Cara Membuat Watermark Di Word


Watermark Microsoft Word – Anda sudah pasti tidak asing dengan apa itu watermark. Watermark adalah sebuah simbol atau tanda berupa tulisan atau logo yang biasa dijumpai pada foto, video, ataupun dokumen. Tanda ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain bahwa foto tersebut adalah karya miliknya.

Watermark ini biasanya diletakkan di sisi tengah ataupun pojok dari sebuah gambar atau dokumen lainnya. Watermark juga memiliki banyak fungsi ataupun manfaat. Website ini akan menjelaskan lebih rinci bagaimana cara membuat watermark dengan bantuan Microsoft Word.

Fungsi Watermark

Watermark digunakan untuk tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa fungsi dari watermark.

Hak Cipta

Watermark berfungsi sebagai hak cipta yang tujuannya untuk melindungi hasil karya penciptanya sehingga tidak digunakan pihak lain tanpa izin. Sebab saat ini masih marak terjadi pembajakan atas hasil karya orang lain.

Identitas

Selain hak cipta, watermark juga berfungsi sebagai identitas dari suatu hasil karya, sehingga orang lain dapat mengenalinya. Biasanya hal ini dimanfaatkan oleh fotografer profesional. Atau juga biasa digunakan oleh blogger maupun Youtuber pada konten yang mereka buat.

Promosi

Watermark juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Misalnya dengan mencantumkan nama dan alamat usaha pada foto atau video yang dibuat. Sehingga orang yang melihatnya akan tahu apa dan di mana lokasi toko, restoran atau cafe tersebut.

Tamper-proofing

Watermark juga bisa dipakai untuk menandakan bahwa dokumen asli sudah diubah. Dengan begitu orang lain yang membaca dokumen tersebut akan mengetahui bahwa dokumen itu sudah terdapat perubahan.

Baca juga: Cara Membuat Watermark Di Excel

Membuat Watermark di Microsoft Word

Dengan bantuan Microsoft Word kita bisa membuat watermark secara instan dan mudah. Anda bisa mencobanya pada Microsoft Office versi 2007 ke atas. Termasuk Word 2016, 2019 ataupun Office 365. Umumnya cara menggunakannya sama, hanya peletakan fiturnya saja yang bisa berbeda-beda. Pada contoh ini kami gunakan Microsoft Word 2016.

Dalam software ini terdapat empat opsi yang bisa kita gunakan untuk membuat watermark. Yakni Confidential, Disclaimer, Urgent dan Custom. Berikut kami jabarkan caranya satu per satu. Cara membuat watermark confidential, disclaimer dan urgent bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Silakan buka dokumen yang ingin ditambah watermark pada Word.
  • Jika sudah terbuka, langsung klik tab Page Layout, lalu klik menu Watermark. Perlu dicatat, untuk versi yang terbaru Anda bisa menjumpai menu Watermark pada tab Design.
  • Di menu Watermark ini Anda bisa memilih jenis watermark yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Ada Confidential, Disclaimer dan juga Urgent. Masing-masing jenis ini juga memiliki beberapa model yang berbeda.

  • Silakan klik salah satu watermark yang ingin Anda masukkan pada dokumen Anda.
  • Setelah itu dokumen akan terpasang watermark secara otomatis.

Lantas apa perbedaan ketiga watermark di atas?

Untuk diketahui, watermark confidential digunakan jika dokumen yang kita buat bersifat rahasia. Sesuai dengan namanya confidential yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti rahasia. Pada jenis ini ada dua opsi tulisan yang tersedia, yakni Confidential dan Do Not Copy.

Lalu watermark Disclaimers sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe Confidential. Ada dua opsi teks yang bisa dipilih, yaitu Draft dan Sample. Sesuai dengan namanya, watermark ini digunakan untuk dokumen yang hanya bersifat contoh atau masih berupa draft atau konsep.

Sedangkan watermark tipe Urgent kita gunakan untuk menandakan bahwa dokumen tersebut sangat penting atau harus segera ditindaklanjuti. Atau juga bisa digunakan untuk menandai bahwa dokumen tersebut hanya boleh dilihat maupun dibaca oleh orang-orang tertentu. Ada dua opsi teks yang disediakan, yakni ASAP atau As Soon As Possible, dan Urgent.

Lantas bagaimana jika ingin membuat watermark sesuai keinginan? Untuk hal ini kita gunakan opsi Custom pada menu Watermark.

Membuat Watermark Custom di Word

Microsoft Word juga menyediakan opsi watermark custom yang memungkinkan para pengguna untuk membuat watermark sendiri sesuai keinginan. Anda bisa menulis kata-kata bebas, mengatur jenis font, ukuran font, hingga warnanya. Bahkan Anda juga bisa membuat watermark berupa gambar. Berikut cara membuat watermark custom.

  • Pertama-tama silakan buka dokumen Word yang ingin anda tambah watermark.
  • Setelah itu silakan klik tab atau ribbon Page Layout atau Design pada Word versi terbaru, kemudian klik Watermark.
  • Klik bagian Custom Watermark… yang ada di sisi bawah.

  • Kotak dialog Printed Watermark akan muncul. Pada jendela ini Anda bisa bebas mengatur watermark yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen.

  • Sebagai contoh kita masukkan watermark berupa teks. Silakan klik opsi Text watermark. Pada opsi ini ada beberapa pengaturan, seperti Language atau bahasa, Text atau tulisan watermark, jenis Font, Size atau ukuran font, Color atau warna, dan Layout atau posisi watermark. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Pada dropdown Text ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa mengetikkan teks yang ingin Anda jadikan sebagai watermark di bagian ini. Jika sudah diatur silakan klik OK.

  • Maka watermark yang Anda buat akan muncul pada dokumen secara otomatis. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen agar perubahan tersebut tersimpan pada dokumen Anda.

Membuat Watermark Gambar di Word

Langkah-langkah awal membuat watermark gambar di Word mirip dengan watermark custom di atas. Kita perlu mengklik tab Page Layout > Watermark > lalu pilih Custom Watermark…. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah jendela Printed Watermark terbuka, klik Picture watermark. Lalu klik tombol Select Picture….

  • Muncul kotak dialog Insert Picture. Silakan pilih foto mana yang ingin dimasukkan sebagai watermark. Jika sudah klik tombol Insert.

  • Pada menu Picture watermark, kita bisa mengatur scale atau skala gambar. Di samping itu juga ada opsi Washout untuk membuat foto atau gambar tampak lebih transparan. Jika sudah diatur sesuai keinginan, klik tombol OK.

  • Watermark gambar akan muncul pada dokumen Anda. Itu artinya dokumen Anda siap untuk dicetak. Silakan simpan dokumen Anda.

Baca juga: Cara Membuat Background Di Word

Menghapus Watermark

Selain menambahkan watermark Anda juga bisa menghapusnya. Cara menghapusnya juga tidak sulit, bahkan lebih mudah dari membuatnya. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Buka dokumen Word yang terdapat watermark di dalamnya.
  • Pilih tab Design atau Page Layout, lalu klik menu Watermark.
  • Silakan klik Remove Watermark yang ada di sisi bawah.
  • Setelah itu watermark yang ada dalam dokumen Anda akan hilang semuanya. Akhiri dengan menekan tombol Save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara membuat watermark di Microsoft Word. Semoga tutorial di atas memudahkan Anda untuk belajar bagaimana cara memasukkan watermark pada dokumen, baik berupa teks maupun berupa gambar.

Perlu kami tekankan kembali bahwa beberapa Microsoft Office mempunyai tampilan dan juga menu yang sedikit berbeda dari versi-versi pendahulunya. Sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan versi yang Anda pakai saat ini.



Loading...

Leave a Comment