Menghapus Chromium Permanen Dari Registry


Menghapus Chromium Secara Permanen – Mungkin sebagian dari Anda pernah menjumlah sebuah aplikasi yang bernama chromium. Dan bisa saja Anda terganggu dengan kehadiran program yang satu ini. Pasalnya chromium biasanya terinstal dengan sendirinya di laptop atau PC.



Tidak hanya itu, chromium tidak mudah untuk dihapus atau di-uninstall. Sebenarnya chromium bukanlah virus atau software yang berbahaya bagi PC. chromium ini merupakan browser pecahan dari Google Chrome.

Biasanya chromium ini terinstal secara default pada sistem operasi berbasis Linux. Akan tetapi pengguna Windows biasanya juga mendapati bahwa chromium terinstall dengan sendirinya di PC yang mereka gunakan.

Walaupun sulit untuk dihapus, bukan berarti aplikasi chromium ini tidak mungkin untuk dihapus. Anda tetap bisa menghapusnya dengan trik tertentu. Berikut kami bahas lengkap supaya Anda bisa mempraktekkannya sendiri.

Baca juga: Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Tutorial Menghapus Chromium Lengkap

Ada beberapa metode atau cara yang bisa Anda manfaatkan untuk menghapus software chromium. Akan tetapi perlu kami informasikan sebelumnya bahwa pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar. Jika Anda ragu, serahkan kepada teman atau orang lain yang lebih ahli soal komputer.

Biasanya chromium ini terinstal pada sistem operasi Windows 7, 8 maupun Windows 10. Pada dasarnya trik menghapus aplikasi ini tidak terlalu berbeda antara OS versi satu dengan lainnya. Langsung saja berikut tutorial yang bisa Anda simak.



Hapus Chromium lewat Control Panel

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah meng-uninstall chromium lewat Control Panel. Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan:

  • Klik tombol Windows di pojok kiri bawah atau menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Untuk pengguna Windows 8 dan 10 Anda bisa langsung mengetikkan Control Panel untuk memunculkan menu tersebut. Sedangkan pada pengguna Windows 7 Anda perlu mengklik program Control Panel yang ada di daftar menu samping.
  • Maka tampilan Control Panel akan terbuka.
  • Arahkan kursor ke bagian menu Programs. Klik pada menu Uninstall a program.
  • Sesudah itu Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstall pada PC Anda. Untuk menghapus chromium, cari aplikasi tersebut dalam daftar.
  • Klik aplikasi tersebut, lalu klik kanan dan pilih Uninstall.

Menghapus File Bekas Chromium

Sesudah Anda menghapus chromium, biasanya ada file bekas yang ditinggalkan oleh software tersebut. Umumnya file ini terdapat di penyimpanan local disk C. Hanya saja biasanya folder chromium ini disembunyikan secara default. Berikut cara memunculkan file dan folder yang disembunyikan oleh sistem:



  • Buka Windows Explorer.
  • Buka menu Tools, kemudian pilih Folder Options.
  • Setelah menu Folder Options muncul, pilih tab View.
  • Kemudian cari dan centah menu Show hidden files and folders. Lalu pilih Apply dan klik OK.

Jika langkah di atas selesai, kita lanjut ke langkah menghapus folder bekas Chromium. Berikut tahap-tahap yang perlu Anda lakukan:



Leave a Comment