Cara Menghitung Kebutuhan Cat Per Kg


Menghitung Kebutuhan Cat – Melakukan renovasi rumah merupakan pekerjaan yang melelahkan. Bukan hanya soal tenaga saja yang dikeluarkan, dana yang disiapkan untuk melakukan pekerjaan konstruksi juga perlu menjadi prioritas. Meski untuk urusan mengecat dinding.

Tidak sedikit yang belum begitu paham bagaimana cara menghitung kebutuhan cat per kg. Maka dari itu kami tertarik untuk membahasnya secara jelas sehingga Anda bisa memahaminya dengan mudah. Tanpa perlu panjang lebar, berikut adalah tahap-tahap menghitung kebutuhan cat tembok per kg.

Hitung Luas Bangunan

Untuk mengetahui banyaknya cat yang kita butuhkan, maka kita perlu mengetahui luas bangunan yang akan kita cat terlebih dahulu. Informasi ini penting sebab sangat mempengaruhi jumlah cat yang nantinya akan kita beli.

Selain itu kita juga bisa menaksir berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecat suatu bangunan atau ruangan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi

Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Luas Ruangan

Jika luas ruangan atau bangunan yang akan dicat sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan cat dinding. Ada rumus yang bisa digunakan untuk pekerjaan ini. Rumusnya adalah dengan membagi luas dinding dengan luas 1 liter. Perlu dicatat bahwa standar pemakaian cat adalah sebanyak 10-12 m2 per liter untuk setiap lapisan.

Contoh, dinding ruangan Anda mempunyai tinggi 3 m. Sedangkan luas ruangannya 3 x 5 m. Itu artinya cat yang Anda butuhkan adalah (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m/ (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 liter.

Lewat rumus di atas bisa kita ketahui bahwa kebutuhan cat untuk ruangan yang memiliki luas 3 x 5 m adalah 3,5 liter untuk satu kali pelapisan. Jika Anda ingin mengerjakan dua kali pelapisan, maka tinggal mengalikan 3,5 liter x 2, sehingga diketahui hasilnya 7 liter. Begitu juga seterusnya. Contoh jika ingin melakukan tiga kali pelapisan maka Anda akan membutuhkan cat sebanyak 10,5 liter cat.

Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Eksterior Rumah

Ketika ingin mengetahui kebutuhan cat untuk dinding luar ruangan Anda harus mengetahui beberapa hal. Seperti tinggi dan lebar dari dinding yang akan dicat. Sesudah itu tambahkan luas tembok yang akan dicat dengan luas plafon, luas pintu dan luas jendela.

Langkah berikutnya adalah membaginya dengan daya sebar cat. Biasanya informasi ini bisa Anda lihat pada label kemasan cat.

Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Satuan Kilogram

 Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah menghitung kebutuhan cat berdasarkan satuan kilogram. Untuk menghitung seberapa banyak cat yang Anda butuhkan cukup dengan mengalikan luas ruangan yang akan dicat dengan koefisien 1,4.

Dengan menggunakan contoh di atas, jika satu kali pelapisan cat yang Anda butuhkan adalah 3,5 liter, maka Anda tinggal mengalikannya dengan 1,4 sehingga bisa kita dapatkan hasil 4,9 kilogram. Artinya Anda membutuhkan cat sebanyak itu untuk mengecat tembok ruangan yang mempunyai luas 3 x 5 m.

Menentukan Jumlah Pembelian Cat

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan cat, maka langkah berikutnya sekaligus menjadi langkah terakhir adalah menentukan jumlah pembelian cat. Seperti yang diketahui, varian cat kaleng yang beredar di pasaran cukup beragam. Mulai dari kemasan 2,5 liter, 5 liter, hingga 20 liter.

Oleh karenanya kita perlu menentukan dengan tepat sehingga nantinya kemungkinan cat masih sisa banyak dapat diminimalisir. Dengan penentuan yang tepat Anda tidak hanya mencegah adanya cat sisa saja, namun juga bisa menekan anggaran untuk belanja cat sehingga bisa lebih optimal.

Perlu dicatat, dalam proses pengecatan umumnya pelarutan cat memerlukan tambahan air bersih sekitar 5-25% dari jumlah cat. Kadangkala proses pengecatan membutuhkan lebih dari satu kali pelapisan untuk memperoleh hasil yang maksimal.  Perhatikan faktor-faktor ini sehingga Anda tidak sampai salah hitung dalam menentukan jumlah cat yang akan dibeli nantinya.

Langkah-langkah di atas sebenarnya merupakan hitungan kasar. Sebab masih ada bagian-bagian lain yang belum diperhitungkan. Seperti pintu, jendela dan lain sebagainya. Akan tetapi Anda tetap bisa memanfaatkan cara-cara di atas untuk menentukan seberapa banyak cat yang perlu Anda beli untuk mengecat salah satu atau seluruh dinding rumah.

Konversi Liter ke Kilogram

Sebagai tambahan kita bahas singkat mengenai konversi liter ke kilogram. Liter sebenarnya bukan sebuah satuan volume dalam sistem internasional. Hanya saja liter menjadi salah satu satuan volume yang paling banyak digunakan.

Sedangkan kilogram merupakan satuan massa atau berat resmi dalam sistem satuan internasional (SI) yang dilambangkan dengan simbol kg. Satuan kilogram ini diturunkan dari satuan dasar untuk berat dalam SI, yakni gram.

Sehingga bisa dapat kita ketahui bahwa satuan liter merupakan sebuah satuan volume, sementara kilogram adalah satuan massa. Oleh karenanya besaran volume tidak bisa dikonversikan secara langsung untuk menjadi besaran massa. Cara untuk mengubah besaran volume ke besaran massa adalah dengan memakai massa jenis. Rumus massa jenis adalah:

Massa Jenis = Massa / Volume

Jika benda mempunyai massa (m) dan volume (v), maka massa jenis benda tersebut (ρ) adalah:

Ρ = m / v

Satuan dari massa jenis adalah satuan massa / satuan volume. Contohnya adalah kilogram/liter, gram/cc, kilogram/m³ dan lain-lain.

Sebagai gambaran air didefinisikan mempunyai massa jenis (densitas) 1 kg/liter. Sehingga massa 1 liter air dapat dihitung dengan cara di bawah ini:

Artinya 1 liter air mempunyai berat 1 kilogram.

Contoh lainnya kita akan hitung berat aluminium. Diketahui bahwa massa jenis aluminium (densitas) adalah 2,712 kg/liter. Sehingga massa 0,5 liter aluminium adalah:

Dengan cara di atas dapat kita ketahui bahwa 0,5 liter aluminium mempunyai berat 1,356 kilogram.

Baca juga: Cara Menghitung RAB Rumah

Tips Menentukan Warna Cat

Tidak hanya bagaimana cara menentukan banyaknya cat yang harus dibeli, memilih warna cat juga seringkali membingungkan. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Salah satunya adalah mulai dari daerah yang kecil. Artinya lakukan uji coba pada salah satu ruangan dengan luas tembok yang tidak terlalu luas. Contohnya adalah kamar mandi, tembok yang ditutupi wallpaper dinding atau tembok lorong di antara ruangan.

Di samping itu Anda bisa memilih warna cat berdasarkan mood. Misalnya untuk menghadirkan kesan dingin atau segar Anda bisa memilih warna-warna yang lembut. Warna seperti ini cocok untuk diaplikasikan pada kamar tidur. Sementara untuk ruang makan bisa memilih warna netral, biru atau hijau tua jika ingin menghadirkan kesan hangat.

Pencahayaan juga menentukan pilihan warna cat. Biasanya penjual akan menunjukkan light boxes untuk menguji warna cat yang akan dipilih. Tujuannya untuk menunjukkan warna asli dari cat tersebut.

Juga jangan lupa untuk mempelajari lingkaran warna yang biasa dipakai oleh para desainer ruangan untuk memilih kombinasi lebih dari dua warna. Dengan bantuan lingkaran warna Anda bisa mendapatkan referensi warna yang senada dan menarik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa untuk memeriksa perhitungan Anda untuk memastikan hasil hitungan Anda sudah benar. Di samping itu jangan lupa untuk mencari tahu harga cat untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan kompetitif dari segi harga.



Loading...

Leave a Comment