Cara Menghapus Adware Secara Permanen


Cara Menghapus Adware – Menggunakan perangkat canggih seperti PC atau smartphone tentu bukan tanpa ancaman. Banyak kejahatan siber yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini menuntut kita lebih waspada saat menggunakan PC atau smartphone. Salah-salah bisa terjadi hal yang buruk kepada kita.

Salah satu ancaman yang bisa mengintai kita adalah adware. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Adware adalah virus iklan yang sering muncul saat smartphone atau perangkat lain telah terinfeksi. Iklan tersebut biasanya muncul dalam bentuk pop-up yang mengajak pengguna untuk mengunduh suatu aplikasi.

Tentu saja hal ini sangat mengganggu pengguna, termasuk kita. Belum lagi jika disisipi program yang bisa mencuri informasi pribadi kita atau menginfeksi file yang ada di dalam perangkat kita.

Akan tetapi kita bisa menghapus adware dengan mudah. Tidak perlu menjadi orang ahli untuk menghapus adware pada suatu gadget. Cukup ikuti panduan di bawah ini dengan benar.

Baca juga: Cara Menghapus Chromium Permanen

Cara Menghapus Adware di HP Android

HP Android menjadi salah satu perangkat yang sering menjadi sasaran adware. Untuk mengatasinya tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Buka menu Settings > Security > Device Administrator.
  2. Kemudian ponsel akan menampilkan aplikasi dengan administrasinya yang aktif. Perhatikan dengan baik, jika ada aplikasi yang mencurigakan dengan akses administrasi yang aktif, lebih baik segera matikan akses tersebut.
  3. Langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi yang mencurigakan tersebut di manajemen aplikasi ponsel. Jika sudah ditemukan hapus aplikasi tersebut. Disarankan untuk menghapus data dan cache terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

Itulah langkah sederhana untuk menghapus adware di ponsel Android. Tidak sulit bukan?

Menghapus Adware di Android Lewat Safe Mode

Jika Anda masih menjumpai adware pada ponsel Android Anda padahal sudah menghapusnya dengan cara di atas, bisa jadi adware tersebut sudah menjelma menjadi aplikasi sistem yang tidak dapat dilacak oleh manajer aplikasi. Untuk menghapusnya Anda perlu masuk ke dalam Safe Mode untuk mencari dan menghapus aplikasi tersebut.

Anda tidak perlu akses root untuk melakukan cara ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke dalam safe mode. Biasanya setiap merek HP Android mempunyai cara yang berbeda-beda untuk masuk ke dalam safe mode. Anda bisa mencarinya di internet.
  2. Misalnya pada ponsel yang Anda gunakan memakai kombinasi tombol power dan volume untuk masuk ke safe mode. Maka saat akan menghidupkan ponsel jangan lupa untuk menekan kedua tombol tersebut.
  3. Kemudian dalam safe mode Anda tidak akan menjumpai aplikasi yang terpasang. Dalam mode tersebut Anda hanya bisa menjumpai aplikasi sistem saja.
  4. Adware bisa saja menyamar sebagai aplikasi sistem. Maka dari itu cari aplikasi tersebut seperti cara di atas.
  5. Jika ditemukan, uninstall aplikasi di dalam safe mode.
  6. Restart ponsel Anda untuk kembali seperti semula.

Tips Tambahan

Hapus Adware dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dibuat khusus untuk menangani masalah adware. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda coba dan unduh di Play Store. Salah satunya adalah Dr. Web Security Space.

Aktifkan Fitur Google Play Protect

Play Protect adalah perlindungan yang dibuat Google untuk memindai berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store sebelum di install pada perangkat Anda. Hal ini akan menyulitkan adware, malware atau program jahat lainnya untuk menyusup ke dalam ponsel Anda.

Cara mengaktifkannya tidak terlalu sulit. Masuk Google Play Store dan pilih Play Protect di bilah menu kiri. Berikutnya aktifkan pada bagian Scan device for security threats dan Improve harmful app detection.

Mematikan Notifikasi Pop-up Google Chrome

Mematikan notifikasi pop-up bisa membantu Anda untuk menghilangkan pop-up iklan saat melakukan browsing dengan Chrome. Caranya buka aplikasi Google Chrome, lalu masuk menu Settings.

Berikutnya pilih Site Settings dan ketuk menu Notifications. Pilih nonaktifkan Notifications untuk menonaktifkan notifikasi pada Chrome.

Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan

Jika Anda merasa ada yang aneh dengan ponsel Anda atau Anda terlalu sering menjumpai iklan mengganggu pada ponsel, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda.

Caranya masuk Google Play Store, lalu pilih My apps & games. Pada tab Library, urutkan daftar aplikasi berdasarkan Recent atau baru saja terpasang. Cermati aplikasi apa saja yang ada dan terlihat mencurigakan. Jika ada hapus aplikasi tersebut, termasuk jika Anda merasa tidak pernah memasang aplikasi mencurigakan tersebut.

Langkah terakhir untuk mengatasi adware pada HP Android adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Akan tetapi pastikan data-data Anda sudah terbackup dengan aman, termasuk foto, video dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Subtitle Video / Film

Cara Menghapus Adware di Windows

Bagi pengguna PC dengan sistem operasi Windows juga tidak terlepas dari ancaman adware. Biasanya PC yang sudah terinfeksi adware akan memunculkan iklan pop-up yang muncul dengan sendirinya secara konstan.

Biasanya iklan tersebut muncul karena program yang mengandung iklan yang dihubungkan pada akun monetisasi selama proses instalasi. Biasanya saat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, sistem juga menginstal program jahat yang tidak kita sadari.

Iklan-iklan tersebut bisa muncul pada saat kita menjalankan web browser apa saja. Tidak hanya menampilkan iklan dan mengumpulkan data, adware biasanya hadir secara diam-diam karena bisa menyembunyikan diri dari system tray dan tidak tampak pada menu program.

Adware ini bisa memperlambat kinerja komputer atau bahkan koneksi internet. Maka dari itu kita harus mengatasinya. Berikut adalah salah satu solusi yang bisa Anda coba:

  1. Download software AdwCleaner dan install program tersebut.
  2. Jika proses instalasi selesai, jalankan software AdwCleaner.
  3. Setelah halaman utama aplikasi tersebut muncul, klik tombol Pindai Sekarang untuk membersihkan PC dari adware saat itu juga.
  4. Selanjutnya aplikasi akan melakukan pemindaian data yang terancam.
  5. Apabila pemindaian atau scanning selesai, Anda bisa melihat data apa saja yang terdeteksi memiliki ancaman. Klik Bersih dan Perbaikan yang ada di pojok bawah kanan untuk membersihkan data dan melakukan perbaikan.
  6. Biasanya muncul jendela peringatan yang memberitahukan kepada kita bahwa seluruh proses akan ditutup dan kita diminta untuk menyimpan pekerjaan kita sebelum melanjutkan. Klik tombol Bersihkan dan Mulai Ulang Sekarang.
  7. Selanjutnya laptop atau PC Anda akan melakukan restart. Kemudian saat masuk aplikasi akan terbuka dan terdapat pemberitahuan bahwa pembersihan telah selesai dilakukan.
  8. Anda telah selesai melakukan pembersihan terhadap adware.

Agar Anda semakin yakin komputer bersih dari ancaman adware, langkah selanjutnya cek software yang terinstal pada PC untuk melihat ada atau tidaknya software yang mencurigakan. Berikut panduan selengkapnya untuk Anda:

  • Buka Control Panel, lalu klik Uninstall a Program yang ada di sisi paling bawah.

  • Berikutnya masuk ke Uninstall Program. Pilih program yang dicurigai dan uninstall atau hapus program tersebut.

Ulangi langkah-langkah di atas jika Anda menjumpai software mencurigakan lebih dari satu.



Loading...

Leave a Comment