat bahwa biasanya ada beberapa kesalahan dalam passing grade tersebut diantaranya :

  • PTN manapun tidak akan memberikan bocoran mengenai passing grade kepada pihak-pihak tertentu. Jadi sebenarnya passing grade yang kita ketahui ini hanya buatan bimbel yang sengaja dibuat untuk acuan kelulusan atau kemampuan ketika menjawab soal.
  • Passing Grade merupakan sesuatu yang sifatnya dinamis sehingga setiap periode SBMPTN memiliki standar tersendiri untuk jurusan-jurusan tertentu setiap tahunnya.
  • Passing grade bukan sebagai standar kelulusan dalam SBMPTN melainkan keketatan karena SBMPTN bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang terbaik.

Cara menghitung passing grade

 

Keterangan:
B   = Jumlah jawaban benar
S   = Jumlah jawaban salah
JS = Jumlah soal