Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi


Flashdisk Tidak Terdeteksi – Flash disk menjadi salah satu media penyimpanan populer yang dimiliki banyak orang. Ukurannya yang kecil dengan kapasitas yang cukup besar membuat flashdisk banyak diminati. Hanya saja kehadiran flashdisk tidak lepas dari permasalahan teknis.

Seperti flashdisk tidak terbaca saat disambungkan ke PC atau laptop. Jangan berpikiran bahwa flashdisk Anda rusak. Ada beberapa cara untuk memperbaiki flash disk tidak terdeteksi.

Berikut tutorial selengkapnya untuk Anda.

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi

Cek Port USB pada PC

Flashdisk tidak terdeteksi juga bisa diakibatkan oleh port USB pada PC yang bermasalah. Cara mengeceknya mudah, cukup tancapkan flashdisk ke PC atau port USB lainnya. Jika terbaca, maka port USB PC Anda yang bermasalah.

Cek Flashdisk

Memang tidak menutup kemungkinan flashdisk Anda yang bermasalah. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencoba memasang flashdisk lain ke PC Anda. Atau mencoba memasang flashdisk yang bermasalah ke PC lain. Jika tidak terbaca, bisa jadi flashdisk Anda yang mengalami permasalahan.

Lakukan Scan and Repair Drive

Sistem operasi Windows biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi yang dapat melakukan perbaikan terhadap media penyimpanan yang mengalami kerusakan. Berikut cara melakukan scan and repair drive:

  1. Colokkan flashdisk pada PC.
  2. Untuk pengguna Windows 8 ke atas, klik kanan pada simbol Windows dan pilih Disk Management.
  3. Pilih drive flashdisk Anda. Misalnya jika flashdisk ada pada drive (E:), maka pilih drive tersebut.
  4. Klik kanan dan pilih Properties.
  5. Akan muncul jendela baru Properties dari flashdisk Anda. Klik tab Tools dan klik tombol Check.
  6. Akan muncul kotak dialog baru, Anda pilih Scan and repair drive.
  7. Tunggu proses hingga selesai. Sesudah itu silakan coba kembali mencolokkan flashdisk ke PC.

Anda juga bisa melakukan check disk lewat CMD. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka CMD dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan cmd pada kolom Run, lalu tekan Enter.
  2. Ketikkan perintah chkdsk /F (drive letter flashdisk). Misalnya jika flashdisk terbaca pada drive E:, maka ketikkan chkdsk /F E: dan tekan Enter. Perintah /F merupakan perintah untuk fix atau memperbaiki jika ada error pada flashdisk Anda.
  3. Nantinya sistem akan memberikan informasi terkait kondisi flashdisk. Mulai dari volume label, kapasitas hingga ada atau tidaknya bad sector pada flashdisk. Sistem juga akan memberitahukan Anda jika terdapat error atau masalah yang ada pada flashdisk.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Cek lewat Device Manager

Cara ini bisa Anda manfaatkan jika komputer membaca adanya perangkat baru namun Anda tidak dapat membuka data yang ada pada flashdisk. Berikut cara yang bisa Anda coba:

  1. Buka Device Manager. Untuk pengguna Windows 7 ke atas Anda bisa mengetikkan Device Manager pada kotak pencarian.
  2. Atau Anda bisa menekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager.
  3. Ketika Device Manager sudah terbuka, klik tanda > yang ada di sebelah kiri Disk drives. Anda akan menjumpai beberapa drive yang tersambung dengan PC Anda.
  4. Cari drive dengan kata Flash Disk. Jangan sampai tertukar dengan drive harddisk.
  5. Klik kanan pada drive tersebut, lalu pilih Uninstall device.
  6. Setelah selesai, klik kanan pada Device Manager dan pilih menu Scan for hardware changes.
  7. Akhiri dengan restart komputer Anda.

Jika berhasil, flashdisk akan berhasil muncul saat Anda memasangkan flashdisk ke port USB PC.

Format Flashdisk lewat CMD

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa menyelesaikan permasalahan Anda, masih ada solusi alternatif lainnya. Caranya adalah dengan melakukan format pada flashdisk yang bermasalah.

Hanya saja dengan menggunakan cara ini seluruh data di dalam flashdisk akan terhapus. Ini akan sangat berisiko, terlebih jika Anda menyimpan banyak data penting di flashdisk. Oleh karenanya kami menyarankan untuk memilih opsi ini hanya jika tidak ada data penting di dalam flashdisk yang bermasalah. Cara format flashdisk dengan CMD adalah sebagai berikut:

  1. Pasang flashdisk pada port USB PC Anda.
  2. Buka CMD dengan cara tekan tombol Windows + R dan mengetikkan cmd pada menu Run. Setelah itu klik OK atau Enter.
  3. Setelah terbuka, ketikkan FORMAT (drive letter:) /FS:FAT. Ganti tulisan (drive letter:) dengan drive letter flashdisk. Misalnya flashdisk Anda terdeteksi pada drive E:, maka ketikkan FORMAT E: /FS:FAT. Kemudian tekan Enter.
  4. Tunggu proses format hingga selesai.

Format Flashdisk lewat Disk Management

Selain dengan menggunakan CMD, Anda juga bisa melakukan format dengan Disk Management. Berikut adalah cara format flashdisk dengan Disk Management:

  1. Hubungkan flashdisk ke PC Anda.
  2. Buka Disk Management dengan cara menekan tombol Windows + X pada Keyboard. Nantinya akan ada beberapa pilihan dan silakan pilih Disk Management.
  3. Setelah muncul jendela Disk Management, Anda bisa melihat sejumlah informasi yang ada terkait partisi yang ada pada PC. Tak terkecuali flashdisk Anda.
  4. Pilih drive flashdisk. Lalu klik kanan dan pilih Format. Perlu dicatat jangan sampai Anda salah pilih drive. Sebab jika salah maka bisa saja data Anda yang justru terhapus.
  5. Anda akan diperingatkan bahwa data yang tersimpan pada flashdisk akan hilang jika melakukan format. Anda pilih tombol Yes.
  6. Tunggu hingga proses format selesai.

Update Windows

Flashdisk yang tak terbaca pada PC Anda bisa jadi dikarenakan sistem operasi Anda membutuhkan file tambahan yang belum ada pada sistem. Sehingga Anda perlu melakukan update sistem operasi agar file-file tersebut terunduh. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada Windows 10, masuk menu Settings dan pilih Update & Security.
  2. Muncul tampilan Windows Update, klik tombol Check for updates.
  3. Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu coba colokkan kembali USB flashdisk Anda.

Pindai dengan Antivirus

Jika Anda curiga ada virus yang hinggap dalam PC atau flashdisk Anda, silakan lakukan pemindaian dengan Antivirus. Lakukan pemindaian atau scanning secara menyeluruh, baik di seluruh partisi PC maupun flashdisk jika bisa.

Baca juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk

Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi

Ada beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca pada PC atau laptop. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Port USB atau konektor flashdisk kotor

Seiring dengan penggunaan, port USB PC atau konektor pada flashdisk bisa saja kotor. Hal ini bisa menyebabkan flashdisk gagal terbaca oleh sistem. Maka dari itu pastikan bahwa keduanya masih dalam kondisi bersih.

Driver USB Bermasalah

Tak jarang flashdisk tidak terbaca karena driver USB yang mengalami masalah. Anda bisa mengecek driver flashdisk pada Device Manager dan memilih Universal Serial Bus controllers.

Virus dan Malware

Selain driver, bisa jadi PC Anda tidak dapat membaca flashdisk yang Anda colokkan karena adanya virus. Hal ini bisa saja terjadi karena PC yang terhubung ke internet dan secara tidak sengaja mengunduh program jahat. Atau flashdisk yang dicolokkan di banyak komputer yang mengandung virus. Untuk itu jangan lupa instal antivirus dan lakukan scan virus.

Flashdisk Palsu

Kemungkinan terakhirnya adalah flashdisk yang Anda miliki palsu. Hal ini sangat mungkin terjadi karena flashdisk palsu masih saja beredar di pasaran.



Loading...

Leave a Comment