Cara Menghitung Kebutuhan Cat Per Kg


Menghitung Kebutuhan Cat – Melakukan renovasi rumah merupakan pekerjaan yang melelahkan. Bukan hanya soal tenaga saja yang dikeluarkan, dana yang disiapkan untuk melakukan pekerjaan konstruksi juga perlu menjadi prioritas. Meski untuk urusan mengecat dinding.

Tidak sedikit yang belum begitu paham bagaimana cara menghitung kebutuhan cat per kg. Maka dari itu kami tertarik untuk membahasnya secara jelas sehingga Anda bisa memahaminya dengan mudah. Tanpa perlu panjang lebar, berikut adalah tahap-tahap menghitung kebutuhan cat tembok per kg.



Hitung Luas Bangunan

Untuk mengetahui banyaknya cat yang kita butuhkan, maka kita perlu mengetahui luas bangunan yang akan kita cat terlebih dahulu. Informasi ini penting sebab sangat mempengaruhi jumlah cat yang nantinya akan kita beli.

Selain itu kita juga bisa menaksir berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecat suatu bangunan atau ruangan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi

Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Luas Ruangan

Jika luas ruangan atau bangunan yang akan dicat sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan cat dinding. Ada rumus yang bisa digunakan untuk pekerjaan ini. Rumusnya adalah dengan membagi luas dinding dengan luas 1 liter. Perlu dicatat bahwa standar pemakaian cat adalah sebanyak 10-12 m2 per liter untuk setiap lapisan.

Contoh, dinding ruangan Anda mempunyai tinggi 3 m. Sedangkan luas ruangannya 3 x 5 m. Itu artinya cat yang Anda butuhkan adalah (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m/ (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 liter.

Lewat rumus di atas bisa kita ketahui bahwa kebutuhan cat untuk ruangan yang memiliki luas 3 x 5 m adalah 3,5 liter untuk satu kali pelapisan. Jika Anda ingin mengerjakan dua kali pelapisan, maka tinggal mengalikan 3,5 liter x 2, sehingga diketahui hasilnya 7 liter. Begitu juga seterusnya. Contoh jika ingin melakukan tiga kali pelapisan maka Anda akan membutuhkan cat sebanyak 10,5 liter cat.

Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Eksterior Rumah

Ketika ingin mengetahui kebutuhan cat untuk dinding luar ruangan Anda harus mengetahui beberapa hal. Seperti tinggi dan lebar dari dinding yang akan dicat. Sesudah itu tambahkan luas tembok yang akan dicat dengan luas plafon, luas pintu dan luas jendela.

Langkah berikutnya adalah membaginya dengan daya sebar cat. Biasanya informasi ini bisa Anda lihat pada label kemasan cat.

Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Satuan Kilogram

 Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah menghitung kebutuhan cat berdasarkan satuan kilogram. Untuk menghitung seberapa banyak cat yang Anda butuhkan cukup dengan mengalikan luas ruangan yang akan dicat dengan koefisien 1,4.



Leave a Comment