Cara Menghitung Bilangan Biner Dengan Cepat


Pengelompokan ini diawali dari bilangan biner paling kiri. Setelah dibagi menjadi tiga kelompok kita bisa mengubahnya menjadi bilangan oktal.



Supaya lebih jelas mari kita bahas contoh soal konversi angka biner ke angka oktal. Silakan simak contoh di bawah ini.

01110110(2) =  … (8)

Dari contoh di atas kita harus mengubah bilangan biner tersebut ke dalam oktal. Maka langkah pertama adalah mengelompokkannya menjadi tiga bagian menjadi:

001 110 110

Setelah mengelompokkannya kita ubah setiap kelompok tersebut ke desimal. Caranya adalah sebagai berikut:

001 = 1



110 = 6

110 = 6

Dari perhitungan di atas langkah terakhir tinggal menggabungkan hasil masing-masing angka desimal. Sehingga bisa diketahui bahwa hasil konversi 01110110 adalah 166 dalam bilangan oktal.

Konversi Biner ke Heksadesimal

Jika Anda sudah memahami konversi biner ke oktal Anda tentu tidak akan kesulitan untuk melakukan konversi biner ke heksadesimal. Sebab cara keduanya mirip, hanya pengelompokannya saja yang berbeda.



Pada heksadesimal dibagi ke dalam dua kelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari 4 bilangan biner dan diawali dari yang paling kiri. Untuk lebih jelasnya simak contoh di bawah.

00010011(2) = … (16)

Dari soal di atas kita bagi ke dalam dua kelompok menjadi:

0001 0011



Setelah itu masing-masing kelompok tersebut dikonversikan ke dalam desimal:

0001= 1

0011= 3

Sehingga bisa diketahui hasil dari soal di atas adalah 13.

Baca juga: Cara Subnetting IP Address

Konversi Angka Biner dengan Kalkulator

Kita juga bisa menggunakan kalkulator khusus yang memang dapat mengubah angka desimal menjadi biner, biner ke oktal, dan lain sebagainya. Aplikasi kalkulator semacam ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store pada smartphone dengan sistem operasi Android ataupun Apps Store pada perangkat iOS.

Anda juga bisa mengakses situs yang memang menawarkan kalkulator biner. Ada banyak sekali yang bisa kita manfaatkan di internet tanpa perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet saja.

Akan tetapi cara ini tidak selalu bisa digunakan. Terlebih jika Anda sedang ujian dan tidak boleh menggunakan alat bantu seperti kalkulator ataupun smartphone. Maka dari itu memahami cara menghitung manual di atas adalah hal yang penting. Sehingga kita tetap bisa melakukan konversi bilangan tanpa alat bantu sekalipun.

Semoga panduan di atas bisa membuat Anda paham bagaimana cara mengubah suatu angka biner ke desimal dan begitu juga sebaliknya.



Leave a Comment