Cara Mempercepat Booting Windows 10


Mempercepat Booting Windows – Jika Anda cermati, setiap PC atau laptop pertama kali dinyalakan akan muncul proses-proses berupa angka atau kata-kata yang asing dengan tampilan hitam putih di layar. Dalam istilah komputer hal tersebut dikenal dengan istilah booting.



Secara sederhana booting merupakan proses menghidupkan komputer. Lebih detailnya, booting adalah proses di mana register prosesor diatur kosong, lalu status mikroprosesor diatur dengan menata ulang kembali.

Sedangkan pada Address 0xFFFF dimuat pada segmen sandi atau code segment dan instruksi yang ada di alamat address tersebut lalu dieksekusi. Dalam bahasa awam, proses booting komputer adalah proses penyalaan komputer awal hingga pengambilalihan oleh sistem operasi secara penuh terhadap perangkat.

Booting menjadi salah satu proses penting dalam sistem komputer. Oleh karenanya saat komputer dinyalakan maka akan melewati proses tersebut terlebih dahulu agar komputer dapat kita gunakan.

Akan tetapi dalam beberapa kondisi proses booting komputer berlangsung cukup lama, bisa sampai beberapa menit. Ada beberapa permasalahan yang mengakibatkan proses booting komputer lama. Akan tetapi tidak perlu bingung, pada artikel ini kami berikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mempercepat booting.

Trik ini bisa Anda lakukan pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, tak terkecuali Windows 10. Cara-cara yang kami sampaikan jua tidak membutuhkan keahlian khusus, tinggal cermati dan ikuti dengan baik. Langsung saja berikut beberapa trik yang bisa Anda coba.



Baca juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk

Menonaktifkan Program yang Berjalan Saat Startup

Pada Windows terdapat fitur yang memungkinkan suatu aplikasi berjalan saat proses startup. Hal ini penting dalam beberapa hal. Akan tetapi proses booting bisa berlangsung lama karena kerja laptop lebih berat.

Oleh karena itu Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan saat startup. Silakan ikuti langkah berikut untuk menonaktifkannya:

  1. Buka Task Manager dengan menekan tombol CTRL + Shift + Esc atau klik kanan pada Task Bar dan pilih Task Manager.
  2. Klik tab Startup.
  3. Pilih program yang akan dinonaktifkan, klik kanan lalu pilih Disable.

Mengatur Fitur Fast Startup

Solusi berikutnya untuk mempercepat proses booting Windows adalah dengan mengatur fitur Fast Startup. Fitur ini pertama kali dijumpai pada Windows 8. Pada Windows 10 fitur ini aktif secara default.



Tujuan dari fitur ini adalah untuk mempercepat waktu booting. Hanya saja ketika Anda merasa proses booting Windows terasa lama, maka Anda perlu mencermati pengaturan Fast Startup. Jika fitur ini dalam keadaan mati, coba aktifkan. Begitu juga sebaliknya, jika fitur Fast Startup aktif cobalah untuk mematikan fitur tersebut.



Leave a Comment