Cara Mengatasi Printer Offline Dengan Mudah


Mengatasi Printer Offline Dengan Mudah – Bagi Anda yang sering berkecimpung dengan printer mungkin juga sering menghadapi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan mesin pencetak tersebut. Contohnya printer masuk angin, kertas yang tersangkut di dalam printer, printer tidak bisa mencetak, dan lain sebagainya.

Permasalahan tersebut muncul bisa dikarenakan beberapa sebab. Sehingga kita perlu mencari tahu agar mengerti apa yang menjadi penyebab dari munculnya permasalahan itu. Sebelum membawanya ke tukang servis, tidak ada salahnya untuk mengecek dan memperbaiki sendiri permasalahan pada printer.



Tidak semua kesalahan pada printer harus diatasi dengan membongkar mesin printer. Ada yang bisa diperbaiki hanya dengan melakukan sedikit perubahan dari segi software. Misalnya seperti mengatasi printer yang offline.

Kami akan bahas bagaimana cara menangani permasalahan tersebut hanya dengan beberapa langkah yang sederhana. Sehingga Anda yang masih awam juga bisa mempraktekkannya sendiri.

Baca juga: Cara Cleaning Printer

Penyebab Printer Offline

Sebelum mengetahui bagaimana penanganan printer yang offline, Anda perlu mengetahui apa saja kemungkinan penyebab dari masalah tersebut. Printer yang statusnya offline bisa dikarenakan oleh banyak hal. Misalnya karena driver tidak terinstal dengan sempurna, konektivitas, atau bahkan hardware atau komponen printer yang mengalami kerusakan.



Untuk mengetahui penyebab persisnya kita harus melakukan troubleshooting atau pemecahan masalah. Caranya dengan mencoba mengatasi masalah-masalah yang kemungkinan menjadi akar dari printer offline. Jika satu cara sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, kita harus memeriksa kemungkinan penyebab lain dan mencoba memperbaikinya. Begitu seterusnya sampai diketahui apa permasalahan yang sebenarnya.

Memperbaiki Printer yang Offline

Memastikan Lampu Indikator On

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa lampu indikator power printer. Pastikan lampu ini menyala saat Anda menekan tombol power. Dan pastikan pula lampu tidak berkedip, ataupun berwarna merah yang menandakan bahwa printer mengalami masalah.

Jika lampu indikator tidak menyala, cek sambungan kabel printer ke colokan listrik. Anda bisa mencopot dan memasangnya kembali. Atau Anda juga bisa mengganti kabel printer dengan yang lain untuk mencoba apakah masalah terletak pada kabelnya.



Apabila tetap tidak bisa menyala, kemungkinan masalah terletak pada printernya. Untuk hal ini Anda harus membawanya ke servis printer dan menyerahkannya kepada teknisi.

Untuk lampu indikator yang berkedip atau berwarna merah/oranye, Anda bisa melihat buku petunjuk yang disertakan pada paket penjualan atau langsung menuju ke situs resmi masing-masing merek. Sebab setiap printer biasanya memiliki kode khusus untuk mendeskripsikan kedipan lampu atau warna lampu indikator.

Memindahkan Port USB Printer

Terkadang printer yang tidak dapat terhubung ke PC dikarenakan oleh port USB pada PC yang mengalami masalah. Maka dari itu Anda bisa mencoba memindahkan port USB printer ke colokan USB lain yang ada pada PC Anda. Tunggu selama beberapa saat untuk mengetahui apakah PC dan printer dapat saling terhubung atau tidak.

Jika tetap tidak bisa coba ganti kabel USB printer Anda dengan kabel lain yang sejenis. Sebab tidak menutup kemungkinan kabel printer Anda yang bermasalah. Tidak harus membeli yang baru, Anda bisa meminjam ke teman yang memiliki printer dengan merek yang sama.

Mengecek dan Membersihkan Kertas yang Tersangkut

Terkadang saat kita mencetak dokumen kertas tidak dapat masuk dengan sempurna ke dalam printer. Hal ini menyebabkan kertas tersebut menyangkut. Biasanya saat masalah tersebut terjadi program dari printer akan menginformasikan kepada pengguna bahwa ada masalah kertas tersangkut atau istilah bahasa Inggrisnya ‘Paper Jam’.



Untuk mengambilnya, Anda hanya perlu membuka bagian printer. Lihat bagian roller printer, jika terdapat kertas, silakan tarik secara perlahan. Atau Anda bisa melihat buku pedoman terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara penanganan kertas tersangkut yang benar.

Update atau Install Ulang Driver

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi permasalahan pada printer Anda, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk memperbarui atau melakukan install ulang driver printer. Berikut akan kami jelaskan secara singkat bagaimana cara melakukan pembaruan atau install ulang driver.

Update Driver

Untuk melakukan update, silakan buka Device Manager. Anda bisa mengetiknya pada kolom pencarian, membukanya lewat Control Panel, menu Run, ataupun Command Prompt.

Cari printer yang terinstall pada perangkat Anda di bagian Print queues. Apabila tidak muncul, Anda bisa mengaktifkan opsi Show hidden devices yang ada pada menu View.

Setelah driver printer yang Anda pakai ditemukan, klik kanan pada driver tersebut lalu klik Update. Anda nantinya akan diminta untuk memilih bagaimana driver tersebut diperbarui. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni mencari update secara otomatis atau manual lewat program driver yang ada pada media penyimpanan Anda.

Untuk melakukan update secara otomatis PC Anda harus terhubung ke internet. Sedangkan jika secara manual maka sebelumnya Anda harus mengunduh driver printer Anda di internet dan menyimpannya pada perangkat Anda atau media penyimpanan lainnya.

Install Ulang Driver

Sebelum melakukan install ulang, jangan lupa untuk menyiapkan driver printer Anda. Biasanya pabrikan menyertakan CD driver pada paket penjualan printer. Jika tidak ada, Anda bisa mendownload terlebih dahulu di situs resmi masing-masing merek atau situs pihak ketiga yang menyediakan driver printer sesuai dengan tipe yang Anda gunakan. Jika sudah silakan ikuti panduan berikut:

  • Hapus terlebih dahulu driver yang terinstal pada perangkat Anda. Anda bisa menghapusnya lewat Apps & Features (Programs and Features di Windows 7), atau lewat Device Manager.
  • Jika lewat Apps & Features, cari program yang memiliki nama sama dengan printer Anda, lalu Uninstall.
  • Sedangkan jika lewat Device Manager mirip dengan langkah update driver di atas. Hanya saja saat klik kanan driver opsi yang dipilih Uninstall Device.
  • Setelah driver sudah terhapus, lakukan instalasi kembali dengan menjalankan driver yang sebelumnya sudah Anda siapkan.
  • Ikuti langkah-langkah instalasi sampai selesai.

Baca juga: Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Mengubah Status Printer

Saat printer Anda berstatus offline, hal ini menandakan bahwa printer mengalami masalah sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan PC. Anda bisa mencoba mengubah status printer menjadi online dengan cara berikut:

  • Pastikan printer Anda dalam keadaan menyala.
  • Cek bahwa printer Anda sedang tidak dalam mode Use Printer Offline. Caranya klik tombol Start, lalu pilih menu Settings.
  • Selanjutnya klik menu Device, dan klik Printers & scanners.
  • Pilih printer yang Anda gunakan, lalu klik Open queue.
  • Di bawah Printer pastikan opsi Use Printer Offline tidak tercentang.



Leave a Comment