Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word


Menghapus Halaman Kosong – Microsoft Word merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang memiliki fitur cukup lengkap dan bahkan bisa dibilang fitur yang disediakan software ini hampir sempurna. Namun ketika mengerjakan tugas di Microsoft Word seperti tugas skripsi, laporan, dan lainnya seringkali kita menjumpai masalah yang tidak sengaja.

Adapun salah satu masalah yang sering dijumpai saat mengerjakan tugas di Word adalah halaman kosong yang sulit dihapus. Jadi halaman kosong tersebut sulit sekali untuk dihapus meskipun sudah menggunakan tombol Delete (del) maupun Backspace.



Masalah seperti ini tidak hanya dialami oleh pengguna Microsoft Word 2007 saja, tetapi juga beberapa versi terbarunya seperti Microsoft Word 2010, 2013, dan bahkan versi 2016 pun sering mengalami masalah yang sama.

Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word

Baca juga: Cara Membuat Halaman Di Word

Perlu diketahui bahwa masalah halaman kosong yang sangat sulit untuk dihapus ini sebenarnya merupakan kesalahan penulis yang secara tidak sengaja mensisipkan simbol maupun karakter sembunyi seperti page break, section break maupun paragraf kosong. Biasanya hal ini sering terjadi saat membuat halaman cover. Lalu bagaimana cara menghapus atau menghilangkannya?

Kali ini kami akan memberikan cara bagaimana menghilangkan halaman kosong di Microsoft Word. Caranya sangat mudah jika Anda mengikuti tahapan cara yang kami sampaikan ini dengan baik dan benar. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word dengan Mudah

Di Microsoft Word, Anda bisa menghapus halaman kosong yang ada di file dokumen dengan menggunakan beberapa cara. Pada tutorial kali ini kami menggunakan program Microsoft Word versi 2019. Namun jika Anda menggunakan versi lainnya maka Anda tidak perlu khawatir karena caranya tidak berbeda jauh. Berikut ini adalah tutorial cara menghilangkan halaman kosong di Microsoft Word yang bisa Anda ikuti:



  1. Menggunakan Navigation Pane

Anda bisa menghilangkan halaman kosong di file dokumen Anda dengan bantuan fitur Navigation Pane. Dengan bantuan fitur ini maka bisa memudahkan Anda untuk menelusuri keseluruhan dokumen tanpa perlu memeriksanya satu persatu.

Anda hanya akan menelusuri dokumen yang berbentuk thumbnail dan bisa menemukan halaman kosong dengan mudah. Berikut ini adalah tahapan cara menghapus halaman kosong di Word dengan menggunakan bantuan Navigation Pane:

Langkah 1: Silahkan Anda klik Tab View kemudian aktifkan centang pada opsi Navigation Pane seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Menghapus Halaman Menggunakan Navigation Pane

Langkah 2: Jika sudah diaktifkan maka pada bagian kiri layar komputer Anda akan tampil sebuah panel navigasi dari dokumen.
Menghapus Halaman Menggunakan Navigation Pane



Langkah 3: Anda bisa menggunakan Scroll untuk dapat menelusuri dokumen Word Anda. Jika Anda menjumpai halaman kosong, silahkan klik langsung halaman tersebut.

Langkah 4:  Selanjutnya Anda akan dibawa menuju ke halaman tersebut. Disini Anda harus klik bagian bawah halaman kemudian tekan Backspace pada keyboard Anda sampai halaman kosong tersebut benar-benar sudah hilang.
Menghapus Halaman Menggunakan Navigation Pane

  1. Menghapus Page Break

Fitur Page Break di Microsoft Word bisa membantu Anda untuk memisahkan format halaman baru yang berbeda dengan halaman yang sebelumnya. Pada penggunaannya sendiri, Page Break adalah non-printing character yang tidak bisa dilihat pada layar komputer Anda. Bahkan sering dijumpai kasus bahwa halaman kosong yang tercipta dari proses Page Break ini tidak bisa dihapus.

Nah, jika Anda sekarang juga mengalami kasus yang sama dan tidak bisa menghapus halaman kosong di Microsoft Word ini, Anda bisa mengikuti tahapan cara di bawah ini:

Langkah 1: Supaya bisa menghapus halaman kosong yang disebabkan oleh Page Break maka Anda harus bisa menampilkan karakter page break menggunakan Paragraph. Adapun caranya adalah dengan klik tab Home kemudian klik langsung ikon Show atau Hide Paragraph.



Menghapus Page Break

Langkah 2: Selanjutnya Anda akan menjumpai karakter Page Break yang tampil pada dokumen Word Anda. Disini Anda harus blok karakter tersebut kemudian tekan Backspace atau bisa juga Delete pada keyboard komputer untuk bisa menghapusnya.
Menghapus Page Break

Langkah 3: Jika Anda mempunyai beberapa halaman kosong pada dokumen Word, Anda bisa mengulangi kembali perintah diatas.

Langkah 4: Apabila semua halaman kosong sudah terhapus, silahkan Anda kembali pada tab Home dan klik ikon Show atau Hide Paragraph untuk mematikan fitur tersebut. Dengan demikian, non-printing character tidak akan bisa muncul lagi pada dokumen Word Anda.

Menghapus Page Break

  1. Menghapus Akumulasi Paragraph

Halaman kosong yang muncul di Microsoft Word bisa terjadi karena akumulasi paragraph. Hal seperti ini umumnya akan muncul di akhir dokumen Microsoft Word Anda. Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini, silahkan simak panduan cara menghilangkan halaman kosong di akhir dokumen Word di bawah ini.

Langkah 1: Silahkan klik tab Home kemudian klik ikon Show atau Hide Paragraph supaya Anda bisa melihat non-printing character seperti Enter atau Page Break.

Menghapus Akumulasi Paragraph

Langkah 2: Anda bisa melakukan kombinasi Ctrl + End pada keyboard komputer untuk bisa menuju halaman akhir dokumen Word Anda.

Langkah 3: Selanjutnya Anda akan menjumpai simbol-simbol maupun Page Break yang merupakan karakter non-printing. Disini Anda harus mengarahkan kursor mouse ke simbol tersebut. Lalu Anda bisa langsung blok seluruh simbol tersebut.
Menghapus Akumulasi Paragraph



Leave a Comment