Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector


Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector – Harddisk menjadi media penyimpanan yang lazim digunakan pada PC ataupun laptop. Sayangnya ada satu kekurangan dari harddisk, yakni adanya resiko bad sector.

Mungkin Anda cukup familiar dengan istilah ini. Bad sector adalah istilah di mana sektor yang ada di dalam harddisk tidak bisa menjalankan tugasnya, baik write ataupun read. Sektor adalah bagian terkecil dalam harddisk yang bertugas sebagai tempat penyimpanan.

Jika sektor dalam harddisk mengalami masalah, maka kinerja harddisk akan terganggu. Bad sector juga bisa mengakibatkan rusak atau hilangnya data yang kita simpan dalam harddisk.

Harddisk yang mengalami bad sector sebenarnya masih bisa diperbaiki. Akan tetapi hal ini tergantung dari penyebab kerusakan hardisk itu sendiri. Perlu dicatat, ada dua macam bad sector pada harddisk, yakni bad sector fisik dan bad sector software.

Untuk bad sector fisik biasanya terjadi karena debu, kotoran, panas berlebih, jatuh dan lain sebagainya. Bad sector jenis ini biasanya tidak bisa diperbaiki, atau dengan kata lain data yang tersimpan di dalamnya tidak bisa dikembalikan.

Sedangkan bad sector software biasanya terjadi karena serangan virus. Kabar baiknya jenis bad sector ini masih bisa untuk diperbaiki.

Baca juga: Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi

Penyebab Harddisk Bad Sector

Supaya lebih jelas, kami jelaskan beberapa penyebab harddisk mengalami bad sector. Bad sector sendiri terbagi dua macam, yakni hard dan soft bad sector. Berikut adalah penyebab kedua macam bad sector ini.

Penyebab Hard Bad Sector

  • Harddisk mulai aus
  • Harddisk mengalami overheat atau terlalu panas
  • Terguncang atau tidak sengaja terjatuh
  • Harddisk SSD drop
  • Hardware lain yang sudah tua dan mempengaruhi kinerja harddisk
  • Listrik tidak stabil
  • Ruangan berdebu
  • Adanya serangan virus pada PC

Penyebab Soft Bad Sector

  • Tidak melakukan proses shutdown dengan benar
  • PC atau laptop dimatikan secara paksa
  • Komputer mati secara tiba-tiba
  • Virus atau malware yang menjangkiti komputer

Dampak Harddisk Bad Sector

Seperti yang sudah disinggung di atas, bad sector pada harddisk bisa mengakibatkan data-data kita hilang karena harddisk tidak bisa terbaca lagi. Akan tetapi dalam beberapa kasus harddisk tetap bisa dibuka, hanya saja beberapa data yang ada di dalamnya corrupt atau tidak bisa diakses lagi alias data rusak.

Untuk diketahui, beberapa bad sector kecil tidak akan membuat harddisk mengalami failure. Hanya saja adanya bad sector ini bisa semakin parah yang nantinya menyebabkan harddisk failure. Saat komputer mendeteksi adanya bad sector, maka sector tersebut dialihkan, sehingga kegiatan read dan write pada sector itu dilewati.

Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Ada beberapa cara untuk memperbaiki harddisk yang mengalami bad sector. Pertama-tama kita harus memeriksa kondisi harddisk. Untuk pengguna sistem operasi Windows, Anda bisa memanfaatkan program Check  Disk Tool atau chkdsk. Berikut langkah-langkah memeriksa harddisk dengan Check Disk Tool:

  • Buka Windows Explorer dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard atau langsung membukanya di Desktop.

  • Klik kanan pada disk yang akan diperiksa, lalu klik Properties.
  • Muncul kotak dialog Properties dari disk yang tadi Anda pilih. Berikutnya klik tab Tools.

  • Klik tombol Check pada menu Error checking.
  • Muncul kotak dialog Check Disk dengan beberapa menu. Centang opsi Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sectors. Kemudian klik tombol Start. Kedua opsi ini memerintahkan program untuk memeriksa dan memperbaiki adanya bad sector.

Perlu dicatat bahwa proses check disk ini akan membutuhkan waktu. Lama atau tidaknya tergantung dari kapasitas dari harddisk yang Anda periksa. Cara sederhana ini merupakan cara mudah untuk mengatasi harddisk bad sector.

Hanya saja biasanya tidak semua masalah bisa terselesaikan. Sehingga Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Pilihannya cukup beragam, ada HDD Regenerator, Macrorit Disk Scanner, spinRite dan lain sebagainya.

Mengecek Harddisk Bad Sector dengan Macrorit Disk Scanner

Sebagai contoh, kita gunakan aplikasi Macrorit Disk Scanner untuk mengetahui bad sector pada harddisk. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download Macrorit Disk Scanner pada situs resminya. Ada tiga versi yang dapat diunduh, yakni free, pro dan unlimited edition. Perbedaan ketiganya terdapat pada fitur yang disediakan.

  • Setelah terunduh, instal program Macrorit Disk Scanner pada PC atau laptop Anda.
  • Buka software saat instalasi selesai dilakukan.
  • Anda akan dihadapkan dengan tampilan awal Macrorit Disk Scanner. Klik Scan Now untuk melakukan pemindaian.

  • Nantinya software ini akan menampilkan data-data terkait harddisk Anda. Di sisi bawah terdapat kotak-kotak kecil yang merepresentasikan kondisi harddisk. Jika berwarna hijau artinya harddisk baik-baik saja, sedangkan warna merah merupakan bagian yang mengalami bad sector.

Baca juga: Cara Install Kali Linux

Software Alternatif

HardDisk Drive Bad Sector Repair

Software ini bekerja sesuai dengan seri 541DX Maxtor. Aplikasi ini bekerja dengan cara mendeteksi kesalahan terlebih dahulu pada harddisk yang mengalami kerusakan. Setelah itu aplikasi melakukan perbaikan sehingga harddisk dapat digunakan seperti semula.

Harddisk Drive Low Level Format Tool

Sesuai dengan namanya, software ini berfungsi untuk menghapus seluruh data dan mereset harddisk sehingga kondisinya kembali seperti baru dan kerusakan diperbaiki. Akan tetapi sebelum menggunakan software ini Anda harus melakukan backup terhadap seluruh data yang ada dalam harddisk.

Software Recovery

Software Recovery berfungsi mengembalikan seluruh data dalam harddisk yang hilang, baik terhapus, terformat dan lain-lain. Anda bisa mencoba aplikasi ini untuk mengembalikan data-data yang terhapus secara tidak sengaja.

Tips Mencegah Harddisk Bad Sector

Ada kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bad sector pada harddisk Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Mencegah Hard Bad Sector

  • Menjaga ruangan di mana Anda meletakkan PC atau laptop selalu bersih dan bebas dari debu.
  • Pastikan komputer Anda mempunyai sistem pendingin yang baik. Selain memastikan fan PC atau laptop berfungsi sebagaimana mestinya, usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas.
  • Hindari memindahkan komputer saat sedang menyala.
  • Pakai UPS untuk mencegah PC mati mendadak karena listrik padam. Seperti yang diketahui, komputer yang sering mati tiba-tiba bisa membuat harddisk bad sector.
  • Tata kabel hardware PC dengan baik.

Mencegah Soft Bad Sector

  • Jangan lupa instal antivirus pada PC atau laptop. Dan pastikan antivirus Anda selalu terupdate. Lakukan scan secara berkala agar komputer bebas virus.
  • Gunakan Defragmenter Tool untuk melakukan defrag jika fragmentasi di harddisk berada di atas 10%.

Itulah cara memperbaiki harddisk bad sector yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga bisa menjadi solusi yang cukup membantu jika memang Anda membutuhkan solusi alternatif.

Akan tetapi akan lebih baik jika Anda mencegah risiko tersebut. Selain itu jangan lupa melakukan backup secara berkala agar data Anda aman. Baik disimpan di flashdisk, harddisk eksternal atau penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, One Drive dan lain-lain.



Loading...

Leave a Comment