Cara Membersihkan File Sampah Di Laptop Windows


Cara Membersihkan File Sampah Di Laptop – Menggunakan laptop baru memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Sebab laptop atau PC baru memiliki performa yang masih prima karena baru pertama kali digunakan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu performa PC dirasa mengalami penurunan.

Hal ini sebenarnya wajar dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah menumpuknya file sampah di OS kita, khususnya pada sistem operasi Windows. Kita bisa membersihkannya sendiri agar performa komputer meningkat. Berikut panduan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Menghapus Folder Temp dan Prefetch

OS Windows mempunyai sebuah folder bernama Temp yang tujuannya menyimpan file-file sementara dari program-program yang terinstal pada OS tersebut. Seiring berjalannya waktu isi folder ini semakin banyak sehingga kita perlu menghapusnya. Berikut cara menghapusnya:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Setelah kotak dialog Run muncul, ketikkan %temp% dan Enter.

  • File Explorer akan muncul dan membuka folder Temp. Pada folder tersebut Anda bisa menjumpai banyak sekali folder asing.

  • Langsung saja hapus folder-folder dan file-file yang ada pada folder tersebut.
  • Selanjutnya tekan kembali tombol Windows + R dan ketikkan temp tanpa tanda persen lalu Enter.
  • Akan muncul sebuah jendela peringatan yang menyatakan bahwa kita tidak memiliki izin untuk mengakses folder tersebut. Langsung klik Continue.
  • Hapus folder dan file yang ada di dalam folder Temp.

  • Jika sudah buka folder Prefetch dengan cara yang sama seperti langkah di atas. Kemudian hapus file dan folder yang ada di dalamnya.

Menghapus dengan Disk Cleanup

Windows menyediakan tool khusus untuk membersihkan file sementara atau file sampah, yakni Disk Cleanup. Cara menggunakannya bisa Anda lihat pada langkah-langkah berikut:

  • Buka Disk Cleanup dengan cara mengetikkannya pada search bar, lewat command prompt atau lewat Control Panel > Administrative Tools.
  • Biasanya tool tersebut akan melakukan pemindaian terlebih dahulu. Silakan tunggu beberapa saat sampai tampilan seperti di bawah ini muncul.

  • Anda akan melihat item apa saja yang bisa dibersihkan dan seberapa besar ukurannya. Silakan centang file yang ingin dihapus. Jika sudah klik tombol OK.
  • Pada Windows 10 juga terdapat opsi untuk Clean up system files.

Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Anda juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai. Anda bisa melihat Apps & Features atau Programs and Features untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda maupun menghapusnya.

Beberapa aplikasi bisa berjalan saat komputer pertama kali dihidupkan. Dan hal ini bisa memberatkan performa PC atau notebook Anda. Pada Windows 10 Anda bisa melihat daftar aplikasi yang berjalan saat startup pada Task Manager > Startup. Jika ada aplikasi yang sudah tidak terpakai dan menurut Anda membebani performa silakan hapus saja aplikasi tersebut. Aplikasi tidak terpakai yang dibiarkan tanpa dihapus juga perlu dihapus karena sudah tidak berguna lagi bagi Anda, sama halnya dengan file sampah.

Baca juga: Cara Membuat Timeline Di Excel

Menggunakan CCleaner

Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dibuat khusus untuk menghapus file sampah. Salah satu yang populer adalah CCleaner. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di situs resminya. Selain itu juga terdapat versi untuk bisnis dan versi berbayar. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada versi gratis kita bisa membersihkan file sampah dari web browser, Windows Explorer dan juga Systems. Selain itu kita juga bisa membersihkan Registry yang sudah tidak terpakai. Untuk menggunakannya mudah, setelah aplikasi terbuka klik Analyze pada bagian Cleaner. Setelah itu klik Run Cleaner.



Loading...

Leave a Comment