Cara Menggunakan Pivot Table Excel




Menggunakan Filter PivotTable Excel

Salah satu kemampuan yang ditawarkan PivotTable adalah memfilter laporan berdasarkan kriteria yang diinginkan. Filter Pivot Table ini dipakai untuk analisis yang lebih spesifik. Contohnya berdasarkan data di atas kita ingin melihat laporan pembelian pada BULAN Maret saja. Maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Drag field BULAN ke bagian FILTER seperti gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya klik menu Report Filter yang ada di atas tabel pivot dan ceklis BULAN Maret saja. Klik OK untuk menerapkan filter.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa memfilter beberapa data sekaligus. Caranya pada menu Report Filter silakan ceklis Select Multiple Items. Kemudian silakan pilih field yang ingin ditampilkan ke dalam laporan.

Melakukan Refresh PivotTable Excel

Jika range atau data sumber yang dijadikan acuan untuk PivotTable mengalami perubahan, maka kita perlu melakukan refresh pada PivotTable yang sudah dibuat sebelumnya. Sebab Pivot Table ini tidak dapat melakukan perubahan data secara otomatis berdasarkan perubahan pada data sumber. Cara melakukan refresh adalah sebagai berikut:

  • Klik salah satu tabel Pivot.
  • Selanjutnya klik tab atau ribbon Anaylize dan pilih menu Refresh.
  • Anda juga bisa melakukan refresh dengan hotkey atau shortcut Alt + F5.

Menghapus PivotTable Excel

Jika kita ingin menghapus pivot table yang sudah dibuat sebelumnya, caranya tinggal sorot tabel pivot tersebut dan tekan tombol Delete pada keyboard.





Leave a Comment