Cara Menggunakan Pivot Table Excel


Dalam menggunakan pivot table kita juga perlu mengetahui bagian-bagian dari pivot table. Saat membuat pivot table, kita dihadapkan dengan dua jendela, yakni:



  1. Report Pivot Area: merupakan area sel untuk menempatkan dan menampilkan data report.
  2. PivotTable Field List: adalah jendela yang fungsinya untuk mengatur report pivot table.

Di samping itu pada PivotTable Field list terdapat 4 bagian, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

  1. Filter: merupakan area untuk meletakkan data field yang akan difilter pada pivot table.
  2. Rows: adalah bagian yang digunakan untuk meletakkan data field dalam bentuk baris atau horizontal.
  3. Column: merupakan bagian untuk menempatkan data field dalam bentuk kolom atau vertikal.
  4. Value: merupakan bagian untuk meletakkan data field yang akan dilakukan perhitungan.

Sebagai contoh, kami membuat tabel pembelian BUAH selama Januari-Desember 2022. Kemudian kita ingin menampilkan data pembelian BUAH tersebut berdasarkan BULAN, BUAH dan TOTAL pembelian. Maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silakan buat PivotTable pada Excel berdasarkan data yang Anda miliki. Misalnya pada contoh ini kami gunakan data sumber pembelian buah.
  • Setelah itu akan muncul menu dari PivotTable.
  • Berikutnya drag field yang diinginkan, dalam contoh ini BULAN, BUAH dan TOTAL dari PivotTable Field List ke area pivot. Anda juga bisa menggunakan ceklis untuk menampilkan data yang diinginkan pada PivotTable report.

  • Pastikan field BULAN dan BUAH berada di area ROWS. Sedangkan field TOTAL diletakkan di bagian VALUES. Ingat, semua field yang ingin dihitung harus diletakkan di area VALUES.
  • PivotTable Report akan terbuat secara otomatis dan siap untuk digunakan atau dicetak. Contohnya adalah seperti berikut.

Dari gambar di atas bisa kita ketahui bahwa laporan penjualan disusun berdasarkan BULAN yang di dalamnya terdapat detail masing-masing BUAH yang dibeli beserta TOTAL harganya.



Dan seperti yang Anda ketahui sendiri dalam mengoperasikan PivotTable Excel kita tidak perlu memasukkan rumus khusus.

Jika Anda ingin melihat detail penjualan dalam perhitungannya Anda dapat klik 2 kali pada setiap nilai di kolom Sum of TOTAL.

Cara Cross Tabulation PivotTable Excel

Field dari data sumber tidak hanya dapat diletakkan pada area ROWS saja, namun juga bisa diletakkan pada bagian COLUMN. Hal ini dikenal dengan sebutan analisis cross tabulation. Pada PivotTable, cross tabulation digunakan untuk melihat laporan data berdasarkan baris (ROWS) dan kolom (COLUMN). Dengan demikian kita bisa melihat perhitungan yang berhubungan antara 2 variabel.

Melakukan cross tabulation tidaklah sulit. Kita hanya perlu memindahkan field tertentu ke area COLUMN. Contohnya kami pindahkan field BULAN ke bagian COLUMN. Maka tampilannya akan berubah seperti berikut ini.





Leave a Comment