Cara Menggabungkan Partisi Hardisk


Menggabungkan Partisi Harddisk – Sebuah PC atau laptop terdiri dari banyak sekali komponen. Masing-masing komponen atau hardware ini mempunyai fungsi tertentu yang menunjang kinerja komputer. Salah satu di antaranya adalah hardisk.



Anda pasti sudah familiar dengan hardware yang satu ini. Hardisk pada dasarnya digunakan sebagai media penyimpanan pada PC atau laptop. Seluruh file sistem dan juga file pengguna akan tersimpan di sana. Hardisk dengan kapasitas yang besar akan memungkinkan kita untuk menyimpan banyak sekali dokumen atau file.

Biasanya untuk membedakan file sistem dan dokumen pengguna sebuah hardisk akan dipartisi menjadi dua atau lebih bagian. Tujuannya agar saat sistem mengalami masalah kita bisa menginstal ulang sistem operasi tanpa mempengaruhi data yang kita simpan pada komputer tersebut.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Jika Anda memiliki dua partisi dan merasa ingin membuat partisi baru, maka Anda bisa membaginya lagi menjadi tiga bagian atau lebih. Lalu bagaimana jika ingin menggabungkannya kembali?

Untuk kasus tersebut ada dua cara yang bisa Anda pilih. Yakni dengan memakai tool bawaan Windows atau dengan memakai software pihak ketiga. Mari kita bahas lebih jauh.

Menyatukan Partisi dengan Disk Management

Windows sudah sejak lama dibekali dengan sebuah tool yang ditujukan khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan hardisk. Software tersebut adalah Disk Management. Kita bisa memanfaatkannya untuk banyak hal, termasuk menyatukan kembali partisi hardisk.



Sebelum melakukan proses penggabungan jangan lupa untuk mengosongkan partisi yang akan digabung. Jika ada file atau data Anda, silakan backup ke media lain. Sebab partisi yang akan digabung ke partisi lain akan dihapus sebelum disatukan kembali. Setelah itu ikuti cara di bawah ini:

  • Pada Desktop Anda, klik kanan Computer pada Windows 7 atau This PC pada Windows 8 ke atas. Setelah itu klik menu Manage.
  • Jendela baru akan terbuka. Langsung saja klik bagian Disk Management yang ada di panel sisi kiri.

  • Partisi yang ada pada PC atau laptop akan muncul. Silakan klik kanan pada partisi yang ingin dihapus. Kemudian klik tombol Delete Volume. Jika muncul peringatan klik tombol Yes.



  • Perlu dicatat, saat proses menghapus volume ini jangan sampai salah pilih. Sebab Anda bisa kehilangan data-data Anda jika salah memilih partisi.
  • Langkah selanjutnya adalah menghapus partisi. Caranya klik kanan pada partisi tersebut dan klik Delete Partition.
  • Anda akan melihat partisi tersebut berubah status menjadi Unallocated atau tidak dialokasikan. Partisi ini berubah warna menjadi hitam.

  • Tahap berikutnya adalah menggabungkan partisi tersebut ke partisi lainnya. Caranya klik kanan partisi atau drive yang sebelumnya pernah Anda shrink, lalu klik Extend Volume.
  • Kotak dialog Extend Volume Wizard akan muncul. Silakan klik tombol Next.
  • Pilih partisi yang kosong di sisi kanan, lalu klik tombol Next.

  • Langkah terakhir wizard akan memberitahukan partisi yang dipilih untuk digabungkan. Silakan klik tombol Finish.
  • Setelah itu partisi hardisk akan bergabung menjadi satu. Misalnya jika sebelumnya Anda membagi drive D:\ dan kemudian menggabungkannya kembali, maka seluruh partisi akan digabungkan kembali ke drive tersebut.
  • Tahap penggabungan dua partisi telah selesai.

Menyatukan Partisi dengan Software

Selain cara di atas Anda juga bisa mencoba menggabungkan partisi dengan bantuan software. Ada cukup banyak software yang bisa dipilih. Pada tutorial ini dijelaskan bagaimana menyatukan dua partisi dengan EaseUS Partition Master.



Leave a Comment