Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Cara Menghitung Selisih Waktu Jam Menit Detik


Cara Menghitung Selisih Waktu Jam Menit Detik – Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti memerlukan jam untuk melihat waktu yang sedang berlangsung saat ini. Misalnya, saat kita bangun tidur matahari mulai terbit berarti menandakan waktu sudah pagi atau ketika matahari terik menandakan waktu telah siang.

Matahari disini memiliki peran sebagai sebuah jam alam yang menunjukkan waktu, mulai dari pagi, siang, dan malam. Selain matahari, banyak sekali jam yang ada di kehidupan kita.



Jam merupakan sebuah benda yang memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu. Jam juga merupakan satuan waktu yang berguna untuk mengukur suatu durasi tertentu. Dalam melihat jam, kita perlu membacanya untuk mengetahui informasi mengenai jam, menit, dan detiknya.

Pada kesempatan kali ini, kalian akan mempelajari bagaimana cara membaca sebuah jam dan dapat menghitung selisih waktu dari jam, menit, dan detik. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Materi Soal Satuan Waktu (Jam, Menit, Detik)

Baca juga: Contoh Soal Metode Grafik Pada Program Linear

Cara Membaca Jam

Di keseharian kita pasti akan selalu berhubungan dengan jam apabila ingin mengetahui informasi waktu berapa atau durasi saat ini. Jam yang sering kita gunakan ada dua, yaitu jam analog dan jam digital. Fungsinya sama-sama untuk menginformasikan waktu saat ini, namun dalam membacanya tidak sama.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jam analog dan jam digital.

1. Jam Analog

Dalam membaca jam, perlu diketahui bahwa jam analog menggunakan jarum sebagai penunjuk waktu. Jam analog memiliki tiga buah jarum, yaitu jarum pendek, jarum panjang, dan jarum halus. Pada jam analog akan ditampilkan angka-angka yang dimulai dari angka 1 sampai 12.

Jarum pendek pada jam analog memiliki fungsi untuk menunjuk jam, jarum panjang digunakan untuk menunjuk menit, dan jarum halus digunakan untuk menunjuk detik. Dalam membaca jarum-jarum pada jam analog perlu diperhatikan sebagai berikut.

  • Jarum pendek merupakan jarum yang bergerak paling lambat karena menunjukkan perpindahan jam. Setiap jarum ini berpindah memiliki makna bahwa satu jam telah berlalu. Jarum pendek akan berputar mengelilingi satu lingkaran penuh setiap 12 jam. Dengan begitu, jarum pendek akan berputar dua kali lingkaran penuh ketika waktu pagi – siang dan siang – malam.
  • Jarum panjang merupakan bergerak lebih cepat dari jarum pendek dan lebih lambat dari jarum halus. Setiap jarum ini berpindah memiliki makna bahwa satu menit telah berlalu. Jarum panjang akan berputar mengililingi satu lingkaran penuh setiap 1 jam.
  • Jarum halus merupakan jarum yang sangat tipis dan bergerak paling cepat di antara jarum-jarum lainnya. Jarum halus dapat disebut sebagai jarum detik. Setiap jarum halus berpindah memiliki makna bahwa satu detik telah berlalu. Jarum halus akan berputar mengelilingi satu lingkaran penuh setiap 1 menit.

2. Jam Digital

Jam digital merupakan jam yang menunjukkan angka saja tanpa jarum untuk menginfokan waktu. Cara membaca jam digital lebih mudah dibanding dengan jam analog. Kita akan dimudahkan membaca jam digital karena di layar jam sudah tertera angka yang dipisahkan dengan titik dua (:) berdasarkan waktu yang sesuai. Dalam membaca jam digital terdapat beberapa cara berikut.

  • Pada jam digital biasanya terdiri dari susunan 3 angka.
  • Angka pertama pada jam digital menunjukkan jam.
  • Angka kedua pada jam digital menunjukkan menit.
  • Angka ketiga pada jam digital menunjukkan detik.

Baca juga: Soal Matematika Tentang Waktu (Matematika SD)

Baca juga: Soal Cerita Bilangan Bulat Kelas 6 SD

Cara Menghitung Selisih Waktu

Dalam menghitung jam, perlu diketahui dahulu mengenai hubungan antar-satuan waktu jam, menit, dan detik. Berikut rumus dari waktu.

1 jam = 60 menit

1 menit = 60 detik

1 jam = 3600 detik

Aturan di atas dapat menjadi patokan kita untuk menghitung selisih pada jam, menit, dan detik. Dalam menghitung selisih, prinsipnya sama seperti pengurangan bilangan dan tentunya lawan dari penjumlahan. Namun, dalam menghitung sebuah jam harus selalu paham mengenai aturan di atas.